Vaksin Terbatas Tidak Sesuai Target Awal, Pemerintah Arab Izinkan Umrah Jamaah Internasional 10 Agustus Mendatang, Peningkatan Pengaduan Penipuan Online Sejak Pandemi, Atlet Anggar Dilamar Pelatihnya Setelah Kalah Turnamen Olimpiade Tokyo 2020

60

Hello there,

It’s Wednesday, and starting the day with us is always a good idea. You can either scroll down to read the newsletter, or click here to listen to our podcast. Either way, you can take it with your favorite coffee and some delicious pancakes for breakfast. Have a great day!


When you’ve been looking forward to get your vaccine shots…

Yhaa sabar-sabar ya guys, karena ternyata, stok vaksin kita terbatas.
 
HAH gimana?
Yep, jadi dalam keterangannya Senin kemarin, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bilang bahwa pelaksanaan program vaksinasi covid-19 nasional nggak sesuai target awal, karena terkendala sama ketersediaan jumlah vaksin yang terbatas.
 
Emang targetnya gimana?
Jadi awalnya, target vaksinasi adalah satu juta dosis per hari, namun sepanjang Bulan Juli ini, target 1 juta dosis per hari hanya tercapai pada tanggal 1, 6, 7, 9, 14, dan 17 Juli. Terus kalo ditanya kenapa vaksinasinya nggak bisa cepat? Yha kata Pak Budi emang vaksinnya cuma ada segitu.
 
Segimana tu maksudnya?
Jadi masih menurut Pak Menkes, per Juni kemarin, Indonesia udah menerima sekitar 70 juta dosis vaksin. Adapun vaksin ini udah disalurkan ke daerah dan yang digunakan udah mencapai total 64,13 juta dosis. Rinciannya adalah untuk suntikan dosis pertama ada 45,5 juta dosis, dan suntikan dosis kedua sekitar 18,6 juta dosis. Angka tersebut juga termasuk proses penyuntikan vaksin untuk anak-anak umur 12 – 17 tahun dengan total 718 ribu orang yang menerima dosis pertama.
 
I see…
Nah FYI guys, totalnya target vaksinasi pemerintah adalah 208.265.720 orang, dan so far baru 21,47 persen yang udah menerima suntikan dosis pertama, dan 8,7 persen yang menerima dosis kedua. Furthermore, kepala daerah juga mulai mengeluhkan stok vaksinnya yang menipis.
 
Ciyus?
Yoi. For example, Pemprov Sumatera Barat mengusulkan penambahan 800 ribu dosis vaksin ke pusat karena stok di sana udah habis. Selain itu, pemerintah Kota Cilegon, Banten, Kota Baja juga baru menerima 80 ribu vaksin yang disuntikkan ke 68 ribu orang, which is sekitar 18,7 persen warga.  Padahal, mereka butuh 320 ribu dosis. Surabaya juga terpaksa menghentikan dulu pemberian vaksin pada umum dan anak-anak di wilayahnya karena stok vaksin yang menipis.
 
Terus gimana?
Terkait hal ini, pemerintah pusat menganjurkan pemerintah daerah untuk mendahulukan untuk memberikan vaksinasi dosis pertama dulu, baru keduanya nanti aja. Selain itu, Jubir Vaksinasi dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi juga menjelaskan bahwa emang saat ini pemerintah pusat lagi mengalokasikan 50 persen stok vaksin yang ada saat ini untuk Jawa-Bali karena emang laju penularan yang sangat tinggi.
 
Terus gimana dong kalo vaksinnya mau abis gini?
Tenang guys, karena kata Pak Menkes kemarin, vaksin virus corona akan datang lagi pada beberapa hari ke depan dan sepanjang Agustus nanti. Adapun rinciannya adalah kalo untuk di Bulan Juli ini bakal ada 8 juta dosis vaksin Sinovac dan 14 juta vaksin AstraZeneca. Meanwhile di Bulan Agustus, kita bakal kedatangan 45 juta dosis vaksin yang terdiri dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer.
 
OK. Anything else? 
Naw, let’s talk about… the better thing. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, kamu udah bisa menarik napas lega sedikit guys, karena kemarin, Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan bilang bahwa laju vaksinasi di ibu kota udah mencapai 80%. Dalam keterangannya Pak Anies bilang bahwa udah ada 7,1 juta warga yang divaksin tahap pertama, dan 2,2 juta orang yang divaksin tahap kedua. Selain itu, jumlah kasus aktif, bed occupancy rate, hingga pemakaman covid di ibu kota juga udah menurun. Menurut Pak Anies, Jakarta udah keluar dari kondisi darurat, tapi teteup, pandemi belum selesai. Jadi teteup, jangan kasi kendor.

Who’s finally opening up their gates? 

Saudi Arabia.
 
Whooaa tell me… 
Iya gengs, kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis… ga deng maksudnya Pemerintah Arab akhirnya mengizinkan Jemaah internasional untuk melaksanakan umrah per 10 Agustus nanti yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1443 H.
 
Whoaaa details please.. 
Ok. FYI, jadi keputusan ini diambil setelah ibadah haji khusus bagi warga lokal udah selesai dilaksanakan. Terus dalam laporannya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bilang bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan aman, dan nggak ada kasus covid-19 yang terdeteksi dari para Jemaah. Selanjutnya, Kementerian Umrah dan Haji Arab Saudi juga udah mengizinkan hampir seluruh negara untuk kembali membuka penerbangan langsung ke Arab Saudi buat para jemaah yang umrah.
 
Indonesia juga boleh? 
Boleh gengs.  Tapi, Indonesia masuk ke dalam 9 negara yang diwajibkan untuk transit dan menjalani karantina 14 hari di negara ketiga, sebelum masuk ke Arab Saudi.  FYI, 9 negara tersebut terdiri dari India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Indonesia, dan Lebanon.
 
I see, any other requirements? 
Yep. Pemerintah Arab juga mensyaratkan semua calon Jemaah umrah internasional harus berusia di atas 18 tahun dan telah divaksinasi covid-19 jenis Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J). Berdasarkan keterangan tersebut, vaksin buatan China boleh diterima asalkan dikombinasikan dengan dosis dari vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J).
 
Ok, anything else? 
On the other hand, Arab Saudi juga telah memulangkan 200 warganya dari Indonesia per Senin kemarin sampai tanggal 1 Agustus nanti. Menurut Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, Essam Abed Al Thaqafi, bakal ada dua penerbangan repatriasi yang akan menangkut 200 warga arab yang tinggal di Indonesia.  Selain itu, Pemerintah Arab juga telah melarang seluruh warganya untuk ke Indonesia karena  kasus yang terus meningkat.

What’s increasing during the pandemic?

Online crimes.
 
Wazzap?
Yep, berita nggak menyenangkan datang dari Bea Cukai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ni gengs, di mana dalam keterangan terbarunya, mereka menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pengaduan penipuan online yang mereka terima sejak pandemi.
 
Beneran?

Yep. Secara banyak kegiatan yang beralih daring, penipuan di ranah ini juga makin banyak muncul guys. Jadi di tahun 2020, ada 3,000 pengaduan penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. Nah, di akhir Mei tahun ini, udah ada sembilan ratus pengaduan penipuan online. Adapun pengaduan ini mereka terima melalui contact center Bravo Bea Cukai 1500225.

Banyak ugha…penipuannya kayak gimana aja?
Well, menurut Kepala Seksi Patroli dan Operasi I Bea Cukai Soekarno-Hatta, Anton, ada tiga modus penipuan yang biasanya digunakan. First, penipuan via media sosial di mana penipu minta kenalan dan temenan, terus minta dikirimin uang atau barang. Kedua, penipuan berupa online shop yang fiktif, dan ketiga, melalui lelang palsu di mana harga barangnya murah banget.
 
Is that all?
Enggak juga sih. Masih ada juga modus-modus penipuan online lain gengs, misalnya, penipuan via WhatsApp, di mana kamu bakal tiba-tiba mendapatkan link-link hadiah atau voucher diskon. Biasanya, pas kamu klik link-nya, kamu harus isi data pribadimu supaya kamu bisa dapat hadiah. Nah, kalo kamu dapet link begituan, jangan diisi ya, karena bisa jadi data pribadimu malah disalahgunakan. Selain WhatsApp, modus-modus penipuan juga terjadi via SMS, email, telepon, ganti nomor ponsel/SIM Swap Fraud, bahkan penipuan atas nama bank.

Ngeri juga yaa…
Exactly. Belakangan ini juga ada penipuan obat covid-19 via marketplace. Jadi modusnya, korban ditawarin obat covid-19 dengan harga yang lebih murah, dan diajak chat via WhatsApp, padahal kan ketentuan belanja di marketplace harus chat di aplikasi, bukan via yang lain.  Terus, begitu udah ditransfer, obatnya nggak datang-datang dan si penipu nggak bisa dihubungi lagi.

KZL sumpah.
Makanya kan. Karena itulah kata Pak Polisi, sebaiknya masyarakat segera melaporkan kasus-kasus penipuan online yang dialami ke pihak polisi baik ke kantor polisi setempat, maupun via telepon ke 110.  Kamu juga bisa melaporkan secara online ke sini. Pastikan kamu punya bukti-bukti yang cukup, like screenshot, link, foto atau video yang menunjukkan kejahatan siber. Kumpulkan bukti-buktimu ke satu file di flashdisk/CD.
 
I see, anything else?
Kalau kamu udah melaporkan via situs online-nya, kamu akan diminta untuk ke kantor polisi terdekat untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Nah, dalam kondisi kayak gini, we can’t stress you enough the importance of knowing your dos and don’ts. Kenapa? Karena emang dalam berurusan hukum itu, banyak hak dan kewajiban yang wajib kamu ketahui, supaya kasusmu bisa terselesaikan dengan baik.
 
Dude, I’m not a law school graduate. How do I know?
Meet, Justika. Layanan konsultasi hukum yang mudah dan profesional, yang bakal membantu semua urusan hukummu, dengan para ahli yang berpengalaman. Konsultasinya gampang banget, bisa via telepon atau chat, dengan biaya mulai dari 30ribu aja. Hal-hal yang bisa kamu konsultasikan juga macem-macem guys, mulai dari penipuan online, ketenagakerjaan (cung yang udah lama kerja tapi masih belum punya health insuraaance??) pidana polisi, perceraian, waris, urusan tanah, sampe regulasi usaha. Yep, like Elle Woods, but better. Seriously, talk to ‘em here.

When you need to start the day with some heartwarming stories…

Meet: Maria Belen Perez Maurice.
 
Jadi doi adalah seorang atlet anggar asal Argentina yang berlaga di Olimpiade Tokyo tahun ini. Nah Senin lalu, Maria baru aja kalah dalam pertandingan yang mempertemukan dirinya dengan atlet anggar asal Hungaria, Perez Maurice dengan skor 15-12. Maria kemudian lagi diwawancara setelah pertandingan ketika pelatihnya, yang juga pacarnya dateng dan melamarnya. Jadi pelatihnya itu berdiri di belakangnya dangan tulisan “Will you marry me?” dalam bahasa Spanyol dan sambil get down on one knee. Reporter yang lagi mewawancara Maria kemudian ikut excited dan ngasih tau Maria untuk nengok ke belakang. Ketika dia nengok dan melihat sang kekasih dengan tulisan tadi, Maria kemudian hepi banget dan langsung bilang iya while hugging and kissing his fiancée.
 
Menariknya guys, lamar-lamaran di ajang Olimpiade ini nggak cuma terjadi sekali. Wiken kemarin, pesepakbola Jerman Max Kruse juga melamar kekasihnya pas lagi diwawancara seusai pertandingan melawan Arab Saudi. Jadi pas lagi ngomong itu, doi tiba-tiba melepaskan jersey bolanya dan menunjukkan kaos yang bertuliskan “I love you, would you like to marry me?” Nggak lama dalam IG story-nya, Kruse meng-confirm bahwa pacarnya dah bilang “yes”.
 
Yep, some romantic midweek stories we don’t know we need. Watch the footage here and here.

“Terus terang sulit,”
 
Gitu guys kata Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo pas ngomentarin soal ketentuan makan di tempat yang cuma boleh berlangsung selama 20 menit ketika pemberlakuan PPKM darurat. Menurut Mas Ganjar, kebijakan itu agak sulit, apalagi dalam hal pengawasannya di lapangan.
 
Our answer when someone asks us to function these days…

Announcement


Thanks to Badi Atussholihah & Yusrina Ussi for treating us coffee yesterday!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….
 

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you’ve been wanting to improve the quality of your beauty sleep, here are some habits you can do before ZzzzZzz,,,

Angel’s Stories

1. Aku lagi melaksanakan KKN mandiri karena pandemi. jadi yaa apa-apa sendiri, mulai dari bikin program, akomodasi sampe biaya. Kebetulan tempat KKN ku agak jauh dari rumah, sekitar 20km, dan aku nggak naik motor sendiri karena jalan yang aku hafal ditutup selama PPKM ini. Jalan alternatifnya nggak terlalu aman jadi aku selalu naik Grab. Terus suatu hari waktu pulang, aku dapet driver yang baiiiik dan suka ngobrol. Beliau banyak cerita tentang kehidupannya, keluarganya, dll dan bikin capekku gara-gara KKN hilang soalnya seru banget ngobrolnya. Tiba-tiba beliau tanya, kenapa kok aku enggak naik motor sendiri aja soalnya biaya Grab dari lokasi KKN ke rumahku lumayan mahal. Setelah aku jelasin alesanku, beliau langsung ngasih rute yang aman dan gampang diinget. Beliau juga njelasin titik-titik mana aja yang rawan kejahatan trus tips biar aku tetep aman bawa kendaraan sendiri. Bahkan sampe nurunin aku di depan rumah pun beliau bilang, “Nanti lewat jalan yang saya bilang aja ya, mbak. Gampang kok itu tinggal lurus aja. Aman juga.” saat itu juga aku ngrasa bersyukur banget dipertemukan sama bapak Grab yang perhatian ini di akhir hariku yang melelahkan. Untuk bapak Grab, maaf tipnya nggak seberapa tapi semoga berkenan di hati, ya! Sehat dan aman selalu, pak♡
-Pejuang KKN mandiri-
 
2. Jadi kemarin itu aku ngerasa stres berat. Trus iseng bikin note di sg bilang kalo hidup aku skrg gak ada manfaatnya. Buat apa hidup kalo gak ada tujuan? Ngerasa lost banget. Gak punya temen bicara, apalagi di rumah. Mau curhat ama temen, takut ganggu waktu mereka. Sampe akhirnya temenku langsung vcall nanya kabar. Padahal waktu bikin sg baik-baik aja. Pas ditanya ada apa langsung nangis kejer. Waahh. Suddenly, I feel like I am not alone at all. Thank you ya, Meyti, for your support. Walaupun cuma denger keluh kesahku, tapi itu berarti banget. Sayang Meytii ❣️❣️
-Temen galaumu, yama-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)