Stasiun TV Korea Selatan Dikecam

62

Who’s singing ‘Sorry, sorry, sorry, naega, naega, naega…”?

SUPER JUNIOR, lah.
Bener, cakep. Tapi kita lagi mau ngomongin stasiun TV asal Korea Selatan ni guys, namanya MBC network.
 
HAH kenapa?
Karena mereka beneran baru bilang “sorry sorry sorry” atas tayangan pembukaan acara Olimpiade Tokyo-nya minggu lalu.
 
Background please. 
Ok. FYI, kamu pasti tahu dong bahwa Jumat kemarin, Olimpiade Tokyo resmi dibuka dengan upacara pembukaan yang sepi banget karena nggak boleh dihadiri suporter. Nah walaupun sepi, banyak channel TV yang menayangkan acara tersebut di jaringannya masing-masing, termasuk di MBC Network ini. Tapi yhaaa… tayangannya sukses bikin orang yang nonton be like “wtf?”
 
WTF gimana?
Jadi pas pawai atlet itu guys, kan biasa tuh, channel beritanya bakal menyajikan profil negara ybs, atau profil kontigen yang akan bertanding. Nah MBC juga begitu, namun kontennya beda dari yang lain, karena mereka membacakan fakta-fakta yang anti-mainstream. Yhaa tujuannya sih supaya masyarakat bisa lebih mengetahui negara-negara yang dimaksud, tapi yha julid aja.
 
Julid gimana?
For example, ketika kontigen Ukraina muncul dalam opening ceremony, mereka menunjukkan gambar bencana Chernobyl 1986 yang merupakan bencana nuklir paling parah sepanjang sejarah. Terus kontingen Romania digambarkan dengan Drakula, Italia digambarkan dengan pizza, Jepang dengan sushi, China di-zoom in di Wuhan, dan Norway juga dapat gambar salmon fillet. Selain itu, Marshall Island dikasih gambar ‘bekas situs uji coba nuklir Amerika Serikat’, Haiti digambarkan sebagai negara di mana situasi politiknya nggak stabil, dan Suriah dibilang, “Yhaa negara dengan sumber daya alam yang kaya, tapi perang terus udah 10 tahun.”
 
KALO KITA?
Yep. Terus kalo soal Indonesia ditulisnya: A bit about Indonesia part. The world’s largest island country, population (4th most populous in the world), GDP, covid vaccine rate 6%. Hal ini kemudian menuai protes juga dari netijen, karena dianggap stereotyping, menyinggung, dan nggak nyambung sama acaranya yang lagi menampilkan kegiatan olahraga.
 
Ya juga sih.
Yoi. Terus protes dari masyarakat di berbagai negara juga makin terdengar karena… yha iya sih penjelasannya sesuai fakta, tapi emang hubungannya apa sama para atlet yang lagi pawai? Terkait hal ini, MBC juga dapet backlash dari netizen yang bilang bahwa mereka cuma menggunakan fakta-fakta terkait negara-negara tersebut berdasarkan informasi yang muncul pertama kali di Google.
 
Terus gimana? 
Terkait hal tersebut, pihak MBC langsung meminta maaf kepada negara-negara yang merasa tersinggung, termasuk Ukraina dan negara-negara lain.  Mereka mengakui bahwa gambar-gambar tersebut tidak pantas digunakan untuk mendeskripsikan negara-negara tadi. Mereka juga berjanji akan lebih hati-hati dalam proses editorial dan tidak akan menghasilkan kesalahan lain.
 
I see, did other media make mistakes, too? 
Not mistake but like… different point of view aja sih. Jadi NBC Network di Amerika Serikat, ketika menampilkan peta China nggak meliputi Taiwan dan Laut China Selatan. Alhasil Konsulat Jenderal China di New York, Amerika Serikat menyampaikan kritiknya ke NBC dan mendesak channel tersebut untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf.
 
Drama, drama. Any updates on the Olympics? 
Yep. Let’s move on. Jadi sejauh ini, kontingen Indonesia masih berjuang ni guys di Tokyo Olympics, dengan duo the Minions aka Kevin Sanjaya dan Markus Gideon untuk cabang olahraga bulu tangkis yang maju ke babak selanjutnya setelah menang melawan ganda India.  Meanwhile, ganda campuran Praveen Jordan dan Melati Daeva lolos ke babak perempat final setelah harus bertanding melawan Zheng/Huang (China). Begitu juga dengan Rio Waida, atlet surfing, yang dikalahkan oleh atlet nomor 6 di dunia asal Jepang, Kanoa Igarashi. Terus, tim panahan Indonesia juga tersingkir di babak 16 besar Olimpiade kemarin.