Pemerintah Berencana Mengelola Bursa Kripto

53

When you’re still considering where to invest…

You can consider investing in crypto.
Karena menurut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, nilai transaksi di pasar kripto Indonesia udah mencapai 1,7 triliun per hari.
 
Whoaa…seriously? 
Yep. Dalam acara milenial fest minggu lalu, Pak Jerry bilang bahwa 90 persen investor aset kripto adalah anak muda yang umurnya 20 sampe 30 tahun. Melihat potensi ini, Pemerintah berencana untuk mengelola bursa kripto melalui Bappebti (Badan Pengawas Pasar Komoditi) di bawah Kementerian Perdagangan (Kemendag).
 
OMG..really? 
Yep. Menurut Pak Jerry, Kemendag punya kewenangan karena aset kripto di Indonesia termasuk sebagai ‘komoditas’ bukan mata uang. Jadi, Indonesia mempunyai target untuk menjadi negara pertama yang mengelola bursa kripto negara sendiri. Pak Jerry juga berharap rencana ini bisa diselesaikan pada akhir tahun ini.
 
I see, kalau udah bisa gimana? 
Menurut Pak Jerry, apabila Indonesia mengizinkan perdagangan kripto, maka investor kripto di luar negeri bisa ikutan invest di bursa kripto Indonesia. Hal ini juga menunjukkan keterbukaan Indonesia terhadap aset digital, dan kemungkinan bakal bisa meng-attract investor aset kripto luar negeri untuk main-main di bursa Indonesia.
 
Got it.
Yep. Sebelumnya guys, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi juga pernah bilang bahwa transaksi uang kripto mencapai Rp370 triliun per Mei 2021 kemarin. Jumlah ini naik lima kali lipat dari akhir 2020 yang total transaksinya sebesar Rp 65 triliun. Selain itu, jumlah investor aset kripto juga naik dari 4 juta orang di tahun lalu, menjadi 6,5 juta orang di tahun ini.
 
Interesting, anything else? 
FYI, China melarang perdagangan aset kripto, meanwhile Amerika Serikat (AS) memberikan wewenang bursa kripto ke swasta. Nah, kalo kamu mau joining the bandwagon dan mulai invest di crypto, you can consider this platform. Layanannya aman, dana-mu diasuransikan, dan banyak banget perks lainnya. Wooohoooo