Pemerintah Arab Izinkan Umrah Jamaah Internasional 10 Agustus Mendatang

39

Who’s finally opening up their gates? 

Saudi Arabia.
 
Whooaa tell me… 
Iya gengs, kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis… ga deng maksudnya Pemerintah Arab akhirnya mengizinkan Jemaah internasional untuk melaksanakan umrah per 10 Agustus nanti yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1443 H.
 
Whoaaa details please.. 
Ok. FYI, jadi keputusan ini diambil setelah ibadah haji khusus bagi warga lokal udah selesai dilaksanakan. Terus dalam laporannya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bilang bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan aman, dan nggak ada kasus covid-19 yang terdeteksi dari para Jemaah. Selanjutnya, Kementerian Umrah dan Haji Arab Saudi juga udah mengizinkan hampir seluruh negara untuk kembali membuka penerbangan langsung ke Arab Saudi buat para jemaah yang umrah.
 
Indonesia juga boleh? 
Boleh gengs.  Tapi, Indonesia masuk ke dalam 9 negara yang diwajibkan untuk transit dan menjalani karantina 14 hari di negara ketiga, sebelum masuk ke Arab Saudi.  FYI, 9 negara tersebut terdiri dari India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Indonesia, dan Lebanon.
 
I see, any other requirements? 
Yep. Pemerintah Arab juga mensyaratkan semua calon Jemaah umrah internasional harus berusia di atas 18 tahun dan telah divaksinasi covid-19 jenis Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J). Berdasarkan keterangan tersebut, vaksin buatan China boleh diterima asalkan dikombinasikan dengan dosis dari vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J).
 
Ok, anything else? 
On the other hand, Arab Saudi juga telah memulangkan 200 warganya dari Indonesia per Senin kemarin sampai tanggal 1 Agustus nanti. Menurut Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, Essam Abed Al Thaqafi, bakal ada dua penerbangan repatriasi yang akan menangkut 200 warga arab yang tinggal di Indonesia.  Selain itu, Pemerintah Arab juga telah melarang seluruh warganya untuk ke Indonesia karena  kasus yang terus meningkat.