Kematian Covid-19 di India 10 Kali Lipat Lebih Tinggi Dari Data Resmi

54

Who’s just saying “We got some (not so good) surprise….”?

Researchers in India.
 
Whaddap?
Karena kemarin, para epidemiologists di India bilang bahwa bisa jadi, bisa jadi nih, sebenernya angka kematian gara-gara Covid-19 di sana lebih banyak sampe 10 kali lipat dibanding laporan resminya pemerintah. Whoaaaa!
 
Iya, Whoaaaa kok bisa?
Bisa, karena menurut para peneliti tadi, jumlah kematian sepanjang Januari 2020 sampe Juni 2021 diperkirakan antara 3.4 juta sampe 4.7 juta jiwa. Terus kalo yang meninggal karena kasus Covid-19, prediksinya ada di angka 4juta. Jumlah ini jelas jauuuh banget kan di atas laporan resmi pemerintah yang bilang bahwa jumlah meninggal adalah sekitar 414ribu jiwa.
 
OMG…
Yep. Lebih jauh para researchers ini bilang bahwa kekurangan penghitungan ini bisa jadi disebabkan oleh rumah sakit dan sistem pemerintahan yang kewalahan banget gara-gara meningkat tajamnya angka infeksi covid19, khususnya pada awal tahun ini. Selain itu, dengan jumlah penduduk yang banyak banget, emang pencatatan kematian itu enggak selalu rapi, apalagi kalo meninggalnya karena covid19, biasanya keluarga pada takut untuk ngaku.
 
Terus mereka bisa memprediksi angka 4juta itu dari mana?
Dari ngumpulin data per daerah, perkiraan internasional, studi serologi, perbandingan angka kematian sebelum dan sesudah ada pandemi, hingga survei ke rumah-rumah. FYI guys, penelitiannya ini dilakukan oleh mantan penasihat ekonominya pemerintah India, namanya Arvind Subramanian. Selain itu, doi juga dibantu oleh dua orang peneliti lainnya dari Center for Global Development, Washington DC, dan Harvard University.
 
OK terus…
Terus, menurut para peneliti, jumlah kematian gara-gara Covid-19 di India ini merupakan tragedi kemanusiaan terbesar di sana yang memakan paling banyak korban. Korban yang meninggal karena pandemi ini lebih banyak daripada korban meninggal di peristiwa perjuangan kemerdekaan dan Partition. FYI, Partition adalah konflik India-Pakistan yang terjadi pada tahun 1947, di mana warga Hindu dan Muslim saling membunuh dan menyebabkan 1 juta orang korban jiwa. Nah, covid-19 lebih parah dari ini gengs 🙁
 
🙁 Anything else now?
Well, so far sih belum ada tanggapan dari pihak pemerintah ya. Cuma saat ini, angka kasus Covid-19 di India emang udah berkurang. Saat ini India masih melaporkan sekitar 40 ribu kasus baru dengan sekitar 500 kematian per hari. Meanwhile, ada kurang dari 7 persen populasi yang udah mendapatkan vaksin.