Kemarin KMP Yunice Tenggelam di Selat Bali

24

When you’ve been hearing about KMP Yunice…

Here’s your update.
Yep, in case you haven’t heard, Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunice aka Kapal Ferri tenggelam di Selat Bali, kemarin malam jam 19.20 WITA.
 
Hah? Serius? 
Iya.  Kapal tersebut sedang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk di Bali.  Tapi, pas udah mau sampai Gilimanuk, kapalnya tenggelam.
 
No…any victims? 
Per kemarin, ada tujuh korban yang ditemukan meninggal, dan enam orang masih dalam pencarian. Sedangkan yang selamat ada 44 orang setelah dievakuasi.  FYI, kapal tersebut mengangkut 56 orang, dimana penumpangnya sebanyak 41 orang, dan krunya ada 12 orang.
 
Go on… 
Menurut Kepala Kantor Basarnas Bali, untuk melakukan aksi penyelamatan ini, mereka mengerahkan 1 unit RIB, KMP Samudra Utama, KMP Sukarya, 2 unit tugboat (Joyo Boyo dan Perkasa), dan 1 unit speed boat. Selain Tim SAR, TNI Angkatan Laut juga mengerahkan dua kapal perang untuk membantu proses evakuasi tersebut, yaitu KRI Rigel-933 dan KRI Soputan-923.
 
Terus? Did they find anything? 
So far, mereka baru menemukan life craft penumpang di sekitar lokasi tenggelamnya kapal, khususnya di sebelah barat Dermaga Gilimanuk. Hingga saat ini, Tim SAR gabungan dan TNI AL masih mencari korban di sekitar lokasi kapal tenggelam.
 
Btw, kok bisa tenggelam? 
Menurut Basarnas Bali, KMP Yunice tenggelam karena terseret arus, terus kapalnya miring, dan akhirnya terbalik.  Hal tersebut juga udah dikonfirmasi sama Kabid Humas Polda Bali Syamsi. Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KMP Yunice tenggelam pada jam 19.06 WITA ketika lagi melakukan perjalanan dari Banyuwangi ke Bali.
 
Oh gitu, anything else? 
FYI, KMP Yunice yang panjangnya 56,5 meter dan lebar 8,6 meter.  Kapal tersebut menangkut 40 unit kendaraan, including 17 mobil pick up, 2 kendaraan keluarga, 18 truk sedang, dan 3 sepeda motor. Saat ini, TNI AL dan Basarnas masih melakukan proses evakuasi.