Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 54.517 dalam 24 jam

22

When we already hit another grim milestone…

(Caution! This news can be distressing to read this early in the morning. You can come back later, or you can keep reading, but remember to prioritize your mental health first.)
 
Kayak yang kamu udah tahu, kemaren Indonesia memecahkan rekor tertinggi kasus harian Covid-19 terbanyak dalam 24 jam, yang mencapai 54.517 kasus.
 
No….
Yep, angka ini tentunya sangat mengkhawatirkan, hingga Indonesia disebut sebagai episentrum baru wabah covid-19 di Asia. Pasalnya, jumlah kasus harian di Indonesia udah lebih banyak daripada India yang awalnya menduduki posisi pertama. Dengan penambahan ini, maka total kumulatif orang terpapar virus corona di Indonesia mencapai 2.670.046 kasus.
 
Terus terus… 
Seiring dengan perkembangan ini, udah mulai banyak juga nih guys, negara-negara yang mengeluarkan travel warning atau imbauan larangan perjalanan ke Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa negara yang mengeluarkan larangan masuknya Warga Negara Indonesia (WNI) ke negara mereka.
 
Negara mana aja tu?
The most recent is Filipina yang bakal ngelarang WNI buat masuk ke sana dari tanggal 16-31 Juli 2021. Abis itu ada Uni Emirat Arab (UEA) yang mulai ngelarang WNI masuk ke negaranya per tanggal 11 Juli 2021. Selain itu, ada juga Arab Saudi yang sejak Februari lalu memberlakukan aturan serupa. Oman juga melakukan hal yang sama terhadap WNI. Lalu ada juga Hong Kong yang sejak 25 Juni 2021 ngelarang WNI masuk ke negaranya. Sementara, Jepang dan Taiwan udah memberlakukan larangan masuk WNI sejak tahun lalu hingga saat ini.
 
OMG…

We’re not even done yet, guys. WNI juga dilarang masuk ke 26 negara Eropa yang menggunakan Visa Schengen. Beberapa negara visa Schengen ini kayak Prancis, Belanda, Swedia, Jerman, Finlandia, Norwegia, dan lain-lain gengs. Nah, kalo negara tetangga Singapura sendiri gak melarang sepenuhnya kedatangan WNI ke negaranya guys, cuma diperketat aja dari sebelum-sebelumnya.

BUSET, RAME BANGET. Also, I heard about Japanese people fleeing?

Yes guys, lebih tepatnya para tenaga kerja asing di perusahaan Shimizu. Jadi seiring dengan makin memburuknya kondisi Covid-19 di Indonesia, Shimizu memutuskan untuk menyewa pesawat dan memulangkan para karyawannya ke tanah air. Pihak perusahaan juga bilang bahwa mereka berencana memvaksin para karyawannya pas udah nyampe di Jepang aja.

🙁
Well, it’s not all sad news guys. Kemarin, kita dapet kabar gembira nih, bahwa bakal ada 50juta dosis vaksin Pfizer BioNtech yang tiba ke Indonesia mulai Agustus mendatang. Jadi sebagai salah satu produsen vaksin covid-19 global, Pfizer emang punya target untuk memproduksi 3 milyar dosis vaksin hingga akhir tahun 2021. Whoaaaa.

OK GOOD. Anything else?
Nah, itukan Agustus yah. Balik lagi ke kondisi sekarang nih guys, kamu perlu tahu bahwa terkait kondisi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin udah mengakui bahwa pelaksanaan isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19 bermasalah. Menurutnya, banyak pasien yang harusnya dirawat di rumah sakit jadi nggak tertampung di RS karena penuh. Sementara itu, banyak pasien Covid-19 yang harusnya bisa menjalani isoman di rumah tapi malah dirawat di rumah sakit. Terus juga, saat ini tengah terjadi krisis oksigen di sejumlah rumah sakit.