Jeff Bezos Trip Ke Luar Angkasa

24

When you can’t even make a trip to your favorite restaurant…

Yep, be jealous.
Karena enggak kayak kamu yang trip paling jauhnya cuma dari kamar ke meja makan, maka mantan CEO Amazon, Jeff Bezos justru baru balik dari trip-nya ke luar angkasa.
 
Wait, what?! 
Beneran. Jadi kemarin, Jeff Bezos yang merupakan orang tertajir di dunia itu baru aja balik dari perjalanannya ke luar angkasa. Dalam perjalanannya itu, Bezos ngajak saudaranya Mark Bezos, dan dua pelanggan pertama mereka, yaitu Oliver Daemen dari Belanda (18 tahun – baru tamat SMA) dan Wally Funk (82 tahun).
 
Who are they?
Well, Mark Bezos udah jelas lha ya, sodaranya Jeff Bezos. Terus Funk adalah salah satu pilot perempuan yang ikutan tes astronot NASA di tahun 1960, tapi belum pernah ke luar angkasa. Sedangkan Daemen adalah anak orang kaya asal Belanda, di mana bapaknya adalah pengusaha properti. FYI guys, Daemen dan Funk adalah pelanggan termuda dan tertua pertama yang berhasil jalan-jalan ke luar angkasa dengan menggunakan perusahaan pesawat luar angkasa swasta milik Bezos, Blue Origin.
 
Apatu?
Iya emang *hard to relate* tapi intinya, jadi kan Bezos baru aja resigned dari kerjaannya sebagai CEO Amazon. Pas resign itu, doi emang bilang bahwa dia mau fokus sama berbagai kegiatan amalnya, dan perusahaan penerbangan sipil luar angkasa miliknya, namanya Blue Origin. Nah, keberangkatan Bezos dan temen-temennya tadi adalah penerbangan pertama yang diluncurkan oleh Blue Origin. Nantinya, Blue Origin bakal menawarkan jasa penerbangan ke luar angkasa untuk wisata (space tourism).
 
Buset di kita masih sibuk bahas babi ngepet ajatuuu…
Yhaaa kan kita negara ber-flower. Anyway, emang ternyata, space tourism ini punya potensi mendatangkan cuan banyak banget, secara wisatanya bakal mentarget orang-orang super tajir.  Berdasarkan analis dari Canaccord Genuity, pasar pariwisata luar angkasa aka space tourism market nilainya bisa mencapai US$8 miliar per 2030 nanti. Bezos sendiri bilang bahwa sejauh ini, penjualan tiket private seats di Blue Origin udah mencapai US$100 juta. In fact, udah ada yang beli dua tiket untuk tahun ini. Bezos juga menilai bahwa permintaan wisata angkasa ini tinggi banget.
 
Got it. Anything else? 
In case you’re wondering, total durasi penerbangannya adalah 10 menit 20 detik. Bezos and friends kemudian mengudara di atas bumi setinggi 65 miles, dan merasakan sensasi ‘terbang’ dalam beberapa menit. Nggak lama setelah kembali lagi ke bumi, Bezos juga mengucapkan terima kasihnya buat para pelanggan Amazon maupun karyawannya, karena udah bayarin perjalanan tadi. Tuh guys, jadi kalo kamu langganan Amazon Prime atau suka belanja di Amazon, you can actually put “Blue Origin investor” on your LinkedIn page, lol.