Indonesia Kekurangan Dokter dan Perawat

51

When the covid cases are increasing…

Our needs for frontline heroes, aka nakes, are too. 
 
Really?
Yep. Jadi tenaga nakes kayak dokter dan perawat lagi dibutuhkan banget ni guys. Hal ini karena kemarin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin baru aja menyatakan bahwa Indonesia lagi kekurangan sekitar 3.000 dokter untuk menghadapi kasus covid-19 yang naik terus.
 
🙁 
Iya, karena saat ini emang tingkat keterisian rumah sakit, especially di Jawa dan Bali udah hampir penuh semua. Bahkan, pemerintah sampai harus mendirikan rumah sakit darurat dan lokasi isolasi terpadu, kayak di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur yang diubah fungsinya menjadi rumah sakit untuk para pasien Covid-19.
 
No….
Iya. Terus, Pak BGS juga menyampaikan bahwa selain butuh tambahan dokter, Indonesia juga butuh sekitar 16 – 20 ribu perawat. Beliau menyebut bahwa pemerintah lagi cari cara nih, untuk memenuhi kebutuhan tadi.
 
Gimana caranya?
Well, salah satunya adalah di tahun ini, bakal ada sekitar 3.900 dokter yang bakal selesai magang. Jadi, pemerintah akan fokus mempersiapkan dokter-dokter muda untuk langsung turun ikutan menangani pandemi covid-19. Meanwhile, untuk perawat, pemerintah bakal mempercepat kelulusan peserta didik di sekolah keperawatan. Terus, pemerintah akan segera merekrut mereka yang udah lulus dan udah punya sertifikasi.
 
Bisa ya dicepetin gitu?
Yhaaa kata Pak BGS sih, dirinya udah mendapat instruksi dari Pak Jokowi untuk segera koordinasi sama Menteri Pendidikan Mas Nadiem Makarim terkait teknis gimana caranya para calon perawat bisa lebih cepat masuk praktik.
 
I see…
Meanwhile, not a good update from our frontline heroes, karena minggu lalu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) bilang bahwa mayoritas tenaga kesehatan mempunyai beban mental karena kenaikan kasus covid-19. Ketua PPNI Harif Fadilah juga menyatakan bahwa sudah ada sekitar 15 ribu nakes yang positif covid-19.  Secara keseluruhan, per 9 Juli kemarin, ada 1.183 nakes yang meninggal. Meanwhile, ada 458 dokter yang meninggal akibat covid-19.
 
No…. anything else? 
Yep. Untuk memastikan bahwa para tenaga kesehatan makin terlindungi, pemerintah udah mengumumkan bahwa para nakes ini bakal diberi booster atau suntikan vaksin ketiga. Adapun vaksin yang akan diberikan adalah vaksin Moderna yang minggu lalu baru aja nyampe dari AS ke tanah air.