Friday Pause: We out here drippin’ in finesse 🏍️🏎️

457


Good morning!

Welcome back to Friday! Yep, if you forgot how it feels to go for Friday happy hours with your office mates, same here. But, fun can come in different forms, and this email is the proof. Scroll down as you enjoy our collections of memes, tips and recs. Oh, and don’t forget our podcast! See you next week!


For the love of Meme: On one thing we’re not…. really good at.


When you’ve been trying to stay sane…

Aaaaall of us can relate.
Raise your hand if you think that the stay-at-home order started to make you feel like losing your mind? Now hands down. Iya guys, unless you’re an ultimate introvert atau emang hobi rebahan di rumah, kondisi PPKM Darurat yang mengharuskan kita-kita stay @home tentunya punya pengaruh terhadap kondisi mental kamu. For some of you, tinggal di rumah aja bisa jadi surga dunia, tapi ada juga yang merasa sebaliknya.
 
Nah, mau sebete apapun kita saat ini di rumah, satu hal yang paling penting adalah kita sehat-sehat guys, dan sesuai kata Pak Jokowi kemaren, emang nggak ada tempat yang lebih baik untuk kita berada saat ini, kecuali di rumah. So you’re probably lyke, Yeaaaa but I’m so bored, I’m going insaneee???!!!” Well, us can relate. Jadi supaya kita bisa sama-sama happy dan nggak merasa terlalu trapped dengan stay-at home order, yuk cek beberapa tips ini untuk mem-boost mood kamu pas lagi di rumah aja:
  • Spa Day at Home:  Yep, stay at home lama means this is the perfect time untuk perawatan badan maupun wajah secara maksimal. Kalo dulu, kamu luluran cuma bisa 10 menit karena udah harus berangkat kerja, kini kamu bisa luluran lebih lama, sambil nyalain lilin aromatheraphy, dan ngebayangin skenario-skenario menyenangkan (Kayak maybe soon, kamu bisa spa langsung di tengah hijau-hijaunya Ubud?). Nah kalo lagi kayak gini, jangan lupa putar playlist lagu favoritmu, supaya makin asyik dan berasa kayak di salon beneran.
  • Olah raga: We can’t stress enough how important it is for you to stay active during the stay-at-home order. Olah raga ini penting banget guys karena bakal berpengaruh langsung ke kesehatan mental, sistem imun, dan mood kamu. Sebaiknya, hindari dulu olah raga outdoor, dan instead, kamu bisa melakukan yoga, senam, stretching, atau home workout (our favorite is Chloe Ting’s challenge!) melalui berbagai video gratis yang ada di Youtube.
  • Buka Jendela/Gorden: Ini adalah hal simple yang kalo dilakukan bisa bisa membantu mem-boost mood kamu. Jadi pas pagi-pagi bangun tidur tuh, jangan lupa buka jendela kamarmu biar udara segar masuk, dan coba hirup dalam-dalam udaranya. Hal ini juga bagus karena bisa membantu mengatur circadian rhythm supaya kamu bisa tidur dan istirahat yang cukup.
  • Meditasi: Jujur ini penting dan life changing banget guys. Coba deh, luangkan waktu lima menit aja untuk meditasi setiap pagi, dengan melatih pernapasan dan “focusing on the present”. Udah banyak penelitian yang bilang bahwa meditasi bisa membantu mengurangi anxiety, karena exercise ini melatih kamu untuk mengosongkan pikiran, fokus ke tubuhmu sendiri, hingga bersikap tenang. Jadi, cobain yuk!
  • Coba hobi baru:  Selama ini kamu pernah nggak pengen mencoba hal yang baru, tapi nggak sempat terus? Well, it’s the time to begin! Yep, kamu bisa mulai aktivitas baru kayak melukis, main musik, masak, bikin kerajinan tangan, dll. Intinya lakukan hal yang bikin kamu happy ya.
  • Learn new things: Belajar nggak cuma untuk di sekolah/kampus gengs, kamu bisa belajar kapanpun kamu mau. Nowadays, banyak banget platform online yang menyediakan kursus gratis. Kamu bahkan bisa pilih kursus sesuai dengan minatmu sendiri, mau kursus bahasa, cara bikin bisnis, cara main musik, pokoknya choose what you want to learn. However, REMEMBER to be kind to yourself. Jangan jadi self-depreciating kalo kamu nggak bisa-bisa atau hilang motivasi di tengah jalan. Kita lagi pandemi, masih waras aja udah syukur.
  • Get creative: Do things that make your brain active, tapi nggak sampai overload. Meaning, kamu bisa lakukan hal-hal yang nggak perlu terlalu banyak mikir tapi tetap melatih otakmu. Contohnya, mewarnai, main game, membaca, bikin kerajinan tangan, dll. Kegiatan seperti ini tentunya bisa membantu mengalihkan pikiranmu ke hal-hal yang positif dan bukan ke faktor pemicu yang bikin kamu stress *looking at u, corona*.
  • Journaling: Menuliskan apa yang kamu pikirkan/rasakan ke dalam bentuk fisik, kayak buku diary adalah salah satu teknik therapy untuk kesehatan mental kamu. Menulis juga bisa jadi salah satu cara kamu untuk menumpahkan perasaan, dan kegiatan ini juga terbukti bikin kamu lebih rileks. Nah, kalau kamu mau lebih positive thinking, kamu bisa coba ‘gratitude journaling’ dengan cara menulis semua hal-hal yang bikin kamu bersyukur pada saat itu.
  • Masak: Untuk kamu yang hobi masak, sekarang nih saatnya mencoba resep baru yang selama ini kamu pengen coba. Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan alat-alat masak baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Who knows, abis PPKM ini kamu jadi ikutan master chef?
  • Beres-beres:  Meskipun beres-beres juga bisa bikin ‘stress’, namun ternyata, kegiatan ini bisa menjadi aktivitas therapy. Selain itu, dalam kondisi lagi pandemi gini, tentunya kita jadi lebih cautious soal kebersihan tempat tinggal kita, jadi yhaa beres-beres aja! Inget guys, tempat tinggal yang bersih bisa bikin mood kamu positif dan lebih semangat menjalani hari.
  • Main sama anabul: Do we need to we say more? 
  • Batasi penggunaan sosial media: Cara terakhir untuk tetap “waras” ketika pandemi ini adalah dengan membatasi penggunaan sosmed-mu. Suka makin bete kan, kalo kamu udah bosen banget gini di rumah, terus temenmu ada yang update lagi nongkrong-nongkrong? Nah solusinya, jarang-jarang buka sosmed aja kak. Kamu bisa coba bikin jadwal kapan kamu online, kapan nggak. Terus, nggak usah terlalu banyak baca berita juga gengs, cukup baca Catch Me Up! aja..hehe..


Finally, here we go: Your quarantips.

As always, we’ve rounded up all the cool recommendations from you, to you. We’ve been soooo impressed by your submission so guys, keep ’em coming!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Hi! Aku mau kasih rekomendasi 1 buku yang menurutku sangat worth it buat dibaca. Judulnya Every Word You Cannot Say. Buku ini ditulis sama Iain S. Thomas. Bacaanya ringan dan ada banyak banget hal-hal positif yang bisa kita ambil dari sini. (~Azep~)
    Advertisement
  • Yang mau merasakan keirian kisah cinta orang, kalian harus baca Made in Korea dari Sarah Suk!! It was so cuteeee and fluffy. Jadi ceritanya Valerie jualan skincare Korea bareng sepupunya di sekolah (how interesting!) Ehhh terus dateng dong Wes Jung yang baru masuk jual merchandise kpop group … dari situ mulai lah persaingan mereka yang nantinya akan menjadi benih-benih cinta uhuy. (@mymindrentfree)
  • Hai! aku mau rekomendasiin buat yg susah tidur, dengerin podcast POV deh. Cukup works sih di aku karena ngebahas tentang social commentary, pop culture, review buku, dan audio books. Aku biasanya dengerin di Spotify (karna adanya itu xixi). (@equivalentunit)
  • Buat new ARMY kalo mau lebih tau tentang Bangtan, nonton kelucuan dan keseruan mereka main games bisa nonton Run BTS di aplikasi Vlive 💜💜💜 (@universtar_store)
  • I’m gonna recommend DIVE Studios Podcast! You guys can watch it on YouTube. DIVE Studios ini podcast yang based in Korea, but mostly mereka pake Bahasa Inggris karena hostnya kebanyakan Korean-American. Di DIVE Studios ada banyak podcast yang beda-beda temanya, but personally I LOVE the “How Did I Get Here?” one. Hostnya adalah JaE Day6 dan AleXa, dan pembawaan mereka tuh seru banget. Di HDIGH ini biasanya bahasannya tuh pertanyaan semacam “darimana tanda tanya ditemuin?”, “apa itu sebenernya de javu?”, etc. Super fun, isn’t ittt? (Anonymous)
  • HAI HALOOO buat yang pengen banget ketawa-ketiwi karena tired sama situasi sekarang, disini gue mau rekomendasiin Jessie’s Showterview di Youtube. Kalo kalian tau lagu yang hits banget waktu itu Nunu Nana, nah doi tuh yang nyanyi gaes. Dengan gaya bicara Jessie yang santai dan gak kaku kaya interview-interview laennya, so tamu-tamu ngerasa fun juga dan bisa bikin kita terhibur banget loh asli deh! Oiya gak cuman idol Kpop juga sih kemaren doi juga pernah ngobrol bareng Emma Stone atas perilisian film Cruella nya. LEZGETITTTT!!!!! (@woosandepok)
  • Cari Cakes Youtube channel, a US vlogger living in Korea with high level aesthetic in her videos.  (Anonymous)
  • My recommendation would be Twenty One Pilots’ latest album, “Scaled and Icy“. Sebagian besar lagunya bernada jauh lebih ceria dan terkesan optimis dibandingkan album-album mereka sebelumnya, dengan lirik lagu yang tulus. Recommended tracks: “Shy Away”, “Mulberry Street”, “Formidable”, & “Saturday”. (@adindaxtron)

Quote of the day

“You have been criticizing yourself for years, and it hasn’t worked. Try approving of yourself and see what happens.” 
 
-Louise L. Hay-

Thank you note

Thanks to Liza Farihah dan Cici Agintha for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Di malam ini aku lagi asik main hp terus lihat status status temen temenku gitu kan. Ternyata ada salah satu temenku yang lagi ulang tahun otomatis aku langsung chat dia nge-reply statusnya buat bilang selamat ulang tahun juga doa terbaik. Pas itu aku mikir aku gabisa kado apa-apa gasengaja aku kepikiran tentang link rangkuman materi, dan kebetulan kita sekelas jadi aku putusin buat ngirim kumpulan link rangkuman itu ke dia buat hadiah. Kagetnya dia seneng dong sampe makasih berkali kali gitu ke aku padahal aku kira bakalan biasa aja. Emang ya terkadang hal yang sesederhana itu bisa bikin seseorang bahagia.

-Hld-
 
2. Kitabisa dan beberapa NGO meluncurkan wargabantuwarga.comGuys, really, this is SUPER HELPFUL. Terharu sih karena di portal ini banyak banget yang submit info kebutuhan selama covid-19 kayak info bed, oksigen, donor darah. Jadi ini emang bener-bener dari warga untuk warga. Dear pembaca Catch Me Up! Kalau kamu punya info serupa bantuin buat submit yaa karena ini akan sangat bermanfaat buat yang membutuhkan. Stay safe! 🙂
-FN-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)
 
Advertisement