Friday Pause: It’s written in the scars 🚴🏋🏻⛹🏻🏂🏼

655


Good morning!

Friday is here so… Friday Pause time! Today, we want to dedicate this edition to our #TeamIndonesia fighting in Tokyo Olympics. Yep, we are so inspired by their perseverance, hard work, and sportsmanship, despite all the challenges due to pandemic. For us, y’all are already winners. Thank you, really.


For the love of Meme: All of us, without Euro or the Olympics…


When you want to channel your inner Anthony Ginting…

A.k.a becoming an Olympian.

Yep, udah seminggu mantengin Tokyo Olympics selama PPKM, kamu udah pengen jadi atlet belum guys? Udah pengen punya badan fit kayak Jonatan Christie? Atau bisa lari cepet kayak Lalu Zohri? Atau pengen bisa sekuat Windy Cantika? Nah, we don’t know ’bout you, but this combination of PPKM (meaning, we watch EVERY game broadcast) and Olympic games somehow have inspired us to be better. Kita jadi pengen lebih sering olahraga, lari, makan sehat, dan tidur cukup. Yhaaa biar bisa punya hidup yang lebih balanced aja, gitu.

Terus-terus, kamu juga pernah nggak guys, pas lagi nonton pertandingan Olimpiade dan liat para atlet bertanding, kamu mikir, “Gue bisa nggak ya, punya stamina kayak gitu?” (long badminton rally, anyone?). Kalo jawabannya pernah, same. Tapi soal stamina? Uhmmm unless kamu emang atlet professional yang udah bertahun-tahun menekuni satu bidang olah raga tersebut, maka bakal susah banget sih, mempraktekkan hal-hal yang keliatannya gampang banget dilakukan para atlet. After all, they’re called athletes for a reasonHowever, jangan berkecil hati dulu guys, karena ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa fit (sekaligus turun berat badan, buat yang mau), ala atlet! Nah, here’s what you can do!

  • Latihan Setiap Hari: Raise your hand if you only exercise once a week, dan cuma weekend aja? Terus selama hari kerja, yakni Senin – Jumat kamu sibuk duduk manis di kantor/sekolah. Baru deh pas weekend, kamu olah raga habis-habisan. Well, this is not how Olympians train. Instead, mereka latihan setiap hari dan selama beberapa jam. Yha kamu sih nggak perlu berjam-jam juga guys, tapi at least konsisten aja olah raga setiap hari. Paling gampangnya, kamu bisa jogging selama 30 menit atau ikut exercise plan yang ada di YouTube. Hal ini bisa mempermudah kamu nurunin berat badan, bisa me-maintain stamina kamu, dan bisa lebih efisien membakar lemak.
  • Fokus ke tujuan:  Para atlet Olimpiade pasti mempunyai goals yang spesifik dan fokus, especially untuk melawan atlet lain dan jadi juara dunia (atau menang medali emas Olimpiade!). Nah, kamu juga harus punya tujuan kayak gini, walaupun yha goalnya buat diri sendiri. Misalnya, kamu mau nurunin berat badan sebanyak 5 kilo, atau mau punya perut rata, atau mau ngencengin beberapa bagian di tubuh kami. Punya tujuan ini sebenernya penting banget guys, karena kalau belum punya goals, bisa jadi kamu juga nggak termotivasi-termotivasi amat buat olah raga. Pro tip on making goals: coba bikin yang reachable and specific, jadi kamu bisa lebih fokus dan termotivasi.
  • Latihan yang spesifik: Para atlet Olimpiade pasti punya latihan yang spesifik.  For example, atlet marathon, pasti akan latihan untuk meningkatkan endurance and strength mereka. Atlet renang akan latihan untuk meningkatkan kecepatan mereka. Nah, kamu juga harus punya latihan yang sesuai sama tujuan kamu. Kalau tujuan kamu untuk nurunin berat badan, apa aja caranya supaya kamu bisa turun berat badan? Apa latihan yang bisa bikin kamu cepat bakar kalori supaya bisa cepat mencapai berat badan idealmu?
  • Eat well:  Udah bukan rahasia lagi bahwa atlet Olimpiade sangat menjaga nutrisi dari apa yang mereka makan. Mereka sangat menjaga berapa kadar karbo, lemak, protein, micronutrients, dll yang masuk ke tubuhnya. Para atlet ini bahkan punya ahli gizi dan bakal membantu merancang plan diet yang sesuai sikon, kayak ada diet khusus pas latihan, diet pas tanding, dll. Selain itu, biasanya diet para atlet juga mencapai 3000-8000 kalori per hari, karena emang pembakarannya gila-gilaan. Terus, makanan yang nggak mereka makan biasanya meliputi desserts, donuts, junk food, sweets, processed food, tacos and pizza, chocolate chips, salt, and all of our favorites (lol). Nah terus, kamu pikirin deh, makanan apa aja yang mau kamu makan dan nggak kamu makan demi mencapai tujuan fitness kamu. Pastikan juga gizinya tetap seimbang ya!
  • Know when to rest:  Para Olympians tahu kapan harus berhenti latihan, kapan harus lanjut.  Bagi mereka, ada istilahnya ‘overtraining’ atau kelebihan latihan, dan hal ini bahaya banget untuk karir mereka karena bisa menyebabkan cedera.  That’s why, take it easy, but steady aja, jangan sampai cedera.
  • Have the perfect form:  Olympians punya badan yang ‘perfect’ untuk setiap bidang olahraga mereka. Ketika latihan, mereka selalu memastikan postur badan mereka pas sama olahraganya. Misalnya, kalo olahragamu adalah lari, maka pastikan bahwa ketika lari, badanmu relaks, kepalamu tegak, dan ayunan tanganmu bergerak dengan natural. Pokoknya pastikan posturmu ok, dan selalu cari cara supaya badanmu nggak terasa sakit. Pokoknya, be nice to your body.
  • Be disciplined:  Semua Olympians pasti mempunyai kedisiplinan yang super banget. Latihan setiap hari, makanan dijaga, istirahat yang cukup, dan yang paling penting keep up the routines!  So, whenever you’re feeling lazy, coba bayangin perjuangan para atlet Olimpiade kayak gimana, and follow their steps!


Now here comes… your weekly quarantips.

Yep, as always, here’s everything you need to make your weekend less boring and dull. From podcast to books to Youtube channel… all here!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (b isa buku, podcast, video YouTube,
Advertisement
 apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast! Today we’re talking about diskon penjara buat koruptor, vaksin Sinovac butuh booster, hingga China larang anak ikut bimbel. Click, clack!
  • Coba dengerin Sumbu Pendek Podcast di aplikasi Noice! Rutin update tiap Jumat, podcast yang ngomelin hal sekitar yang “ganggu” bangeeet! Bisa juga kalian share keresahan kalian yang mungkin banget diangkat jadi topik atau ditelpon langsung buat sharing keresahan kalian di upcoming episodesSo, what are you guys waiting for? (@adirizaldito)
  • Ketinggalan book recommendation-nya! HAHA been reading for one week about this incredible book named Smart Woman Finish Rich”. Highly recommended! (Anonymous)
  • Lagi seneng banget dengerin album terbarunya Ananda Badudu featuring Monita Tahalea, enak banget! Thank me later(Anonymous)
  • Buat temen-temen yang bosen dirumah dan suka dengerin podcast, highly recommended untuk dengerin podcast #endgame di channel YouTube Pak Gita Wirjawan. Di situ banyak banget topik yang very interesting and really open your mind about everything in lifee. (Anonymous)
  • Aku mau rekomendasiin channel YouTube yang keren bangett namanya boho beautiful yoga. Di sana ada video yoga + meditasi. Enak bangett pokoknya! Dia bikin 14 days journey for free gitu. Semoga suka! (Anonymous)
  • Halo, aku mau rekomendasiin beberapa film yang lumayan seruuu karena message dan plotnya yang oke nih, ada Knowing (2009), The Intern (2020), Spotlight(2015), Peekay (2014), Fatherhood (2020) and many more yang kalian bisa cari dari listnya IMDB! (@savaarindang)
  • Hi, CMU! Akhir-akhir ini aku lagi suka dengerin album terbaru Even of Day (DAY6) yang Right Through Me. Tema album kali ini cenderung ke retro music dan beda banget dari album-album DAY6 sebelumnya. Title track-nya ambyar banget, tapi dari lagu-lagu lainnya di album itu ada semacam antitesisnya hehe jadi seimbang. (Anonymous)
  • Kak seru banget tulisan2nya. Pengen intern:( Anyway, rekomendasi buku dari aku buat anak muda itu 7 Habits of Highly Effective People, sih! Nyesel bener gabaca sejak dari maba. Buku itu jadi tools yang sempurna buat kita para anak muda tuk bersikap dan bergerak secara efektif. Setelah baca bakal ilang deh rasa males-malesanan karena tau goal masih jaauuuuh sekali. Instagram aku (@kamekemeha)

Quote of the day

“Remember that guy who gave up? Neither does anyone else”

-Anonymous-


Thank you note

Thank you Seseorang, Sago Ali Akbar, Adhityaps, Aryo Budisatrio, Melisa, & Seseorang for buying us coffee yesterday!
 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….
Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Aku mau berterima kasih buat Catch Me Up, dan semua orang yang udah berbagi Angel’s Stories kalian. Sejak awal berlangganan sampe detik ini, aku ga pernah skip Angel’s Stories. Entah bagaimana, semua cerita kalian menguatkan, mengingatkan, dan membuatku banyak bersyukur. Gak jarang, aku berkaca-kaca lho bacanya. Apalagi di tengah masa yang begitu banyak berita sedihnya. Cerita-cerita kalian kayak oase yang murni. Makasih banyak ya temen-temen semua. Ayo semangat!
-S-

2. Jadi H+1 idul adha kemarin ibuku masak rendang. Trus kami berbagi ke tetangga yang kurang berkecukupan yang juga lagi makan dan antri beli gas LPG (di tempat kami, beli gas LPG di agen harus antri dan ditunggu) dia kelihatan seneng banget dan rendangnya langsung dibawa pulang buat cucunya. besoknya, dia bilang rendangnya enak banget dan bilang juga bisa buat 3 hari. Dia cerita juga kalau Idul Adha jarang banget dapat daging sapi dan emang ga bisa buat rendang. Aku denger itu rasanya langsung nyeeess.. seneng banget liat ekspresinya dan ikut terharu. Dari ibu itu aku jadi belajar buat liat orang sekitar kita.💚
-Anonymous-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)

 
Advertisement