Friday Pause: I’m yelling timber ūüŹĚÔłŹūüŹĖÔłŹ

133


Hi there!

Yeay, it’s finally Friday again! We know, we know, Friday Pause has been your favorite, so without further ado, please welcome: All the cool memes, and recs, and tips, and just… a sleeping cat. We can’t just ignore the sleeping cat. Enjoy!


For the love of Meme: We can’t spell meme without cat, can we?


Hi there, raise your hand if you’re aaaaaalways exhausted…

Now hands down. 
 
Iya guys, pernah nggak kamu merasa capeeeek terus? Kayak, bangun tidur, capek. Mau kerja, capek. Lagi kerja, capek. Lagi ngumpul *sebelum pandemi yah*, kamu ngerasa nggak ada tenaga untuk¬†socialize,¬†pokoknya capek terus deh. Terus kamu juga nggak tau nih kenapa sering capek. Apa kurang tidur? Kurang makan? Lagi galau? Lagi nggak punya duit? (Bisa jadi yang terakhir sih…) tapi intinya kamu sering banget merasa¬†permanently exhausted¬†dan nggak bertenaga. Nah kalo udah kayak gini, kamu harus tahu, apakah kecapean kamu itu disebabkan oleh ngantuk doang, atau emang capek bgt (fatigue). Menurut para ahli, dua hal ini sering banget ketuker, padahal kondisinya jauh berbeda. Kalo ngantuk, kamu cuma perlu tidur, tapi kalo¬†fatigue,¬†kamu ngerasanya bener-bener nggak bertenaga sepanjang hari, malemnya nggak ngantuk, tapi kamu masih kecapean walaupun udah tidur.
 
Nah, kalo kamu kerap mengalami kondisi¬†fatigue, maka¬†it’s time to talk about it.¬†Karena ternyata,¬†fatigue¬†atau¬†chronic exhaustion¬†itu kondisi yang bisa ngaruh banget sama kondisi fisik dan mentalmu. Namun sebelum kita bahas apa-apa aja yang harus dilakukan, kamu perlu tahu dulu faktor apa aja yang bikin kamu mengalami kondisi¬†fatigue:
  • Kondisi Kesehatan Fisik:¬†Kalo kamu sering kecapean padahal udah cukup tidur dan istirahat,¬†now it’s time to listen to your body.¬†Kecapean melulunya normal nggak? Ada yang berubah nggak dari kondisi fisikmu? Kamu merasa lebih sensitif nggak? Karena bisa jadi, kamu menderita penyakit. Adapun beberapa penyakit yang bisa ngaruh sama kondisi kecapeanmu di antaranya adalah anemia, diabetes,¬†autoimmune disorder, sakit jantung, HIV, penyakit paru-paru, etc. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu kayak¬†anti-depressant, obat tidur, obat anti-anxiety dll juga berpeluang bikin kamu mudah capek. Finally, cek-cek juga apakah kamu: 1. Obesitas, 2. Hamil. Karena keduanya juga bisa bikin kamu gampang capek.
  • Kondisi Kesehatan Mental:¬†Kalau kamu mengalami depresi,¬†anxious, bipolar disorder, ADHD, dll, maka kemungkinan kamu merasa kecapean akan lebih besar. Selain kecapean, merasa nggak ada motivasi dan males ngapa-ngapain juga bisa jadi tanda bahwa ada kondisi tertentu pada kesehatan mental kamu.¬†In this case, we can never stress enough: Seek. For. Help. From. Professionals. Remember, you shouldn’t face this alone.¬†
  • Kondisi lingkungan sekitar:¬†Kecapean juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, misalnya kamu stres di kantor, harus melakukan perjalanan jauh, pola makan yang nggak sehat, merokok, hingga minum alkohol. Nah kalo karena faktor ini, maka yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa tempat tinggalmu nyaman dan mendukung untuk kamu bisa relax, dan pastikan kamu menjalani pola hidup sehat ya!

 Now that you know the causes, here’s what to do: 

  • If it’s related to sleep.¬†Maka kamu perlu mengidentifikasi masalah apa yang bikin kamu nggak bisa tidur. Apakah karena ruanganmu nggak nyaman? Berisik? Banyak pikiran? Nah kalo udah tahu, kamu bisa cari cara untuk mengatasinya. Misalnya, dengan matiin lampu segelap mungkin pas tidur, berusaha tidur di jadwal yang sama setiap malam, menulis jurnal sebelum tidur, sampe meditasi. Pokoknya inget guys,¬†7-8 hours of sleep¬†itu pentiiiing banget,¬†so try to get some, at all cost.¬†
  • If it’s related to your mental health.¬†Kamu nyadar nih, bahwa kecapean kamu itu disebabkan sama berbagai masalah mental, baik itu¬†anxiety, depression, burnout, dll. Nah kalo udah tahu, maka baiknya kamu ketemu psikolog atau psikiater untuk mendapatkan pelayanan maupun intervensi medis. Hal ini karena dalam beberapa kasus, ada juga lho kondisi kesehatan mental yang bikin kamu perlu minum obat. Jadi, emang memeriksakan kesehatan mentalmu sama pentingnya sama periksa fisik guys. Yuk,¬†normalize seeking professional help for your mental health.¬†
  • If it’s related to stressful environment.¬†Banyak hal yang bisa kamu lakukan terkait hal ini. Misalnya, kalo kamu merasa¬†burn out¬†karena WFH terus, kamu bisa mulai bikin batasan yang jelas antara waktu jam kerja dan di luar jam kerja. Caranya, yha kalo bisa sih, gausah buka email atau WhatApp kantor di luar waktu kerja. Kalo memungkinkan kamu juga bisa ngomong sama bos kamu untuk mengurangi beban kerjamu atau menambah personel di tim-mu. Pokoknya, kalo emang penyebabnya stres, kuncinya kamu harus bisa meng-address¬†penyebab stresnya itu sih, gengs.
Terus, kapan waktunya periksa dokter?
Menurut dr. Julia Blank, dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, kamu udah perlu periksa ke dokter kalau¬†chronic fatigue-mu nggak ilang-ilang. Selain itu, kamu juga perlu periksa kalo kamu mengalami berbagai gejala lain kayak sakit dada, napas yang pendek, keringetan di malam hari, hingga turun berat badan yang nggak tau kenapa (padahal kamu nggak diet). Terus kalo misalnya nih, kamu udah tidur cukup, makan sehat, nggak stress, tapi masih gampang capek, nah ini juga kamu udah harus periksa. Hal ini karena kamu harus tahu apa yang terjadi sama tubuhmu, dan hal itu bisa diketahui kalo kamu udah periksa ke dokter.


Now here we are: Weekly quarantips.

Yep from movies, to podcasts, to books, to Youtube, we got everything for your weekend! All you do is dig in…
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast today! Where we talked about¬†PPKM rasa ayam richeese, rektor UI, hingga Ben & Jerry’s.¬†Yep, click¬†here.¬†
  • Haloo aku mau ngerekomendasiin konten Korea nihh! Judulnya¬†How to be Inssa¬†di channel¬†1theK!¬†Jadi “How to be Inssa” ini kontennya boygroup Korea namanya VICTON. Kontennya seru banget, tentang gimana cara jadi Inssa (inssa =¬†insider¬†= orang yang punya banyak temen kalo dari arti slank korea) terutama di masa pandemi!! Ngasitau hal hal apa aja yang bisa kita lakuin sendiri tanpa harus keluar rumah! Kayak masak masak, bikin kue dari bahan instan, melukis pake alat yang beda beda, atau tips bisa ngapain aja pas harus¬†stuck¬†di rumah! Tentunya seru banget apalagi anak VICTON sendiri lucu jadi ga bosen dan dijamin ngakak! Jangan lupa kalau udah nonton, dicek juga ya lagu lagu dari¬†VICTON! Lagunya enak semua,¬†takes you back to a lot of 2nd gen KPOP releases, dan¬†member-nya punya vokal yang luar biasa bagus dan khas banget! Segitu aja dari aku,¬†don’t forget to check out on our boys!!¬†Thank you!!¬†(Twit @toheochan)
  • Kalau aku suka ngikutin¬†variety show¬†Korea¬†2d1n¬†season 4 selama pandemi ini.. Lumayan buat¬†mood booster¬†kamu menjalani hari-hari yang sulit dengan interaksi mereka (mulai dari yang canggung di awal-awal sampai solid seperti sekarang), pemandangan pelosok Korea yang indah, juga makanan Korea yang bisa bikin kamu mupeng mau makan juga.. Mereka tayang tiap hari Minggu di Korea dan update di VIU tiap hari Selasa. Kalau mau nonton, aku saranin dari episode 1 yang season 4-nya, biar lebih nyambung¬†jokes-nya ūüėĀSelamat menonton~ Tetap jaga kesehatan ya guys (emmazhraaa) 
  • Minggu lalu nonton¬†Wish Dragon¬†nya Netflix. Dragonnya macam bapack2 jadul lucu abis, beneran menghibur hari. Cuss. My Twitter (@ardityawahyu) 
  • Haii buat kamu yang suka baca novel, coba deh baca¬†Kitchen-nya Yoshimoto Banana. Tokoh-tokohnya menyiasati rasa sepi dan kehilangan dengan cara yang unik! Cara mendeskripsikan perasaannya juga lembut dan indah.¬†Kitchen¬†ini bakal jadi novel di hati ‚≠ź (@binahonq)¬†(ig) 
  • Aku lagi nonton drama¬†Hospital Playlist, tayang tiap Kamis di Netflix! Dramanya hangat banget, buatku bisa meredakan kekhawatiran karena keadaan pandemi, PPKM, dan lain-lain ini. Hope you enjoy that too!¬†(@shlvss) 
  • Buat yang mau mulai olahraga, aku mau kasih rekomendasi channel YouTuber Indonesia. Jangan Chloe Ting mulu gais. Hihi. Ayo dukung karya anak muda Indonesiaūüíô. Bisa kepoin Eh Olahraga Yuk sama¬†Shiely Venessa.¬†Subscribers-nya belum sejuta, tapi mereka konsisten banget berbagi tentang¬†home workout¬†dan pola hidup sehat yang genah. Kalo yang dari luar, aku suka¬†channel-nya¬†Heather Robertson. Coba temen-temen kepoin, manatau suka jg. Hehe. Yuk mulai olahraga yuk! (-anak rantau-) 
  • I’m interested in fashion and styling. Belakangan ini, aku mencoba eksplor dari video-videonya¬†Lumiere d’Helen. Cowo-cowo bisa nonton¬†Tim Dessaint.¬†Ada¬†fashion essentials,¬†how to’s, sampe¬†minimalist living which are very easy to try out.¬†Happy watching!¬†(From. @sweetsavoriy)

Quote of the day

 

“Don’t let the noise of others’ opinions drown out your own inner voice.”
 
-Steve Jobs- 

Thank you note

No one bought us coffee yesterday :(.

 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. ¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet¬†merchandise¬†eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar¬†referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1.Tanggal 13-14 Juli kemarin gue jadi volunteer admin vaksin yang diadain di gereja gue. Jujur, ada banget rasa takut karena ya.. gue bakal ketemu banyak orang yang gue gak tau kondisi kesehatan mereka gimana. Tapi yaudah, akhirnya dijalani tentunya dengan tetap mengutamakan keselamatan, pake APD lengkap, menjalankan prokes ketat, juga berdoa minta perlindungan sama Tuhan. Puji Tuhan kegiatan vaksin berjalan baik, lancar, dan jujur gue pribadi merasa seneeeng dan puassss banget bisa melayani masyarakat yang vaksin walaupun cuma sebagai admin.¬† Dan superrr rispekkk buat semua nakes di luar sana, yang harus pake APD selama 8 jam nahan lapar, haus, buang air, mukanya lecet, dan resiko tinggi terpapar. Salut banget buat kalian dan terima kasih utk pengorbanannya. Semoga nakes-nakes bisa sehat dan kuat terus, dijauhkan dari resiko terpapar! Amin! ¬†Semoga makin tinggi antusias masyarakat buat divaksin, semoga yang sakit segera pulih, yang sehat tetap sehat, dan semoga Tuhan memberkati segala usaha kita dalam menjaga keselamatan dan kesehatan diri & orang terdekat.¬†Stay safe & healthy guys! Kalo belum vaksin, segera vaksin mumpung gratis. GBU!‚̧
ÔłŹ-S-
 

2. Angel’s story-ku kali ini¬†goes to¬†Bapak Kepala Kantor tempat aku PKL. Jadi di kantorku itu setiap hari Selasa dan Kamis ada rutinitas Zoom doa pagi bersama.¬†Rundown¬†acara secara garis besar ya doa, arahan pekerjaan, dan juga ditutup share screen YouTube untuk karaoke bersama (my fav part! haha). Nah! Terus nih, akhir -akhir ini, rundownnya nambah gais. Bapak Kepala nih sekarang selalu nyiapin jokes berbagai genre, entah tebak-tebakan, pantun atau cerita singkat yang lucu. Pokonya ada aja jokes yang harus disampaikan. Bisa bayangin lah jokes bapak-bapak kadang garingnya kaya apa wkwk. Tapi.. di sini yang bikin aku tersentuh tuh¬†the way he prepared¬†his jokes in every Zoom meeting¬†u,u Bapak Kepala terlihat selalu ingin menebar¬†happy vibes¬†di sekitarnya. Garing kriuk kriuk urusan belakangan. Yang penting sediain jokes dulu buat para pegawai.¬†Positive vibes-nya terbukti nular loh ke aku dan teman-temanku. Dari Bapak Kepala aku belajar untuk yuk sering-sering tebar¬†positive vibes!¬†Siapa tau nular ke orang-orang sekitar apalagi di masa kampret seperti sekarang. Tebar-tebar kebahagiaan gaada salahnya untuk meningkatkan¬†mood¬†bersama. Walau terlihat¬†simple,¬†tapi kalau dilihat dengan lebih¬†aware, that simple thing leads to bigger thing¬†hihi :3

-Inas Nuratika-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)