Corona Updates 5 Juli 2021

27

Yep, your weekly covid19 updates is here. Here.

Hi there. Yep, it’s all your catch up! with Covid-19 for the week, as simple as possible. Now, let’s start from…
Home.
  • Per kemarin, 4 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 2.256.851 kasus, dengan kasus aktif 281.677, angka sembuh 1.915.147, dan kasus meninggal 60.027.
  • Sedih deh guys. Kemarin, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menyebut bahwa ada 1.934 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terinfeksi covid-19 selama pandemi ini mewabah di Indonesia dalam 16 bulan terakhir 🙁
  • Dalam kunjungannya ke kegiatan vaksinasi ke Gelora Bung Karno (GBK) kemarin, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyampaikan apresiasinya terhadap para tenaga kesehatan yang udah membantu pelaksanaan vaksinasi sejauh ini. Menurutnya, para nakes udah berjuang keras untuk kemanusiaan.
  • Sabtu kemarin, bertepatan sama hari pertama penerapan kebijakan PPKM darurat, seorang lurah di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, menggelar hajatan pernikahan. Menanggapi hal ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok bilang bahwa mereka bakal memeriksa lebih lanjut kejadian itu. Uhmmm Depok.
     
  • Guys, if you live in Jakarta, chances are, kamu makin sering denger sirene ambulans lewat di sekitaran rumahmu. Kenapa? Karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat lonjakan jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19 ternyata udah mencapai rekor tertinggi pada hari Minggu lalu dengan 555 jenazah Covid-19 yang dimakamkan dalam sehari.
  • Memasuki masa PPKM darurat saat ini, masyarakat udah kembali panic buying lagi nih, dalam pembelian barang-barang pokok. Terkait praktek ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) ngingetin fatwa haram bagi masyarakat yang sengaja memborong berbagai kebutuhan pokok kayak masker, tabung oksigen, obat-obatan, termasuk vitamin, dll.
  • Seiring dengan melonjaknya kasus, maka kebutuhan akan oksigen juga makin meningkat ni berbagai daerah. Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, sebanyak 63 pasien dikabarkan meninggal over the weekend kemarin, dan 33 orang di antaranya disebabkan oleh oksigen yang udah habis.
  • Again, not so good news for you yang tinggal di JKT, karena weekend kemarin, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama bilang bahwa estimasi kasus Covid-19 di Ibu Kota sebenernya empat kali lebih besar dari angka kasus yang terkonfirmasi saat ini. Menurut Ngabila, saat ini kasus terkonfirmasi di Jakarta baru 500.000-an kasus, jadi yha estimasi sebenernya udah ada sekitar 2 juta atau 3 juta kasus, dan itu artinya udah 20-30 persen penduduk. Whoaaa…
  • Seiring dengan berlakukanya kebijakan PPKM Darurat di Indonesia, maka Warga Negara Asing (WNA) yang mau masuk ke tanah air wajib mengantongi kartu/bukti vaksinasi Covid-19 mulai 6 Juli 2021 nanti. Hal ini disampein sama Juri Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi. Tapii, diplomat dan menteri negara lain gak berlaku nih gengs kebijakan ini.
 
Meanawhile, internationally…
  • Per 4 Juli 2021 kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 185.505.842 kasus dan 3.971.956 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.713.912 kasus), India (30.545.433 kasus), Brazil (18.742.025 kasus), Prancis (5.845.622 kasus), dan posisi kelima yang biasa ditempatin sama Turki, sekarang diduduki oleh Rusia (5.544.199 kasus).
  • Kamis kemarin, perusahaan pembuat vaksin Johnson & Johnson menyatakan bahwa vaksin buatan mereka bisa tahan sampe delapan bulan proteksinya dan ampuh ngelawan varian Delta. Yang menarik dari vaksin ini guys, dosis cukup sekali suntik aja.
  • Di Brasil, ribuan warga melancarkan aksi protes terhadap Presiden Jair Bolsonaro karena doi diduga melakukan korupsi terhadap dana pengadaan vaksin. Bolsonaro sendiri saat ini lagi diperiksa sama pengadilan di sana terkait kemungkinan korupsi ini.
  • Gelombang panas aka heat wave yang melanda Amerika Serikat dan Kanada saat ini dikhawatirkan bisa kembali membawa masalah baru dalam penanganan Covid-19 di wilayah tersebut. Pasalnya, pasien-pasien yang terpapar panas menunjukkan gejala covid yang makin parah, karena tubuh mereka makin gak fit.
  • Afrika Selatan baru aja memberlakukan lockdown ketat selama dua minggu setelah varian Delta menyebabkan peningkatan tajam atas kasus covid-19 di sana. Dengan aturan lockdown ini, maka warga nggak boleh ngumpul-ngumpul kecuali untuk pemakaman, dan jam malam dari jam 9-4 pagi mulai berlaku.
  • Gak cuma di Afrika Selatan, saat ini empat wilayah di Australia juga lagi memberlakukan lockdown wilayah. Awalnya, kebijakan ini hanya diberlakukan di Sydney dan Darwin, namun selanjutnya, Perth dan Brisbane juga lagi ikutan.
  • Amerika Serikat yang hari ini blowing candles (Happy 4th of July waktu sana!) juga baru aja memberlakukan lagi nih kebijakan menggunakan masker di tempat umum. Yhaa nggak di semua negara bagian sih, tapi beberapa aja, salah satunya di Los Angeles, California. Warga masih diminta untuk pake masker kalo indoor, karena emang varian Delta ini semakin concerning banget.
  • Masih dari California, ternyata di Kebun Binatang San Diego, gak cuma manusia aja guys yang bisa divaksin. Beberapa binatangnya yaitu harimau, musang, dan beruangnya juga divaksin menggunakan vaksin eksperimental untuk melindungi mereka dari paparan virus Covid-19 varian apapun.