Corona Updates 26 Juli 2021, Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Warga Turun ke Jalan Tuntut PM Malaysia Mundur Dari Jabatannya, Pria Lebih Banyak Menghasilkan Emisi Gas Daripada Wanita

66

Good morning,

Hello there. Yep, today we’re officially under another Level 4 PPKM, with some alterations. For example, if your quarantine hair is already too long, you can now hit the closest asgar hairdresser to get ’em trimmed. And if you’re into the Olympics and want to channel your inner ambi, you can try ordering and eating food from your favorite outdoor restaurant, all within 20 minutes. Good luck.


Hi, it’s the covid-19 weekly updates again.

We’ve rounded up all the important informations from home and abroad, so you don’t have to. Now, let’s start with…
 
Home.
  • Per kemarin, 25 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.127.826 kasus, dengan kasus aktif 574.135, angka sembuh 2.471.678, dan kasus meninggal 82.013.
  • Provinsi dengan kasus covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (786.882 kasus), Jawa Barat (563.768 kasus), Jawa Tengah (348.675 kasus), Jawa Timur (273.337 kasus), dan Kalimantan Timur (105.169 kasus).
  • Sejauh ini, penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 44.469.974 dan vaksinasi kedua adalah 17.906.504. Meanwhile, target vaksinasi di tanah air adalah sebanyak 208,2 juta penduduk. Yuk gassss yuk…
  • Buat kamu yang semalem tidur cepet, ni guys update soal PPKM level 4: PPKM-nya diperpanjang sampe 2 Agustus 2021. Meski begitu, dalam pelaksanaannya bakal ada beberapa penyesuaian, misalnya pasar teteup boleh buka dengan kapasitas 50%, terus pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain juga boleh buka sampe jam 9 malem.
  • Meanwhile, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan yang punya lokasi di ruangan terbuka boleh buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampe jam 8 malam. Terus, waktu makan untuk setiap pengunjung adalah 20 menit. Yak, dimulai… dari… sekarang!
  • Adapun untuk teknis pelaksanaan dari PPKM level 4 ini bakal diatur oleh menteri terkait dan pemda. Selain itu. pemerintah juga bakal meningkatkan jumlah bantuan sosial buat masyarakat yang terdampak.
  • Now, let’s talk about… selebgram Aceh baru aja jadi tersangka karena menyebabkan kerumunan di tengah pandemi. Jadi awalnya, selebgram Herlin Kenza ini diundang sama Toko Wulan Kokula buat dateng ke gerainya buat endorse baju. Nah, dari sini deh penggemarnya pada dateng dan menimbulkan kerumunan. Herlin dan pemilik toko kemudian jadi tersangka pelanggaran UU Karantina Kesehatan, meskipun doi nggak ditahan polisi.
  • Kemarin, Pemerintah Daerah Sumatera Selatan baru aja ngirimin 85 ton tangki oksigen ke Jawa Barat yang tengah mengalami kelangkaan oksigen. Gubernur Sumsel Herman Daru bilang, oksigen ini dikasiin untuk memenuhi kebutuhan Jabar yang lagi kekurangan oksigen. Doi juga berharap supaya daerah lain yang kelebihan stok oksigen dapat melakukan hal serupa.
  • Dari Sumsel kita ke Bangka Belitung, di mana RS Jiwa Daerah (RSJD) Bangka Belitung minggu lalu baru aja memvaksin 30 orang pasiennya setelah ditemukan 8 kasus positif di sana. Dari sebanyak total 50 pasien, 20 lainnya gak divaksin karena gak dapet persetujuan dari pihak keluarga.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 193.745.532 kasus dan 4.152.727 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (34.430.608 kasus), India (31.371.901 kasus), Brazil (19.670.534 kasus), Prancis (6.041.146 kasus), dan Rusia (6.025.698 kasus).
  • Baru aja awal bulan kemarin hepi-hepi karena kasus menurun dan udah nggak wajib pake masker, kini warga di beberapa negara bagian di Amerika Serikat udah diharuskan untuk pake masker setelah angka kasus covid-19 kembali melonjak. Sepanjang minggu lalu, kasus covid di sana naik sampe 55%, jadi rata-rata 37.000 kasus. FYI guys, kewajiban untuk pake masker lagi ini berlaku buat berbagai kegiatan indoor dan buat warga meskipun udah divaksin.
  • Menjelang musim baru Liga Inggris yang akan berlangsung pada 13 Agustus mendatang, pihak panitia mengatur bahwa para pemain yang mau berlaga di EPL wajib udah divaksin. Selain itu, para supporter yang mau nonton langsung pertandingan juga harus udah divaksin dua kali guys.
  • Over the weekend kemarin, sekitar 160ribu warga Prancis turun ke jalan buat memprotes kebijakan barunya pemerintah terkait Covid-19. Jadi dalam kebijakan tersebut, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatur bahwa orang yang nggak divaksin bakal punya akses yang sangat terbatas untuk memasuki tempat-tempat publik hingga restoran. Kebijakan ini dinilai para pemrotes sebagai upaya untuk membatasi hak kebebasan mereka.
  • Haduuu lagi pandemi gini ada-ada aja deh. Jadi minggu lalu guys, para anggota parlemen aka DPR di Uganda baru aja dapet duit sebesar total US$ 30Juta buat beli mobil baru. Hal ini tentunya menyulut kemarahan dan protes warga secara negaranya miskin dan lagi berjuang untuk mengatasi pandemi covid-19. FYI, jumlah anggota parlemen di sana ada 529 orang, dan masing-masing dapet duit sebesar US$56,500 untuk beli mobil baru.
  • Mulai Jumat kemarin, ibu kota Vietnam, Hanoi baru aja memberlakukan lockdown selama 15 hari demi membendung penyebaran virus covid19. Kebijakan ini melarang kumpul-kumpul lebih dari dua orang, serta hanya kantor pemerintahan, rumah sakit, dan bisnis esensial yang boleh tetep buka.

Who’s saying “the show must go on”?

Tokyo Olympics. 
Yes guys, setelah ditunda setahun, pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya digelar per Jumat kemarin di Tokyo, Jepang dengan tema “United by Emotion”. 
 
Tell me more.
OK. Jadi tema tersebut diharapkan bisa menjadi tema pemersatu dunia untuk sama-sama bangkit dan gembira di tengah pandemi covid-19. FYI, Olimpiade kali ini digelar tanpa penonton, tapi ada sekitar 10.000 tamu undangan kayak diplomat, pihak sponsor, dan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).
 
I see, berapa negara yang ikutan? 
In total, ada 205 National Olympic Committees, ditambah IOC Refugee Olympic Team (EOR).  Terus ada, 42 lokasi pertandingan untuk seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun lombanya sendiri terdiri dari 33 cabang olahraga dan 32 International Federations. Terus jumlah atletnya ada sekitar 11.000 orang, dan 29 di antaranya mewakili IOC Refugee Team. 
 
What’s that? 
Tim Atlet Pengungsi gengs. Mereka terdiri dari 29 atlet yang berasal dari 11 negara dan mereka latihan di 13 negara yang berbeda. FYI, tim ini dicetuskan oleh IOC sejak tahun 2015 untuk mengirim pesan harapan dan inklusivitas ke jutaan pengungsi yang ada di seluruh dunia.  Ada 10 atlet yang tergabung dalam tim pertamanya untuk bertanding pada Olimpiade Rio de Janeiro di tahun 2016.  Nah, di tahun ini, ada 29 atlet yang terdiri dari atlet asal Suriah, DR Kongo, Sudan Selatan, Eritrea, Venezuela, Iran, Afghanistan dan Kamerun. Mereka bakal ikutan 12 cabang olahraga including atletik, badminton, tinju dan karate.
 
I see, how about Indonesia? 
Indonesia mengirim 28 atlet yang akan bertanding di delapan cabang olahraga, which includes atletik, panahan, rowing (dayung), menembak, bulutangkis, angkat besi, renang dan selancar. FYI, Indonesia paling banyak menurunkan atlet di cabang olah raga bulu tangkis, yaitu 11 orang. Here are their names
 
Ok, any updates so far? 
Yes. Per kemarin, Indonesia berhasil meraih satu medali perak dan perunggu, both dari cabang olahraga angkat besi. Windy Cantika Aisah adalah atlet muda angkat besi perempuan Indonesia yang meraih medali perunggu. FYI, ini kali pertamanya Windy ikut bertanding di Olimpiade, dan doi masih berumur 19 tahun (clap, clap!!).
 
How about the silver medal? 
Medali peraknya didapatkan dari lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan. Yep, kamu pasti udah sering denger namanya ni guys, karena doi udah empat kali memenangkan medali Olimpiade! Eko juga jadi satu-satunya atlet Indonesia dengan raihan medali terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade, yakni dua perunggu dan dua perak. FYI, di Olimpiade keempatnya kali ini, Eko sebenernya nargetin untuk dapet emas, karena itulah doi kemudian meminta maaf kepada masyarakat Indonesia melalui akun Instagram-nya.
 
GPP banget cui…
Of course. Terus selain dari cabang angkat besi, kabar gembira juga datang dari atlet badminton dan surfing yang berhasil lolos ke babak selanjutnya. FYI guys, so far, negara dengan perolehan medali terbanyak adalah China (11), Amerika Serikat (10), Russia (7), Jepang (6) dan Korea Selatan (5).
 
I see, anything else? 
FYI, ada lima cabang olahraga baru yang masuk dalam Olimpiade kali ini, which includes karate, skateboarding, sport climbing, softball/baseball, and surfing. Dengan adanya cabor baru ini, pertandingan di Tokyo lebih ‘youthful’ dan urban juga. Selain itu, ada update protokol kesehatan Olimpiade, di mana para atlet pemenang boleh buka masker selama 30 detik saat foto bersama di podium.
 
Say Cheese!

When things are heating up in Malaysia…

Iya ni guys, Malaysia lagi panas nih.
Karena Sabtu kemarin, banyak warga yang turun ke jalan protokol di Malaysia untuk menuntut Perdana Menteri Muhyiddin Yassin agar mundur dari jabatannya.
 
HAH bukannya di sana lagi lockdown ya?
Iya, aksi protesnya juga sehubungan sama lockdown. Jadi gini, sejak awal Juni lalu, Malaysia emang udah memberlakukan lockdown secara nasional demi menekan angka penularan covid-19 di sana. Namun meskipun udah menerapkan lockdown total selama hampir sebulan, ternyata kasus covid-19 di sana tetap aja tinggi. For example, per Sabtu kemarin aja ada penambahan kasus positif sebanyak 15.902 dalam sehari, dan total kasus covid-19 di sana menjadi 996.393 kasus. That’s why muncullah kelompok masyarakat yang menuntut supaya Perdana Menteri mundur karena dianggap gagal menangani pandemi covid-19.
 
Go on… 
Terus warga juga melakukan konvoi mobil di beberapa kota di Malaysia, kayak Kuala Lumpur, Johor, Kedah, Melaka, Penang, Pahang, Sabah, Kucing, Sarawak, Perak, dan Selangor pada Sabtu siang kemarin. Nah, di KL sendiri, ada 10 mobil yang konvoi selama satu jam di beberapa titik di ibu kota.
 
Only 10 cars? 
Iya yang di KL hanya 10 aja gengs. Terus, mobilnya juga cuma ada satu penumpang yang sambil mengibarkan bendera hitam dan klakson.  Menurut keterangan dari Sekretariat Solidariti Rakyat (SSR) yang menggelar aksi ini, pihaknya emang nggak menargetkan banyak mobil karena aksinya masih “pemanasan” aja. Adapun aksi puncaknya bakal dilaksanakan pada tanggal 31 Juli nanti di berbagai kota di Malaysia.
 
I see…
Yep, jadi pas jadwalnya nanti, SSR mengundang seluruh masyarakat untuk ikutan aksi puncak yang berjudul “#Lawan” yang akan digelar pada Sabtu (31/7) jam tiga sore waktu sana. Dalam aksi tersebut, warga akan tetap mendesak agar Muhyiddin beserta seluruh kabinetnya untuk mundur dan menerapkan moratorium otomatis atas pinjaman bank kepada seluruh debitur.
 
Any responses from the govt? 
Yep.  Pimpinan Kepolisian Malaysia memperingatkan bahwa mereka akan memberikan tindakan tegas bagi peserta konvoi. Menurut polisi, aturan pembatasan pergerakan (movement control order/MCO) masih berlaku, sehingga masih nggak boleh ada pertemuan publik.
 
OK…
FYI, selain memperpanjang masa lockdown, Pemerintah Malaysia juga memperpanjang paket stimulus ekonomi yang dinamakan Pemulih (paket perlindungan rakyat dan pemulihan ekonomi) senilai 150 miliar Ringgit (Rp 523,7 triliun).  Paket tersebut bertujuan untuk membantu warga yang mengalami kesulitan keuangan gara-gara pandemi dan penerapan lockdown total. Meanwhile, lockdown diterapkan tanpa ‘batas waktu’, di mana pelonggaran baru akan dilakukan jika kasus baru harian turun di bawah 4.000 kasus, dan masyarakat yang divaksin sudah mencapai 10 persen.
 
OMG. Anything else?
Well, penambahan kasus covid-19 yang tinggi dan warga yang nggak puas dengan pemerintahnya bikin Muhyiddin makin pusing ni guys. Pasalnya saat ini, doi juga lagi menghadapi gejolak politik di mana UMNO, sebagai partai politik terbesar di Malaysia baru aja menarik dukungan untuk dirinya. Mereka juga meminta doi mundur karena dibilang gagal memimpin negara kala pandemi. Terus hari ini, parlemen Malaysia bakal kembali dibuka setelah semua kegiatan ditunda dalam enam bulan terakhir, so everybody was like, “Bakal ada drama politik apalagi niii” and finally, akhir-akhir ini juga muncul gerakan mengibarkan bendera putih karena warga udah nggak kuat lagi sama lockdown.

Who’s causing moooore carbon footprints?

Men.
No joke guys, hasil penelitian yang dilakukan sama lembaga riset di Swedia, namanya Ecoloop menemukan bahwa cowok lebih banyak menghasilkan jejak karbon atau emisi gas yang menyebabkan terjadinya pemanasan global dibanding cewek. Kenapa? Karena kebanyakan cowok suka dua hal yang menghasilkan emisi tinggi: daging merah dan mobil. Jadi dalam penelitiannya, Ecoloop menganalisa pola konsumsi dan pengeluaran cowok dan cewek single di Swedia pada tahun 2012 (ini data terbaru yang mereka punya). Adapun beberapa hal yang dijadikan tolak ukur adalah konsumsi makanan, pengeluaran rumah tangga, furnitur, kebiasaan liburan, hingga bensin. Hasilnya, ditemukan bahwa cowok menghasilkan 16% lebih banyak emisi gas dibandingkan cewek.
 
Para peneliti juga menjelaskan beberapa alasan terhadap kecenderungan ini. Jadi ditemukan bahwa meskipun jumlah uang yang dikeluarkan hampir sama, namun cewek lebih banyak menggunakan uangnya untuk hal-hal yang emisinya lebih rendah, seperti layanan kesehatan, furnitur, dan pakaian. Sedangkan cowok menggunakan 70% uangnya untuk hal-hal yang lebih banyak menghasilkan emisi gas, kayak bensin dan mam daging merah. Cowok juga lebih suka liburan sambil bawa mobil sendiri, dibandingin cewek yang lebih suka naik kereta. Nah guys, dengan adanya hasil studi ini, diharapkan pemerintah bisa bikin kebijakan terhadap lingkungan yang lebih gender-centric, misalnya, mengkampanyekan kepada cowok-cowok supaya lebih sering naik kendaraan umum daripada bawa mobil sendiri.

“Jokowi end game”
 
Adalah tajuk aksi demo menolak PPKM yang over the weekend kemarin ramee banget di media sosial. Dalam poster yang disebar, disebutkan bahwa aksi demo bakal berupa long march dari Glodok ke Istana Merdeka, tapi pas dipantau ternyata demonya nggak ada gengs. Terkait aksi hoaks ini, polisi bilang bahwa mereka bakal segera mengusut pelakunya.
 
Now singing: Big reputation, big reputation, ooh you and me we got big reputations…

Announcement


Thanks to Prast AN, seseorang & Niwa Dwitama (stay safe in Geneva?!) for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….
Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Catch Me Up! recommendations

To get you into the Olympic spirit, check out these awesome photos, directly from Tokyo. 

Angel’s Stories

1. Jadi kemarin aku sempet cape banget kuliah karna tugas banyak, temen sekelompok ngeselin, urusan rumah lagi ribet. TAPII, tiba-tiba ada notif gitu dari dosenku. Beliau ngechat di grup kalo udah ngasih feedback tugas yang udah disubmit. Terus aku iseng aja ngecek, eh ternyata dosenku tuh seniattt itu nge-feedback-nya kaya dia bikin file buat setiap kelompok dan ditanggepin satu2 salahnya di mana dan dia ss satu-satu terus dikasih solusi masing-masing. Aku amazed banget sama dosenku dan entah kenapa jadi bikin aku semangat lagi kaya, “Dosennya aja semangat masa mahasiswanya engga.” Aaahh makasih ya pak, sehat selalu!!😍😍😍
-Sr-
 
2. Semalem gue lagi mau ngisi bensin motor ortu. Tiba-tiba di tengah jalan motornya mati, kayak keabisan bensin. Padahal jarumnya masih 1 strip lebih dikit di atas merah. Pas gue cek tangki udh gaada suara bensin didalem jadi terpaksa harus nuntun, padahal SPBU nya msh sekitar 1 kiloan lagi. Pas baru nuntun sekitar 100 meter tiba-tiba ada bapak-bapak nyamperin gue trus nanya, “motornya kenapa, Mas?” Gue bilang, “bensinnya abis, Pak”. Trus dia menawarkan bantuan buat dorong motor gue sampe jalan gede, kayaknya sih dia mau ke depan juga, kebetulan searah sama SPBU. Karena bapak ini gue jadi ga terlalu capek nuntun motor. Kalo gaada dia udah capek banget pasti pas sampe SPBU. Terima kasih banyak ya Pak atas bantuannya. Semoga bapak sekeluarga diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah terutama di masa pandemi ini….
-Kutuskutus-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)