Corona Updates 12 Juli 2021

20

Here’s your weekly Covid-19 updates…

Monday is for the weekly bites of covid updates. Here we go.
 
From home. 
  • Per kemarin, 11 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 2.491.006 kasus, dengan kasus aktif 373.440, angka sembuh 2.052.109, dan kasus meninggal 65.457.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (649.302 kasus), Jawa Barat (445.306 kasus), Jawa Tengah (288.966 kasus), Jawa Timur (191.942 kasus), dan Kalimantan Timur (84.813 kasus).
  • Setelah berjalan seminggu kemarin, ada aturan PPKM Darurat yang diubah nih gengs. Tadinya resepsi pernikahan boleh digelar tapi tamunya maksimal 30 orang, sekarang direvisi jadi sama sekali gak diperbolehkan. Selain itu, pemerintah juga menetapkan bahwa rumah ibadah nggak ditutup, cuma warga diminta untuk nggak melakukan kegiatan ibadah yang menimbulkan keramaian atau berjamaah dilarang untuk digelar.
  • Good news from the vaccination program, baru aja nih Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bilang bahwa stok vaksin buat 181,5 juta target penduduk Indonesia tahun ini udah bisa dijamin stoknya. Beliau menyebut, tahun ini bakal ada total 441 juta dosis vaksin yang masuk ke Indonesia, dan angka ini udah cukup banget karena untuk memvaksin 181,5 juta warga tadi, dibutuhkan sebanyak 361 juta dosis suntikan vaksin. Tapi teteup aja guys, perkembangannya bisa berubah.
  • Buat kamu yang masih ngantor padahal nggak masuk sektor esensial, quick, show your boss this update: Satgas PPKM Darurat di Polda Jawa Tengah baru aja menetapkan 70 orang sebagai tersangka terkait pelanggaran PPKM Darurat. Hal ini karena kantornya masih minta karyawannya masuk, padahal termasuk sektor non-esensial. FYI guys, WFO. 70 orang ini adalah pimpinan dari 34 perusahaan yang ketahuan pas penyidakan kemaren dan sekarang udah disegel tutup sementara.
  • Demi menghindari penyebaran virus varian delta yang kian masif, Pemprov Sumatera Utara akhirnya memutuskan untuk memberlakukan aturan PPKM darurat di Kota Medan. Menurut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, aturan ini bakal berlaku hingga 20 Juli mendatang, dan akan ada penyekatan di beberapa akses menuju dan dari Medan.
  • Guys, if you have nakes friends/family, plz support them all u can (send foods, send encouraging words??) karena Sabtu kemarin, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melaporkan bahwa mayoritas tenaga kesehatan (nakes) di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan lagi mengalami beban mental yang dipicu oleh lonjakan kasus Covid-19. Sejauh ini disebutkan juga bahwa ada sekitar 15 ribu nakes yang udah terkonfirmasi positif Covid-19 di berbagai rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta.
  • Seiring dengan langkanya tabung oksigen di Indonesia, pemerintah Singapura akhirnya ngirimin bantuan ni gengs. Negara tetangga ini bakal mengirim tabung oksigen yang rencananya bakal tiba di Tanjung Priok tanggal 14 Juli nanti.
  • Kemarin, Indonesia kedatangan 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat gengs. Rencananya, vaksin ini mayoritasnya bakal digunakan untuk booster vaksin ketiga buat para nakes.
 And from abroad…
  • Per 11 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 186.473.184 kasus dan 4.025.126 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.847.748 kasus), India (30.837.222 kasus), Brazil (19.069.003 kasus), Prancis (5.870.622 kasus), dan posisi kelima yang biasa ditempatin sama Turki, sekarang diduduki oleh Rusia (5.544.199 kasus).
  • Guys, per minggu kemarin, angka kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia udah mencapai lebih dari empat juta :(. Terkait perkembangan ini, Sekjen PBB Antonio Guterres kemudian menyerukan supaya Global Vaccine Plan segera meningkatkan produksi vaksinnya jadi dua kali lipat dan memastikan berjalannya distribusi yang adil.
  • Baru aja buka dua minggu, nightclub dan restoran di Belanda udah harus tutup lagi gengs. Kebijakan ini diambil seiring dengan bertambahnya angka Covid-19, khususnya varian delta yang mayoritas ditemukan di klub malam dan restoran yang penuh dan nggak memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan aturan ini, maka klub malam dan resto di sana harus tutup dari tengah malam sampe jam 6 pagi.
  • Jumat lalu, ibu kota Korea Selatan Seoul juga baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal memberlakukan lockdown wilayah demi menghindari penyebaran virus covid-19 varian delta. Dengan aturan ini, maka warga nggak boleh ngumpul lebih dari dua orang, event publik bakal dilarang, dan upacara pernikahan atau pemakaman cuma boleh dihadiri sama keluarga aja.
  • Kabar gembira dari Uni Eropa, karena Sabtu lalu, pimpinan UE Ursula von der Leyen menyampaikan bahwa target wilayahnya untuk ngevaksin 70% penduduk by this summer udah tercapai. Meski begitu, der Leyen teteup meminta negara-negara EU supaya nggak kendor dan teteup menggalakkan vaksinasi, sehubungan dengan munculnya varian baru.
  • Sabtu kemaren, tingkat kematian harian akibat Covid di Rusia mecahin all time high record yaitu di angka 752 kasus. Rusia saat ini emang lagi menghadapi third wave guys, seiring dengan munculnya varian delta dan program vaksinasi yang lambat.
  • While battling their own battle, Rusia juga berencana untuk ngirim bantuan ke Myanmar berupa dua juta dosis vaksin. Dalam keterangannya di tv pemerintah militer, pemimpin kudeta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing bilang bahwa doi udah telponan sama militer Rusia untuk minta vaksin dan permintaannya udah di-acc.
  • Per Hari Minggu kemarin, Uni Emirat Arab (UEA) memasukkan Indonesia ke daftar negara-negara yang warganya nggak boleh masuk ke UEA. Hal ini tentunya seiring dengan tengah meningkatnya kasus covid-19 dalam negeri. Selain Indonesia, warga Afghanistan juga mengalami larangan yang sama.