Corona Updates 12 Juli 2021, Gelombang Panas di Amerika Utara Menelan Ratusan Korban, Vaksin Covid-19 Individu Dapat Dibeli di 8 Cabang Kimia Farma, Angka Pernikahan Meningkat di Amerika Serikat

43

Good morning!

Yep, another week or PPKM Darurat now. And, to set a positive tone, you can always start your WFH day with some meditation, gratitude journaling, and some black, strong coffee. Now if you’re ready, scroll down…


Here’s your weekly Covid-19 updates…

Monday is for the weekly bites of covid updates. Here we go.
 
From home. 
  • Per kemarin, 11 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 2.491.006 kasus, dengan kasus aktif 373.440, angka sembuh 2.052.109, dan kasus meninggal 65.457.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (649.302 kasus), Jawa Barat (445.306 kasus), Jawa Tengah (288.966 kasus), Jawa Timur (191.942 kasus), dan Kalimantan Timur (84.813 kasus).
  • Setelah berjalan seminggu kemarin, ada aturan PPKM Darurat yang diubah nih gengs. Tadinya resepsi pernikahan boleh digelar tapi tamunya maksimal 30 orang, sekarang direvisi jadi sama sekali gak diperbolehkan. Selain itu, pemerintah juga menetapkan bahwa rumah ibadah nggak ditutup, cuma warga diminta untuk nggak melakukan kegiatan ibadah yang menimbulkan keramaian atau berjamaah dilarang untuk digelar.
  • Good news from the vaccination program, baru aja nih Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bilang bahwa stok vaksin buat 181,5 juta target penduduk Indonesia tahun ini udah bisa dijamin stoknya. Beliau menyebut, tahun ini bakal ada total 441 juta dosis vaksin yang masuk ke Indonesia, dan angka ini udah cukup banget karena untuk memvaksin 181,5 juta warga tadi, dibutuhkan sebanyak 361 juta dosis suntikan vaksin. Tapi teteup aja guys, perkembangannya bisa berubah.
  • Buat kamu yang masih ngantor padahal nggak masuk sektor esensial, quick, show your boss this update: Satgas PPKM Darurat di Polda Jawa Tengah baru aja menetapkan 70 orang sebagai tersangka terkait pelanggaran PPKM Darurat. Hal ini karena kantornya masih minta karyawannya masuk, padahal termasuk sektor non-esensial. FYI guys, WFO. 70 orang ini adalah pimpinan dari 34 perusahaan yang ketahuan pas penyidakan kemaren dan sekarang udah disegel tutup sementara.
  • Demi menghindari penyebaran virus varian delta yang kian masif, Pemprov Sumatera Utara akhirnya memutuskan untuk memberlakukan aturan PPKM darurat di Kota Medan. Menurut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, aturan ini bakal berlaku hingga 20 Juli mendatang, dan akan ada penyekatan di beberapa akses menuju dan dari Medan.
  • Guys, if you have nakes friends/family, plz support them all u can (send foods, send encouraging words??) karena Sabtu kemarin, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) melaporkan bahwa mayoritas tenaga kesehatan (nakes) di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan lagi mengalami beban mental yang dipicu oleh lonjakan kasus Covid-19. Sejauh ini disebutkan juga bahwa ada sekitar 15 ribu nakes yang udah terkonfirmasi positif Covid-19 di berbagai rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta.
  • Seiring dengan langkanya tabung oksigen di Indonesia, pemerintah Singapura akhirnya ngirimin bantuan ni gengs. Negara tetangga ini bakal mengirim tabung oksigen yang rencananya bakal tiba di Tanjung Priok tanggal 14 Juli nanti.
  • Kemarin, Indonesia kedatangan 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat gengs. Rencananya, vaksin ini mayoritasnya bakal digunakan untuk booster vaksin ketiga buat para nakes.
 And from abroad…
  • Per 11 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 186.473.184 kasus dan 4.025.126 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.847.748 kasus), India (30.837.222 kasus), Brazil (19.069.003 kasus), Prancis (5.870.622 kasus), dan posisi kelima yang biasa ditempatin sama Turki, sekarang diduduki oleh Rusia (5.544.199 kasus).
  • Guys, per minggu kemarin, angka kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia udah mencapai lebih dari empat juta :(. Terkait perkembangan ini, Sekjen PBB Antonio Guterres kemudian menyerukan supaya Global Vaccine Plan segera meningkatkan produksi vaksinnya jadi dua kali lipat dan memastikan berjalannya distribusi yang adil.
  • Baru aja buka dua minggu, nightclub dan restoran di Belanda udah harus tutup lagi gengs. Kebijakan ini diambil seiring dengan bertambahnya angka Covid-19, khususnya varian delta yang mayoritas ditemukan di klub malam dan restoran yang penuh dan nggak memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan aturan ini, maka klub malam dan resto di sana harus tutup dari tengah malam sampe jam 6 pagi.
  • Jumat lalu, ibu kota Korea Selatan Seoul juga baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal memberlakukan lockdown wilayah demi menghindari penyebaran virus covid-19 varian delta. Dengan aturan ini, maka warga nggak boleh ngumpul lebih dari dua orang, event publik bakal dilarang, dan upacara pernikahan atau pemakaman cuma boleh dihadiri sama keluarga aja.
  • Kabar gembira dari Uni Eropa, karena Sabtu lalu, pimpinan UE Ursula von der Leyen menyampaikan bahwa target wilayahnya untuk ngevaksin 70% penduduk by this summer udah tercapai. Meski begitu, der Leyen teteup meminta negara-negara EU supaya nggak kendor dan teteup menggalakkan vaksinasi, sehubungan dengan munculnya varian baru.
  • Sabtu kemaren, tingkat kematian harian akibat Covid di Rusia mecahin all time high record yaitu di angka 752 kasus. Rusia saat ini emang lagi menghadapi third wave guys, seiring dengan munculnya varian delta dan program vaksinasi yang lambat.
  • While battling their own battle, Rusia juga berencana untuk ngirim bantuan ke Myanmar berupa dua juta dosis vaksin. Dalam keterangannya di tv pemerintah militer, pemimpin kudeta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing bilang bahwa doi udah telponan sama militer Rusia untuk minta vaksin dan permintaannya udah di-acc.
  • Per Hari Minggu kemarin, Uni Emirat Arab (UEA) memasukkan Indonesia ke daftar negara-negara yang warganya nggak boleh masuk ke UEA. Hal ini tentunya seiring dengan tengah meningkatnya kasus covid-19 dalam negeri. Selain Indonesia, warga Afghanistan juga mengalami larangan yang sama.

What’s getting more concerning?

Gelombang panas di Amerika Utara.
Aduh iya ni guys. Thanks to global warming, bencana gelombang panas yang tengah melanda Amerika Utara (AS dan Kanada) lagi parah banget dan udah menelan ratusan korban.
 
WOW gimana tu kok bisa?
Iya, jadi emang sejak minggu lalu, beberapa wilayah di kedua negara tadi lagi dilanda gelombang panas yang paling panas dalam 1000 tahun terakhir. You can check more on the details here. Nah today, we’re gonna zoom in to British Columbia, Canada, yang sejauh ini udah mengalami 719 kematian akibat gelombang panas, dan kematian atas milyaran hewan.
 
Hewan?
Yep. Jadi kemaren banget guys, pantai di sepanjang BC dipenuhi oleh kerang yang mati gara-gara kepanasan. Selain kerang, remis dan bintang laut juga banyak yang mati, Menurut marine biologist Christopher Harley, hewan-hewan ini mati karena mereka nggak bisa bertahan di temperatur sepanas 100 derajat Fahrenheit (sekitar 37 derajat Celsius), dalam waktu yang lama. Sedangkan dalam beberapa hari terakhir, temperatur di sana ada di angka 98.6-101,5 F (37-38,6 C). Harley juga menyebutkan bahwa kematian dari biota laut ini akan berpengaruh banget terhadap kualitas air laut, karena remis, bintang laut, dan kerang punya peran untuk memastikan ‘kebersihan’ di laut.  Mereka juga mempunyai peran penting dalam rantai makanan.
 
Oh no….
Iya guys, terus bukan biota laut aja yang jadi korban, namun hutan juga. Jadi minggu lalu, wilayah British Columbia harus berupaya keras mematikan kebakaran hutan yang melanda wilayahnya. Adapun titik apinya mencapai 180 kebakaran, di mana 70% di antaranya disebabkan oleh sambaran petir yang menjalar ke pepohonan.
 
Why it sounds worse and worse…
Jujurrr emang ngeri banget. Nah, laut udah, hutan udah, ternyata gelombang panas ini juga berefek ke manusia. Jadi minggu kemaren banget nih, terjadi kebakaran yang menyebabkan satu daerah di provinsi British Columbia, called Lytton, hangus terbakar sampe 90 persennya. FYI, Lytton ini mempunyai sekitar kurang dari 300 penduduk, dan ketika kebakaran itu terjadi, seluruh warga terpaksa lari untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. So far, yang dilaporkan meninggal ada dua orang, dan selebihnya luka-luka. Namun, rumah mereka hangus semua.
 
Semua banget? 
Iya. Kamis kemarin, petugas animal welfare sempat melakukan evakuasi terhadap hewan-hewan yang ada di desa tersebut.  Mereka berhasil menyelamatkan 41 hewan ternak dan peliharaan. Terus, hari Jumatnya, para warga baru dibolehin balik ke desanya, tapi yang mereka lihat hanya sisa-sisa rumah mereka yang hangus terbakar.
 
Hiks…kok bisa separah itu? 
Menurut para peneliti di World Weather Attribution, gelombang panas tersebut dipengaruhi oleh climate change. And, guess siapa penyebab climate change? Humans aka kita semua. Menurut mereka, gelombang panas tersebut nggak mungkin bisa sepanas itu kalau bukan karena pengaruh dari aktivitas manusia, like emisi dari bahan bakar fosil.
 
I see, anything else? 
Menurut kepala British Columbia Coroners Service, Lisa Lapointe, ada 719 kematian yang dilaporkan akibat gelombang panas, di mana rata-rata kematiannya adalah “sudden and unexpected deaths”. FYI guys, jumlah ini angkanya bertambah tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Terus, terkait kebakaran di Lytton, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan dana bantuan untuk membantu proses pembangunan kembali wilayah tersebut, dan saat ini udah ada lebih dari 90 crew members yang terbang ke British Columbia untuk memadamkan karhutla.

When you’ve been waiting to get vaccinated…

Here’s another option. 

What option? 
Pay for it. Karena per hari ini, Vaksin Gotong Royong (VGR) Individu bisa dibeli langsung di delapan cabang PT Kimia Farma Tbk.
 
Background please. 
Ok.  Program ini termasuk dalam pelayanan Program Vaksinasi Gotong Royong berbayar bagi individu. Meaning, kalau kamu mau vaksin, tapi belum dapat ‘giliran’ dari pemerintah, kamu bisa datang aja ke Kimia Farma untuk divaksin sendiri, tapi ya nggak gratis.  Program ini ada di dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang perubahan atas permenkes sebelumnya tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.
 
I see, di mana aja vaksinnya? 
Menurut Plt. Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika, Agus Chandra, total kapasitas vaksinnya sebanyak 1.700 orang per hari. Adapun cabang-cabang yang sudah melayani program vaksinasi individu, yaitu di:
  • Jakarta KF Senen (200 orang per hari)
  • Jakarta KF Pulogadung (200 orang per hari)
  • Jakarta KF Blok M (100-200 orang per hari)
  • Bandung KF Supratman (200 orang per hari)
  • Semarang KF Citarum (100 orang per hari)
  • Solo KF Sukoharjo (500 orang per hari)
  • Surabaya KF Sedati (200 orang per hari)
  • Bali KF Batubulan (100 orang per hari)
Noted, caranya gimana?
Yha daftar. Jadi ada tiga cara daftarnya gengs. Pertama, via telepon Kimia Farma di 1-500-255.  Kedua, daftar di websitenya:  www.kimiafarmaapotek.co.id yang kemudian di-follow up via Whatsapp. Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Tapi, aplikasinya baru bisa diakses per Kamis nanti.
 
That’s it? 
Sort of.  Kamu nanti bisa milih sendiri, kapan tanggal, waktu, dan lokasi kamu mau divaksin.  Menurut Pak Agus, bagusnya kamu daftar pakai aplikasi Kimia Farma supaya bisa menghindari antrean panjang.
 
Wait, ini vaksin yang mana ya btw? 
Menurut Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno Putro, vaksinnya adalah vaksin yang diproduksi oleh Sinopharm. Menurutnya, vaksin tersebut udah disetujui untuk program Vaksinasi Gotong Royong, selain vaksin Moderna dan Cansino.
 
Oh ok, how much? 
Harga vaksinnya adalah Rp321.660 per dosis, dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi adalah Rp117.910 per dosis. In total, biaya untuk dua dosis vaksin adalah sekitar Rp879,140.
 
This doesn’t sit right with me, though.
Rite. Banyak emang pihak yang menyoroti kebijakan ini, salah satunya ekonom senior Faisal Basri. Menurut beliau, praktik penjualan vaksin untuk individu sama BUMN ini merupakan praktek yang biadab, karena pasokan vaksin saat ini masih terbatas. Meanwhile, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui Waketumnya Slamet Budiarto bilang bahwa yhaa doi sih setuju-setuju aja mau vaksin berbayar, tapi penjualannya harusnya nggak dimonopoli sama Kimia Farma. Hal ini karena emang track record Kimia Farma yang bermasalah, salah satunya adalah tes antigen bekas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.
 
Olrite, anything else? 
Menurut Wakil Menteri BUMN, I Pahala N Mansyuri, program VGR Individu ini dapat mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity).  Kalau masyarakat udah kebal, pemulihan perekonomian nasional bisa dilakukan lebih cepat.

What’s going back after the pandemic?

Weddings.
Weddings and more weddings. Iya guys, seiring dengan makin terkendalinya covid-19 dan kehidupan yang berangsur-angsur normal Amerika Serikat, angka pernikahan di sana ikutan kembali meningkat. Hal ini tentunya jadi berita bagus buat industri pernikahan, yang lesu banget sejak pandemi muncul tahun lalu. Jadi nih, sejak April kemarin, angka penjualan cincin tunangan dan cincin kawin di berbagai toko perhiasan di AS udah kembali ke penjualan normal, bahkan lebih baik. Salah satu toko perhiasan di New York, namanya The Clear Cut menyebut bahwa penjualannya naik sampai empat kali lipat dibanding tahun lalu. Hal yang sama juga disampaikan oleh toko perhiasan di Los Angeles, namanya Mark Broumand Inc yang bilang bahwa pada bulan Juni tahun ini, penjualan cincin tunangan dan cincin kawinnya naik hingga 20% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun 2019 aka sebelum pandemic. Nah, selain penjualan perhiasan, mulai banyak juga nih, venue-venue pernikahan yang jadi rebutan, secara orang udah lama menunda rencana pernikahannya karena pandemi covid-19.
 
Di Indonesia kapan yha…

“Saya mengingatkan semua pihak, janganlah menjadi lalat-lalat politik.”
 
Gitu guys kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko kemarin, saat meminta masyarakat supaya enggak pesimis dalam upaya Indonesia untuk keluar dari krisis Covid-19. Pak Moeldoko juga minta supaya masyarakat enggak hanya mengkritik, tapi juga menghadirkan solusi. Terus, kita juga diminta jangan jadi lalat politik guys.
 
Lalat tuh bukannya kalo kita udah dibilangin jaga jarak terus malah dempetan ya… lalat prokes.

Announcement


Thanks to Seseorang for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

WFH is back so most likely… your back and hip pain from sitting too long is back. Not too worry though, because here, try these exercise.

Angel’s Stories

1. Beberapa waktu terakhir, aku rajin olahraga. Olahraga itu bikin badan sehat dan seger lho, gais. Trus dapet bonus langsing dan cantik. Nah, aku biasanya jam 10 pagi suka jalan kaki keliling kompleks, sekalian berjemur. Ada bapak-bapak lumayan berumur, lagi squat sambil angkat beban. Liat bapak itu jadi makin semangat olga. Trus tadi sore pas aku jogging, ketemu bapak itu lagi jalan cepet gitu. Aku jadi semangat jogging, sampe 3 putaran. Pas pulang, dikasih semangat sama bapak itu, “Semangat ya Teh, biar sehat.” Kalimat kayak gitu aja dah bikin makin semangat. Jadi aku mau semangatin temen-temen, ayok olahraga. Jangan dipaksa dengan olahraga yang gak kalian suka. Sukanya jalan, ya jalan kaki. Suka jogging ya jogging. Lompat tali, zumba, aerobic, senam pake lagu kpop, lakuin yang kita suka. Terutama di hari-hari yang sering ada berita sedihnya, mungkin olahraga bisa jadi pilihan refreshing yang oke. Badan sehat, pikiran segar, imun terjaga, jadi happy. Ayo semangat temen-temen semua.
-anak rantau-
 
2. Beberapa minggu lalu aku sempat deactive akun Instagram karena terlalu banyak cerita duka & berita buruk terkait covid. Bukannya aku ga empati tapi tiap liat info itu aku sakit kepala & mau muntah. Lalu minggu lalu aku activate akunku lagi karena keponakanku ultah dan abis itu aku lihat temenku lagi buka donasi karena dia mau masak & bagi-bagiin makanan untuk orang di sekitar rumahnya yg membutuhkan kayak tukang parkir, ojek, pengamen, dll. Aku awalnya bingung buat donasi apaan tapi akhirnya kemarin aku kirimin bahan makanan ke tim dia & belinya di toko daging punya temanku yang lain. Aku ikutan senang pas paketnya nyampe & dia bilang makasih tapi puncaknya hari ini pas dia kirim foto hasil masakan yang dibuat dari bahan yang kukasih kemarin. Hasilnya banyak banget & dia bilang makasih lagi. Pas aku baca tiba-tiba aku nangis aja hahaha for the first time in the past few weeksI finally have a willingness to live & ngerasa akhirnya aku bisa berguna juga. Makasih sebanyak-banyaknya untuk tim Kantin yang udah ngebolehin aku ikut berbagi sukacita, kalian semua definisi malaikat tanpa sayap. Selalu sehat & semoga selalu jadi orang baik yang mau berbagi sukacita ya!
-Sgl-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!