Bhutan Berhasil Memvaksin 90% Warganya

42

When you’re wondering when life will be back to normal…

Be jealous of Bhutan.
 
Karena sejauh ini, mereka udah berhasil memvaksin covid-19 secara lengkap 90% dari populasinya. Yep, kamu nggak salah baca guys, 90 persen! Jadi emang Bhutan ini warganya dikit sih, cuma 770.000 orang aja. Namun lokasi geografisnya yang terletak di pegunungan Himalaya antara India dan China sebenernya bikin program penyaluran vaksin agak rempong juga. Karenanya, Bhutan butuh berbulan-bulan buat menyediakan cold storage yang bisa dibawa ke pegunungan. Terus penyaluran vaksinnya juga dilakukan via helikopter dengan melibatkan banyak volunteers, karena banyak warga yang tersebar di berbagai titik di pegunungan.
 
Nah untuk vaksinnya sendiri, di awal-awal Bhutan udah menyuntikkan 500ribu dosis vaksin AstraZeneca yang didapatnya dari India. Namun setelah India menghentikan program impor vaksinnya karena kasus dalam negeri lagi meledak, Bhutan segera melakukan pendekatan ke negara lain buat dapetin vaksin. Alhasil, mereka dapet 500ribu dosis vaksin Moderna dari US lewat program Covax-nya WHO, terus 250ribu vaksin AZ dari Denmark, 50ribu vaksin Sinopharm dari China, 100ribu vaksin AZ dari Kroasia, dan beberapa negara Eropa lain juga turun ngasih vaksin. Totalnya, saat ini Bhutan udah memvaksin 480.000 warga, dari total 530.000 orang yang eligible buat di-vaksin.
 
Terkait pencapaiannya ini, UNICEF bilang bahwa success story-nya Bhutan adalah “cahaya harapan” yang bisa nyemangatin negara lain yang tengah berjuang mengalahkan pandemi.