Wapres Ajak Masyarakat Wisata ke Raja Ampat

47

Who’s allowing us to travel locally?

Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Are you sure? 
Yep. Kemarin, Pak Wapres mengajak masyarakat untuk jalan-jalan ke Raja Ampat, Papua Barat karena daerah itu terkenal banget dengan keindahan budaya dan alamnya. Tapi tetep yaa harus patuh sama protokol kesehatan.
 
Tell me more.
OK. Jadi Pak Kiai menyampaikan hal ini pas membuka acara Raja Ampat e-Festival kemarin.  Acara tersebut merupakan bagian dari Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia yang bertujuan untuk mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata di Indonesia karena pandemi. FYI guys, emang sektor pariwisata terpengaruh banget sama pandemi covid 19, sehingga pemerintah berupaya untuk membantu sektor pariwisata tetap tumbuh.  Selain itu, Pak Kiai juga meminta pelaku usaha di Papua untuk menyiapkan produk-produk UMKM, yang khas Papua dan sesuai dengan minat pasar.
 
Terus terus…
Terus, beliau juga memberi saran supaya destinasi-destinasi wisata bisa menyediakan fasilitas yang nyaman bagi para turis muslim, kayak menyediakan tempat sholat, restoran halal, termasuk tempat-tempat makan yang kekinian, tapi tetap ada nuansa budaya Papua-nya.
 
I see, and? 
Wapres juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk segera mengimplementasi program tol langit ke kawasan Papua dan Papua Barat.  Tol langit ini maksudnya meningkatkan infrastruktur jaringan komunikasi dan informasi bagi masyarakat dan pelaku usaha, supaya IUMKM-UMKM bagian timur juga bisa go digital.
 
I see, anything else? 
Epidemiolog dari Universitas Airlangga, Windhu Purnomo berpendapat bahwa ajakan pak Wapres tersebut kurang tepat untuk sekarang.  Hal ini tentunya karena pandemi yang belum terkendali di Indonesia. Meanwhile, menurut Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, maksud pak Wapres mengajak kita jalan-jalan ke Raja Ampat adalah setelah pandemi reda, sehingga sikon udah pulih dan aman.