Siang Kemarin McDonald’s Indonesia Merilis BTS Meal di seluruh cabang McD di Indonesia, Menluneg Singapura : Perdamaian Bisa Tercapai Jika Pihak-pihak Mau Duduk dan Berusaha Mencapai Solusi Bersama, Presiden El Salvador Sedang Mengatur Kebijakan yang Membolehkan Penggunaan Cryptocurrency Sebagai Mata Uang yang Sah di Negaranya, Daftar Negara-negara yang Paling Layak Huni di Tahun 2021

53

Good morning,

 
Today, we’ll start the day with anything BTS. The song, the pics, the meal, the news… (and our personal favorite: V’s angelic voice) and suddenly, life is making sense again, lol. So, grab your coffee, play “Butter” in repeat, and scroll down…

When you’ve been hearing about BTS meal…

Stop. Stealing. Those. Nuggets, V. 
Because ARMY are waiiiiting for hours to get their hands on BTS meal.

 
Really?
Yep. Karena kemarin banget, McDonald’s Indonesia baru aja merilis BTS Meal jam 11:00 siang di seluruh cabang McD di Indonesia. Hal ini kemudian bikin pembelian membludak, orderan ojol ngantri nggak abis-abis, hingga pesanan DriveThru yang harus ngantri berjam-jam.
 
Wah, what’s in the meal? 
Jadi, BTS meal adalah menu kolaborasi antara our favorite boys, BTS,  dan restoran fast food McDonald’s.  Adapun isi dari the BTS Meal ini adalah chicken nuggets, french fries, coke, dan dua saus spesial ala Korea Selatan: sweet chili sauce & cajun sauce. Selain makanan, BTS dan McDonald’s juga bikin beberapa limited merchandise like hoodies, t-shirts, bathrobes, socks, and sandals. Nah, BTS Meal nggak cuma dirilis di Indonesia, tapi dijadwalkan akan dirilis di 49 negara.
 
Whoaaaa….
Yoi, secara pecinta BTS ini banyak banget, maka pembelian atas BTS meal ini langsung membludak di hari pertama. Nggak cuma ngantri, #BTSMeal juga jadi trending topic di Twitter Indonesia dengan total lebih dari 90 ribu twit.
 
Terus kalo mau beli gimana?
Jadi, BTS Meal ini nggak bisa makan ditempat, namun bisa dipesan melalui McDelivery (website dan aplikasi McDonald’s), GoFood, GrabFood, dan juga Shopee Food. That’s why kemarin, cabang-cabang McDonald’s padat sama antrian driver ojol juga drive thru-nya.  Bahkan menurut keterangan driver ojol, mereka harus mengantri sampai sekitar tiga jam, demi mendapatkan BTS Meal.
 
Seriously?! 
Yes. Gara-gara banyak banget yang mesan dan antri, beberapa gerai McD di Indonesia akhirnya ditutup sama Satpol PP, TNI, Satgas Covid-19 karena menciptakan kerumunan.  Adapun beberapa cabang McD yang ditutup adalah yang di Karawang, Cikini, Medan, Gambir, Depok, and so on.  Meanwhile, di Denpasar, ada kerumunan di hampir semua cabang McD yang akhirnya juga dibubarin sama Satpol PP.  Selain itu, di beberapa cabangnya di Jakarta, McD juga sampe harus menutup orderan via daring karena pesanan yang membludak. FYI, antrian McD juga menimbulkan kemacetan di beberapa cabang se-Indonesia.
 
Gokil ugha.
Yoi. Akibat kehebohan BTS Meal ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa pengelola McD akan dipanggil terkait kerumunan massa yang terjadi di berbagai cabang McD.  Meanwhile, para ARMY mengumpulkan donasi untuk driver ojol yang berjuang mendapatkan BTS Meal untuk mereka.  So far, donasinya udah mencapai lebih dari 60 juta rupiah! Donasi tersebut juga dilakukan dalam rangka merayakan BTS Anniversary yang jatuh pada 13 Juni nanti.
 
I see, anything else? 
FYI, kejadian ini hampir sama kayak di Malaysia yang udah duluan merilis BTS Meal pada 26 Mei lalu. Keramaian tersebut sampai membuat tim medis di Malaysia pada bete karena kasus di Malaysia lagi tinggi-tingginya, tapi kok pada berani ngantri ramai-ramai. So, untuk ARMY yang belum sempat beli BTS Meal, don’t worry ‘cause BTS Meal bakal berlaku selama bulan Juni ini kok.  Plus, ternyata udah ada lho yang jualan kemasan paket BTS Meal di e-commerce like Tokopedia, Shopee, dan harganya sekitaran Rp 300 – 500an ribu.
 
Would you buy them?

Who’s feeling some pressures?

Pemerintah militer Myanmar.
 
Pressure-nya dari?
Negara-negara ASEAN.
 
Gara-gara apa emang?
Gara-gara krisis di Myanmar yang lamaaa banget kelarnya gengs. Jadi dalam keterangannya kemarin, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan bilang bahwa doi bete banget sama progress penyelesaian konflik yang lamban di Myanmar. Menurutnya, perdamaian cuma bisa tercapai kalo pihak-pihak emang mau duduk bareng, nego-nego, dan berusaha mencapai solusi bersama.
 
Konflik apa sih?
Yha jadi as you know, sejak 1 Februari lalu, telah terjadi kerusuhan dan aksi protes di Myanmar karena pihak junta militer yang melakukan kudeta terhadap pemerintahan terpilih. Waktu itu, mereka langsung mengkudeta pemerintahan sah yang lagi sidang di parlemen, mengambil alih kekuasaan, terus menangkap dan mengurung pemimpin kelompok pemerintah resmi Aung San Suu Kyi dengan tuduhan punya walkie-talkie (ciyus).
 
I see…
Nah, warga yang nggak terima pemerintahnya ujug-ujug dikudeta kemudian melakukan perlawanan karena mereka nggak mau dipimpin oleh pihak militer (yang nggak mereka pilih di pemilu). Para warga melakukan aksi turun ke jalan yang bikin mereka berhadapan dengan kelompok militer hingga bikin aksi kekerasan nggak terhindarkan. So far, jumlah korban meninggal karena bentrokan ini mencapai hampir seribu orang, dan ribuan orang udah ditangkap.
 
Yampun…
Yoi. Nah sebagai upaya untuk menyudahi krisis Myanmar ini, pada April lalu, ASEAN mengadakan konferensi tingkat tinggi (KTT) di Jakarta untuk membahas kondisi di sana.  Dalam pertemuan tersebut, mereka sepakat terhadap lima poin yang harus dilakukan oleh junta militer Myanmar, kayak mengakhiri kekerasan, mengadakan dialog, hingga mencari solusi dari masalah.
 
Ok, and? 
Nah, Senin kemarin, para Menlu dari negara-negara ASEAN mengadakan meeting sama Menlu China di Chongqing, China. Dalam pertemuan tersebut, menlu-menlu negara anggota ASEAN berkesempatan untuk mengkritik Myanmar yang disebut belum menerapkan konsensus di KTT Jakarta kemarin. Terus Menlu RI, Retno Marsudi, juga mengatakan bahwa perlu ada bantuan dari China untuk menyelesaikan konflik tersebut.
 
Terus Myanmar bilang apa? 
Menurut Menlu Myanmar (versi Junta) Wunna Maung Lwin, satu-satunya cara  untuk memulihkan demokrasi adalah dengan menjalankan lima janji yang pihak militer rilis nggak lama abis kudeta. Adapun janjinya adalah untuk mencegah Covid-19, membentuk lembaga pemilu baru, hingga pemilu ulang. Sedangkan yang disebutin para Menlu ASEAN adalah lima janji untuk dialog dan menyudahi kekerasan. Menurut para Menlu, mereka kecewa banget karena kelompok junta nggak mengindahkan lima konsensus yang dicapai dalam KTT di Jakarta itu.
 
I see, anything else? 
Menurut pantauan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ada sekitar 100.000 warga Myanmar yang terpaksa jadi pengungsi karena terjadi serangan-serangan dari pihak keamanan di Myanmar.  Untuk itu, PBB mendesak Myanmar untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi masyarakat, termasuk infrastruktur publik. Meanwhile, Duta Besar China, Chen Hai mengatakan bahwa China bersedia berperan konstruktif dan mendukung pelaksanaan lima poin konsensus antara ASEAN dan Myanmar.

Who’s saying “You get a crypto! You get a crypto! everybody get cryptos!!!”

Oprah?
 
Nope.
Presiden El Salvador, Nayib Bukele. Jadi dalam keterangan terbarunya minggu lalu, Bukele baru aja mengatakan bahwa negaranya lagi ngurusin kebijakan yang bakal membolehkan penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang yang sah di negaranya. Kalo jadi, El Salvador bakal jadi negara pertama di dunia yang melegalkan mata uang digital sebagai alat tukarnya.
 
Whoaaaa…
Yoi guys, jadi hal ini disampaikan oleh Bukele pas mengikuti konterensi Bitcoin 2021 di Miami, Amerika Serikat, minggu lalu. Doi bilang, pemerintahannya bakal mengajukan rancangan undang-undang ke kongres untuk melegalkan penggunaan cryptocurrency tadi.
 
Background please. 
Sure. Jadi El Savador adalah salah satu negara di Amerika Latin, yang terletak di antara Honduras dan Guatemala. Selama ini, El Salvador nggak punya mata uang sendiri, dan jadinya mereka pake USD sejak 2001 lalu. Yang menarik guys, ternyata 70 persen dari penduduk El Salvador nggak punya rekening bank. Jadi mereka kebanyakan pake cash aja, dan sekalinya ada penggunaan bank, biasanya untuk transfer dari para pekerja migran di luar negeri buat keluarganya yang tinggal di El Salvador.
 
Interesting…
Yep. Nah menurut Presiden Bukele, salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya adalah dengan meningkatkan inklusifitas keuangan yaitu lewat penyediaan kredit, tabungan, investasi, dan transaksi yang aman. Nah, cara lainnya juga adalah dengan menetapkan cryptocurrencies (mata uang digital) sebagai pendekatan digital mereka.
 
I see…
Selanjutnya, Presiden Bukele juga baru aja ngumumin bahwa pemerintahannya udah bekerja sama sama perusahaan dompet digital, Strike, untuk membangun infrastruktur keuangan nasional dengan menggunakan teknologi bitcoin. Terkait kerja sama ini, founder Strike, Jack Mallers, menyambut baik keputusan Presiden Bukele dan mengatakan bahwa, “Mengadopsi mata uang digital asli sebagai alat pembayaran yang sah memberikan El Salvador jaringan pembayaran terbuka yang paling aman, efisien, dan terintegrasi secara global di dunia.”
 
So, cryptocurrency is…
A little introduction here, jadi instrumen keuangan cryptocurrency yang lagi naik daun ini adalah mata uang berbentuk digital di mana kamu bisa trading untuk menarik keuntungan. Cryptocurrency is known to be veeeery volatile, yang artiinya harganya bisa naik turun dengan sangat tajam dan cepat. Nah, karena naik turun banget inilah, kalo kamu invest di crypto, kamu berpeluang untuk cepet dapet cuan. Contohnya bitcoin, sebagai cryptocurrency yang paling pertama dan paling besar, di tahun 2011, nilainya masih US$ 8, dan sekarang harganya udah menyentuh US$36.000-an lebih. Huaaaa….
 
Mau dong invest di crypto!
Nah, kalo kamu mau coba investasi di crypto juga, kayak sodara-sodari di El Salvador, gampang, kamu daftar aja di sini. Karena selain bisa mulai trading, kamu juga bisa banget nih, dapet bunga crypto sampe dengan 14% per tahun yang dikasih tiap hari! Selain itu, transaksi kamu juga bakal aman banget karena ada asuransinya dan ga gampang di-hack sama hackers. Cussss yuk.

When you’ve been looking for a new place called home…