Senin Kemarin Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi Menghadiri Sidang Pertamanya

49

Who’s fiiiiinally showing up in public?

Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Really?
Yep. Jadi Senin kemarin, beliau menghadiri persidangan pertamanya di Pengadilan Naypyitaw.

Wait, what happened?
Gini, jadi pada Februari kemarin, junta militer Myanmar melakukan kudeta terhadap pemerintahan demokrasi yang dimpin Suu Kyi. Suu Kyi dan beberapa pejabat lain yang waktu itu lagi memimpin rapat parlemen kemudian jadi tahanan, dan kelompok militer mengambil alih kekuasaan sebagai pemimpin. Sejak saat itu sampe sekarang, Myanmar tengah dilanda gelombang protes besar-besaran yang disambut oleh kekerasan aparat. Aksi yang dilakukan di hampir seluruh kota di Myanmar ini kemudian menyebabkan hampir seribuan korban tewas, dan juga 4.880 orang yang ditahan oleh pihak militer.

🙁
Nah, balik lagi ke persidangannya, ternyata ada tiga perkara yang disidangkan di pengadilan waktu itu. Pertama, dugaan pelanggaran pembatasan terkait pandemi covid-19 ketika sedang melakukan kampanye sebelum pemililhan presiden (which took place in November last year). Kedua, dakwaan mengimpor walkie-talkie (radio panggil) secara illegal, dan ketiga, pelanggaran UU Rahasia Negara dan antikorupsi.
 
Terus? 
Well, proses persidangan tersebut berlangsung selama lima jam, dan agendanya adalah  mendengar kesaksian dari para saksi, yaitu dua orang perwira polisi yang mengusut kasus tersebut. Pada kesempatan sidangnya, tuduhan yang dibahas adalah terkait kepemilikan walkie-talkie dan pelanggaran terhadap aturan covid-19. Sedangkan tuduhan yang lebih serius, yakni pelanggaran UU Rahasia Negara dan antikorupsi masih belum dijadwalkan kapan nih, bakal dibahas.
 
Now tell me more about the trial…
Dalam persidangan tersebut, pengacara Suu Kyi, Khin Maung Zaw bilang bahwa kliennya itu keliatan nggak sehat, namun tetap mengikuti persidangan dengan baik dan penuh perhatian. Selain itu, Khin juga bilang bahwa berbagai tuduhan yang dijatuhkan pada kliennya adalah absurd, dan fix sih, ada motif politiknya…
 
Got it…
Terus guys, sidangnya sendiri tertutup untuk publik dan dijaga dengan ketat. Selain itu kalau terbukti, maka Suu Kyi bisa dipenjara selama lebih dari 10 tahun atas berbagai tuntutan yang ada. FYI, beliau sebelumnya juga udah pernah jadi tahanan rumah selama 15 tahun dan baru bebas pada tahun 2010.
 
Ok, anything else? 
FYI, Suu Kyi sendiri dijatuhi total tujuh tuduhan dari mulai korupsi, walkie talkie, sampe membocorkan rahasia negara. Para pengamat bilang, bahwa emang kelompok militer pengen memenjarakan Suu Kyi selama mungkin, demi menghilangkan dukungan warga terhadapnya. However, tuntutan para pemrotes yang minta Suu Kyi segera dibebaskan menunjukkan bahwa popularitas beliau masih tinggi.