Presiden El Salvador Sedang Mengatur Kebijakan yang Membolehkan Penggunaan Cryptocurrency Sebagai Mata Uang yang Sah di Negaranya

53

Who’s saying “You get a crypto! You get a crypto! everybody get cryptos!!!”

Oprah?
 
Nope.
Presiden El Salvador, Nayib Bukele. Jadi dalam keterangan terbarunya minggu lalu, Bukele baru aja mengatakan bahwa negaranya lagi ngurusin kebijakan yang bakal membolehkan penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang yang sah di negaranya. Kalo jadi, El Salvador bakal jadi negara pertama di dunia yang melegalkan mata uang digital sebagai alat tukarnya.
 
Whoaaaa…
Yoi guys, jadi hal ini disampaikan oleh Bukele pas mengikuti konterensi Bitcoin 2021 di Miami, Amerika Serikat, minggu lalu. Doi bilang, pemerintahannya bakal mengajukan rancangan undang-undang ke kongres untuk melegalkan penggunaan cryptocurrency tadi.
 
Background please. 
Sure. Jadi El Savador adalah salah satu negara di Amerika Latin, yang terletak di antara Honduras dan Guatemala. Selama ini, El Salvador nggak punya mata uang sendiri, dan jadinya mereka pake USD sejak 2001 lalu. Yang menarik guys, ternyata 70 persen dari penduduk El Salvador nggak punya rekening bank. Jadi mereka kebanyakan pake cash aja, dan sekalinya ada penggunaan bank, biasanya untuk transfer dari para pekerja migran di luar negeri buat keluarganya yang tinggal di El Salvador.
 
Interesting…
Yep. Nah menurut Presiden Bukele, salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negaranya adalah dengan meningkatkan inklusifitas keuangan yaitu lewat penyediaan kredit, tabungan, investasi, dan transaksi yang aman. Nah, cara lainnya juga adalah dengan menetapkan cryptocurrencies (mata uang digital) sebagai pendekatan digital mereka.
 
I see…
Selanjutnya, Presiden Bukele juga baru aja ngumumin bahwa pemerintahannya udah bekerja sama sama perusahaan dompet digital, Strike, untuk membangun infrastruktur keuangan nasional dengan menggunakan teknologi bitcoin. Terkait kerja sama ini, founder Strike, Jack Mallers, menyambut baik keputusan Presiden Bukele dan mengatakan bahwa, “Mengadopsi mata uang digital asli sebagai alat pembayaran yang sah memberikan El Salvador jaringan pembayaran terbuka yang paling aman, efisien, dan terintegrasi secara global di dunia.”
 
So, cryptocurrency is…
A little introduction here, jadi instrumen keuangan cryptocurrency yang lagi naik daun ini adalah mata uang berbentuk digital di mana kamu bisa trading untuk menarik keuntungan. Cryptocurrency is known to be veeeery volatile, yang artiinya harganya bisa naik turun dengan sangat tajam dan cepat. Nah, karena naik turun banget inilah, kalo kamu invest di crypto, kamu berpeluang untuk cepet dapet cuan. Contohnya bitcoin, sebagai cryptocurrency yang paling pertama dan paling besar, di tahun 2011, nilainya masih US$ 8, dan sekarang harganya udah menyentuh US$36.000-an lebih. Huaaaa….
 
Mau dong invest di crypto!
Nah, kalo kamu mau coba investasi di crypto juga, kayak sodara-sodari di El Salvador, gampang, kamu daftar aja di sini. Karena selain bisa mulai trading, kamu juga bisa banget nih, dapet bunga crypto sampe dengan 14% per tahun yang dikasih tiap hari! Selain itu, transaksi kamu juga bakal aman banget karena ada asuransinya dan ga gampang di-hack sama hackers. Cussss yuk.