Pesta Olahraga Empat Tahunan Olimpiade Akhirnya Digelar di Tokyo Pada 23 Juli Mendatang

64

What’s not being cancelled?

Tokyo Olympics. 
Yep guys, setelah sempat diundur tahun lalu, akhirnya pesta olahraga empat tahunan Olimpiade akhirnya jadi juga digelar. Adapun yang jadi tuan rumah adalah Tokyo, Jepang, dan acaranya akan dimulai pada 23 Juli mendatang.
 
Whoaaa tell me more!
OK. Jadi dalam menggelar event ini, panitia Olimpiade Tokyo rencananya bakal membolehkan para fans lokal untuk menonton langsung berbagai pertandingan. Tapi yha cuma boleh 50% dari kapasitas dengan total maksimum 10.000 fans. FYI guys, aturan ini berlaku baik untuk indoor and outdoor venues. Namun tetap aja, aturannya bakal bisa berubah seiring dengan perkembangan kasus Covid-19 di sana.
 
OK. I am booking my flight to Japan now…
Eh kalo kamu nggak boleh, karena yang boleh hadir cuma warga Jepang aja. Adapun penonton dari luar negeri masih nggak diizinkan untuk hadir langsung di venue. Nah, meski nggak akan dihadiri oleh penonton dari luar negeri dan juga menerima penolakan kuat dari dalam negeri, so far, udah ada sekitar 3,6 – 3,7 juta tiket yang terjual ke penonton Jepang.
 
Banyak ugha ya… 
Yep.  Tapi, para penonton lokal juga masih wajib mengikuti aturan ketat, which includes nggak boleh bersorak, wajib pakai masker, dan kalau pertandingan udah selesai, mereka harus langsung pulang. Selain itu, panitia masih menjual tiket dalam bulan ini aja.
 
I see, anything else? 
Terkait gelaran Olimpiade ini, sebenernya banyak yang memprediksi bahwa kegiatannya bakal menimbulkan risiko penyebaran covid-19, karena warga nggak cuma nonton bareng, tapi juga karena bakal ada kerumunan di transportasi umum, di restoran, dan ruang publik lain. FYI guys, sejauh ini Jepang jadi negara yang dinilai sukses membendung penyebaran Covid-19 di negaranya, dengan jumlah kasus di 786ribu dan angka kematian yaitu 14,373 jiwa. Meski begitu, yang bikin khawatir adalah vaccination rate di Jepang yang masih rendah, di mana baru 16 persen aja populasinya yang udah divaksin.