Pertemuan Pertama Biden-Putin Setelah Biden Terpilih Menjadi Presiden Amerika Serikat

28

Who just had a super important meeting?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

What meeting? 
The US and Russia Summit di Villa La Grange, Jenewa, Swiss. Inget guys, dua negara ini emang sejak perang dingin punya hubungan yaaaang not so good. Yha ga perang sih, tapi kuat-kuatan pengaruh aja, terus pas eranya Trump kemaren, sentimen terhadap Rusia jadi makin riweuh gara-gara negaranya Putin itu disebut ikut campur dalam Pilpres AS.
 
Whoaaa interesting!
Rite? Jadi FYI, pertemuan ini adalah pertemuan pertama Biden-Putin setelah Biden terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.  Pertemuan bilateral (antar dua negara) ini adalah pertemuan penting banget secara global karena mereka sama-sama negara kuat dan akan membahas isu-isu krusial. Sebelum pertemuan ini, Biden dan Putin juga udah saling menyampaikan statement, di mana Biden bilang bahwa dia udah pernah ketemu Putin sebelumnya dan yhaaa….doi emang ‘worthy adversary’ atau musuh yang layak.  Meanwhile, rombongannya Putin bilang jangan ngarep macem-macem dulu, karena pembahasannya bakal pelik nih.
 
Kok omongannya kayak gebetan ai.
Yha gitu de. Balik lagi ke pertemuannya, jadi Biden udah sampai di Jenewa pada Selasa kemarin, setelah sebelumnya menghadiri pertemuan G7 dan NATO. Sedangkan Putin baru sampai ke Jenewa pada Rabu.  FYI, pada pertemuan kali ini, Putin nggak telat seperti biasa lho gengs. He actually came on time!  Padahal doi terkenal telat terus, for examples, ketika mau bertemu sama Donald Trump, dan Barack Obama, Putin telat 45 menit. That’s why sikap Putin kemarin bikin orang pada kaget.
 
Nice… terus terus? 
Terus Presiden Swiss Guy Parmelin menyambut keduanya dan berharap kedua pemimpin tersebut agar bisa diskusi secara berfaedah. Parmelin juga berharap agar hasil diskusinya bermanfaat nggak cuma untuk AS dan Rusia, tetapi juga bagi negara-negara lain. Then, the actual meeting began with a handshake.
 
Now tell me more about the meeting…
Meeting-nya sendiri dilakukan secara tertutup dengan keamanan dan penjagaan maksimal. Terus, isu-isu yang mungkin dibahas adalah tentang dugaan cyber attacks yang dilakukan oleh Rusia terhadap AS, peran Rusia di Ukraina, dan penangkapan Alexei Navalny (oposisi Rusia) oleh pemerintah Rusia. Selain itu, mereka juga diprediksi bakal membahas tentang hubungan diplomasi antara kedua negara.
 
Banyak ugha…ada kesepakatan nggak? 
There might be. Menurut beberapa ahli, AS dan Rusia kemungkinan bisa sepakat terkait beberapa isu seperti climate change, pengendalian senjata nuklir, dan penanganan pandemi covid-19.  Meanwhile, penasihat hubungan internasionalnya Putin, Yuri Ushakov mengatakan bahwa dia nggak optimis, selain itu jubir Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa diskusinya bakal ‘sulit banget’.
 
I see, anything else? 
Meeting tersebut juga bersifat private, dan masing-masing pemimpin negara bakal memberikan press conference tentang hasil diskusi mereka. FYI, Rusia mengusulkan untuk melakukan joint press conference, tapi AS nggak mau. AS maunya press conference dilakukan sendiri-sendiri aja, biar lebih leluasa gitu. Btw, meetingnya berlangsung selama tiga jam.
 
Lama ugha yha…