Per Kemarin Harga Bitcoin Terjun Bebas ke Harga 32.622 Dolar AS atau Sekitar Rp 470 Juta

33

When you’ve been investing in cryptocurrency…

Been a craaaazy week, huh?
Karena nilai mata uang digital aka cryptocurrency akhir-akhir ini lagi turuuuun banget.
 
Don’t remind me…
Ya gitu deh. Jadi emang per kemarin ni guys, harga bitcoin lagi terjun bebas ke harga 32.622 dolar AS, atau sekitar Rp 470 juta. Padahal di awal tahun, harga Bitcoin lagi naik karena di-endorse terus sama bosnya Tesla, Elon Musk. Bahkan waktu itu, harga termahal bitcoin pernah sampe mencapai $65.000 atau 930-jutaan. Bayangin guize dari 930jt ke 470jt. Goks yha.
 
Hold on. What’s crypto again? 
Koin-koin digital, kayak bitcoin, dogecoin, etherium, dll. Jadi cryptocurrency ini adalah mata uang digital yang nggak diatur sama pemerintah maupun bank sentral tertentu. Selain itu, kayak namanya, cryptocurrency juga berupa digital, di mana nggak ada wujud fisiknya. Terus transaksi-nya juga bersifat terbuka, transparan, dan nggak ada batasannya. Finally, yang perlu kamu tahu banget nih, bahwa perubahan nilai  di mata uang digital bener-bener nggak ada batasannya. Meaning, harga koinmu bisa naik sampai like 100 persen (atau lebih), tapi turunnya juga bisa turun banget tanpa batas aka terjun bebas. Makanya, crypto ini dikenal dengan marketnya yang volatile, and tbh, not for the faint-hearted.
 
Ooo ok, terus kenapa nilainya bisa turun? 
Gini, karena nggak ada wujudnya, nilai sebuah cryptocurrency tergantung banget sama adaptasi pasar maupun tindakan pemerintah terhadap mata uang tersebut. Misalnya, ketika Elon Musk bilang bahwa perusahaannya, Tesla bakal bisa menerima pembayaran pake bitcoin, maka harga bitcoin langsung naik. Terus pas beberapa bulan kemudian doi bilang bakal meng-hold keputusan tersebut, harga bitcoin langsung terjun bebas. Selain Elon Musk, kebijakan pemerintah juga ngaruh banget, misalnya waktu itu Biden bilang bahwa pemerintahannya lagi mikir-mikir buat menerapkan pajak buat crypto, langsung deh, harga crypto turun. jadi in a nutshell, nilai bitcoin bener-bener tergantung sama penggunaan dan popularitasnya.
 
Terus kalo sekarang, kenapa bisa turun?
Karena Senin kemarin, China baru aja menegaskan kembali kebijakannya yang makin ketat terhadap mata uang digital. Jadi, mereka baru aja memberikan peringatan ke lembaga-lembaga keuangan di China, termasuk Alipay, tentang larangan penggunaan uang kripto. Lalu Senin kemarin, The People’s Bank of China juga memberi saran ke Alipay dan lima lembaga jasa keuangan lainnya untuk melakukan investigasi dan identifikasi tentang pertukaran dan penjualan cryptocurrency supaya mereka bisa meng-cut off perdagangan kripto.
 
Kenapa di-cut
Karena menurut Bank Sentral China, pertukaran mata uang digital menyebabkan risiko adanya transfer uang illegal antar negara serta meningkatkan adanya money laundering (penggelapan uang). Jadi, keenam lembaga yang dikasih warning sama Bank Sentral Cina itu berjanji untuk melakukan investigasi untuk memastikan nasabahnya nggak main kripto.
 
I see…
Nah, selain soal transaksinya, pemerintah Cina juga dengan tegas melarang praktek cryptocurrency mining oleh warganya. Kepo nggak, mining apa yang dimaksud? Yhaa bukan nambang gali-gali gitu guys, tapi mining aset kripto dilakukan dengan ngebantuin server aset kripto tertentu, misalnya Bitcoin, buat nyelesaiin segala transaksi yang ada di jaringan tersebut. Setiap kita bisa nyelesaiin transaksi, kita bisa dapet potongan puzzle yang lama-lama bisa kita tuker jadi reward dalam bentuk koin Bitcoin. Mayan khan, dapet ratusan juta gretongan…
 
Terus masalahnya di mana yha?
Masalahnya adalah, karena crpyto ini punya akses code yang rumit, maka dibutuhkan peralatan komputer yang canggih. Ini bikin konsumsi listriknya juga besar dan dinilai nggak ramah lingkungan. Alasan ini jugalah yang waktu itu bikin Elon Musk sempet ngumumin menghentikan dulu menerima pembayaran Tesla pake bitcoin, walaupun sekarang udah boleh lagi.
 
I see..
Nah, meski lagi turun, banyak pihak yang yakin banget bahwa nilai bitcoin bisa naiiik lagi, for the most part, hal ini karena emang jumlah bitcoin di dunia terbatas, yaitu cuma ada 21 juta keping bitcoin. Terus kalo coinnya abis, maka ga akan ada lagi. Nah, if you’ve read this far and think that investing in cryptocurrency is for you, then we know where to start. Here. Biaya tradingnya rendah, aman, dan asetmu diasuransikan. Cusss!