Penelitian Oxford University : Manusia Tidak Bisa Memperlambat Proses Penuaan, Namun Harapan Hidup Bisa Ditambah

349

When you’ve been slamming your face with anti aging cream…

You’re still gonna get older…

Yep guys, ternyata hasil penelitian terbaru yang dilakukan sama Oxford University menemukan bahwa manusia emang nggak bisa memperlambat proses penuaan. Meski begitu, harapan hidup bisa bertambah, sehingga kematian bisa terjadi di usia yang semakin tua. Hold on, where do we get here? Gini gini, jadi ternyata udah sejak beberapa tahun lalu, para peneliti dengan dimodalin sama pemerintah, pebisnis, industri, hingga akademisi diminta untuk mencari cara demi menunda penuaan, atau bahkan, kalo bisa sih, reverse aging. 
 
Namun ternyata hasilnya ditemukan bahwa emang manusia punya waktu yang udah fix untuk tumbuh tua (artinya nggak bisa dimodifikasi), dan jadinya sih yang memungkinkan adalah menunda kematian, bukan menunda penuaan. Hal ini karena menurut seorang peneliti José Manuel Aburto, menjadi tua itu ditentukannya secara biologis, bukan dari lingkungan, jadi yhaa udah fix. Nah, kalo emang jadi tua itu inevitable, 
Advertisement
maka untuk meninggal, ternyata ada banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya meninggalnya nanti-nanti aja, pas udah lebih tua. Beberapa hal di antaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, tinggal di lingkungan yang baik, dan stress free.
 
Well, good to know…
Advertisement