Juneteenth National Independence Day Jadi Libur Nasional Di AS Diperingati Setiap Tanggal 19 Juni

57

What’s adding another holiday to their calendar?

The United States aka Amerika Serikat.

 
Libur apa tuu…
Namanya Juneteenth National Independence Day, yang baru aja di-acc sama Presiden Joe Biden untuk jadi libur nasional, dan bakal diperingati setiap tanggal 19 Juni.
 
What’s Juneteenth? 
Jadi, Juneteenth atau freedom day merupakan hari peringatan atas berakhirnya praktek perbudakan di Amerika Serikat. Yep, kayak yang kamu udah tahu, sejarah perbudakan di AS ini kelam banget, di mana orang-orang African-American dibawa secara paksa dari kampung halamannya di Afrika untuk dijadikan budak di Amerika Serikat.
 
Terus…
Terus di tahun 1963, terjadi American Civil War, dan waktu itu, Presiden AS Abraham Lincoln ngumumin bahwa seluruh budak di negara-negara bagian “pemberontak” (aka konfederasi) udah bebas. Nah namanya juga pemberontak, akhirnya banyak para pemilik budak yang kabur dengan membawa budaknya ke Texas, secara Texas itu kalo dari lokasi, agak terisolasi dari negara-negara bagian lain yang terlibat perang. Nah, demi memastikan supaya pengumuman ini bener-bener diturutin, akhirnya tentaranya Lincoln harus cussss ke Texas.
 
I see…
Yep, jadi pada 19 Juni itu, tentaranya Lincoln yang dipimpin sama Major Gordon Granger mengumumkan dari balkon sebuah bangunan di Galveston, Texas, bahwa praktek perbudakan telah berakhir. Para pemilik budak terus bereaksi macem-macem, ada yang membiarkan budaknya pergi, ada yang akhirnya ngegaji budaknya, ada yang bahkan sampe membunuh budaknya biar nggak bebas. Nah nggak lama kemudian, Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang yang menghapuskan secara total praktek perbudakan. Tapi yang bersejarah banget ya pengumuman di balkon tadi.
 
Now tell me more about the holiday.
Ok. Jadi emang pada sidang senat yang digelar minggu lalu, para senator setuju untuk menjadikan juneteenth ini hari libur nasional. Karena udah setuju, Presiden Biden yang baru balik dari Eropa langsung deh menandatangani aturannya. Nah, berhubung tanggal 19 Juni itu hari Sabtu, warga Amerika Serikat merayakannya di hari Jumat kemarin. Para pegawai dibolehin pulang cepat untuk merayakan Juneteenth dan ga potong gaji (paid-holiday).
 
Sounds great! 
Yep. Menurut Biden, keputusan tersebut adalah kehormatan terbesar baginya sebagai presiden, meskipun dia baru terpilih beberapa bulan yang lalu. Biden juga menjelaskan bahwa kebijakan ini merupakan hal yang sangat penting dalam sejarah Amerika Serikat, meskipun yhaa masih punya banyak ‘PR’.
 
What homework? 
Banyak, yang pasti untuk menghilangkan diskriminasi terhadap warga African-American yang udah berjalan secara sistematis banget. Misalnya, negara-negara bagian di AS belum mempunyai aturan yang mewajibkan adanya pelajaran tentang Black history.  Jadi, terserah sekolah dan guru-gurunya aja, apa mau ngajarin tentang Black History atau nggak. Terus, setidaknya ada dua belas negara bagian yang mempunyai peraturan untuk melarang pembelajaran tentang critical race theory (teori yang membahas tentang systemic racism di AS).
 
Whooaa…is that all? 
Nope. Pemerintah Biden juga belum berhasil menangani kasus pembunuhan George Floyd sesuai jadwal.  Terus, masih ada rasisme yang sistematis di hampir berbagai aspek kehidupan kayak perumahan, pendidikan, hingga dunia kerja yan bikin warga African-American banyak yang masih hidup dalam kemiskinan. Bahkan, rata-rata kekayaan keluarga kulit putih masih setidaknya tujuh kali lipat lebih banyak dibanding keluarga kulit hitam. Terus, kondisinya lebih parah untuk para perempuan kulit hitam.
 
I see, anything else? 
Yep.  Jadi, hari libur nasional ini adalah hari libur pertama yang ditetapkan oleh pemerintah federal AS setelah menetapkan Hari Marthin Luther King Jr di tahun 1983.  Selain itu, kebijakan hari libur nasional ini adalah kebijakan ke-11 yang diakui oleh pemerintah federal AS.