Friday Pause: It’s Friday night, and it won’t be long…

168


Hello there!

 
It’s finally Friday! Yep, take that deep breath, and be proud of yourself for making it to another week. This email is something that you deserve after a full four days of works and deadlines: fun memes, tips, recommendations, and other cool stuff for you to take a breather. Enjoy!

For the love of Meme: The only “toxic” we need right now.


When you need to talk about money and family….

Name us a more sensitive duo than family and money. We’ll wait.
.
.
Ga ada? Ga ada? Ya emang ga ada. Karena emang urusan uang dan hubungan sama keluarga itu sensitiiiiiif banget. Coba, raise your hand if you’re a sandwich generation? Raise your hand juga kalo kamu pernah minjemin duit ke anggota keluarga terus sekarang bingung gimana cara nagihnya? Now hands down. Iya guys, emang ideally, kita semua datang dari keluarga tajir dan uang ga pernah jadi masalah di keluarga. Namun faktanya, banyak keluarga yang jadi berantem gara-gara uang.
Misalnya, adikmu minjam duit ke kamu, dia belum bayar-bayar, eh tapi kamu sering lihat dia belanja ini itu, terus mulai deh kamu berasumsi macem-macem dan akhirnya berantem. Atau om kamu yang lagi nganggur dan sering minjem duit ke kamu, padahal kamu tahu nih, duitnya tau deh bakal balik atau enggak?
Dalam kondisi kayak gini, emang nggak bisa dihindari bahwa hubungan kamu dengan anggota keluarga itu jadi ada yang ganjel, which is not good. Nah, untuk menghindari ganjel-genjel karena uang, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum meminjamkan atau meminjam uang sama saudara:

  • Think first: Ini part paling penting ni guys, karena once the money out, kamu harus siap sama segala konsekuensinya. Dalam hal ini, inget aja bahwa sebenernya kamu nggak punya kewajiban untuk langsung bilang ‘iya’ ketika ada keluarga yang mau minjam uang ke kamu. Jadi, kalo bisa sih kamu bilang: “Aku mau banget bantu, coba aku pikir-pikir dulu ya baiknya gimana.”  Intinya, jangan langsung bilang “boleh” kecuali kalau emang keadaannya darurat. Nah, kamu perlu tahu dulu juga, mereka butuh minjem berapa, terus gaji mereka kira-kira berapa, mungkin nggak mereka balikin uangmu, dan berapa lama kira-kira mereka bisa balikinnya?  Pertanyaan-pertanyaan ini sebaiknya kamu tanyain dulu, kamu analisa secara mendalam jawabannya. Pikiran bener-bener, mungkin nggak, duit kamu balik? dan tentu kan dalam dua atau tiga hari apakah kamu mau minjemin atau nggak.
  • Diskusi bareng pasangan:  Sebelum kamu ngasih jawaban ke keluarga kamu, kamu harus konsultasi ke pasangan kamu dulu (kalau punya), especially kalau jumlah yang dipinjamnya nggak sedikit. Coba diskusi dulu kira-kira konsekuensinya apa, kalau pasangan kamu nggak setuju, sebaiknya nggak usah pinjamin uangnya. Hal ini karena “marriage is a financial partnership” aka pernikahan adalah kerja sama keuangan. Jadi, kalau ada yang nggak setuju, berarti no. Tapi kalau pasangan kamu sepemikiran sama kamu dan nggak ada masalah minjemin uang, ya berarti pinjemin aja. Intinya, komunikasiin dulu sama pasangan, jangan diam-diam ngasih uang, terus pas butuh ternyata uangnya belum dibalikin, terus berantem deh.
  • Trust your gut:  Kalau kamu punya feeling bahwa sebaiknya nggak minjemin uangnya, trust yourself. Menurut para ahli, meminjamkan uang biasanya selalu menjadi ‘bad idea’, karena 1. Mungkin banget duitmu ga balik, 2. Kalo kamu pinjemin, bisa jadi kamu dilihat sebagai “bank” sama orang itu dan mereka bakal minjem-minjem lagi ke kamu. Jadi kalau kamu punya kesempatan untuk bilang ‘no’ ya bilang aja ‘no’. Mungkin kamu bakal merasa ga enak, but you can always say something like, “Sorry ya, tapi ini emang yang harus gue lakukan sekarang sih, soalnya gue juga lagi butuh banget.”
  • Jangan pinjamin uang yang nggak kamu punya:  Ini maksudnya, jangan coba-coba deh minjam uang untuk kamu pinjamin ke saudaramu kalau nggak darurat banget.  For example, kamu pakai kartu kreditmu untuk bayarin mereka. Kalau nggak sanggup bantu, nggak usah dipaksain gengs.
  • Tawarin bantuan dalam bentuk lain: Kalau keluargamu butuh uang, sebenernya kamu bisa bantu dengan cara lain selain minjemin uang ke mereka. Misalnya, kamu bisa bantu mereka dapat pekerjaan (kalau belum kerja), bantu mereka bikin budget, bantu mereka punya pemasukan sampingan, dll. Kamu bahkan bisa bantu mereka untuk konsultasi ke financial planner untuk mengatasi permasalahan keuangan mereka. This way, hubungan kamu tetap terjaga dan kamu bisa bantu mereka jadi lebih mandiri secara finansial.
  • Consider lending money as giving a gift:  Yes, coba aja mikirnya bahwa minjamin uang berarti ngasih ‘hadiah’ ke orang-orang terdekat kamu.  This way, kamu nggak bakal punya ekspektasi supaya uangnya dibalikin (Karena emang banyakan yang nggak balik guuuuuys). In this sense, kamu cukup mikirnya: kalau mereka balikin, ya bagus, tapi kalau ternyata nggak dibalikin, ya gpp juga. Kalau kamu ikhlas ngasihnya, kamu nggak bakal dendam ketika mereka nggak balikin uangmu.
  • Kalau kamu mau minjam, bikin rencana pengembaliannya:  Meskipun saudara, sebaiknya kamu punya rencana gimana kamu bakal mengembalikan uangnya. Hal ini adalah bentuk penghormatan kamu terhadap saudara kamu yang udah mau bantu ketika kamu butuh. Jadi, sebaiknya kamu bikin perjanjian tertulis supaya jelas dan menghindari konflik ke depannya. Dokumen tersebut harus berisi nama kedua pihak, nominal yang dipinjam berapa, jadwal pengembalian, dan bunga (tergantung kesepakatan), terus dokumennya juga ditandatangani kedua pihak. Dokumen tersebut bisa jadi bukti bahwa pinjamannya bukan ‘hadiah’ tapi beneran pinjaman. Kalo misalnya ada yang bilang, “Kan ama sodara, harus banget nih seribet ini?” Jawab aja ya emang IYA HARUS.
  • Don’t judge them: Minjemin uang ke saudaramu bukan berarti kamu bisa seenaknya nge-judge mereka. Misalnya, adikmu yang minjam uang ke kamu, terus dia malah jajan kopi terus, sebaiknya kamu nggak usah tuh nge-judge dia kerjaannya jajan terus. Setiap orang punya perilaku keuangannya sendiri, jadi terserah mereka mau apain duit mereka, yang penting duitmu balik. Nah, cara terampuh supaya kamu nggak nge-judge mereka adalah dengan mengingatkan dirimu sendiri kalau uang yang kamu pinjamin adalah ‘hadiah’ dari kamu dan ikhlas. Jadi, balik lagi ke kamu sendiri, bisa ikhlas atau nggak? Kalau kamu ikhlas, kamu bisa menghindari konflik-konflik lain. Kalo emang masih ngarep duitnya balik, mending gausah minjemin.
  • Stick to the payback plan:  Kalau kamu yang minjam, pastikan kamu bayar sesuai jadwal yang disepakati di awal. Jangan mentang-mentang saudara sendiri, kamu lambat-lambatin balikin uangnya. Kalau ternyata kamu kesulitan untuk balikin uangnya on time, kamu bisa negosiasi dan perbaiki jadwal pengembaliannya supaya both are on the same track and happy.


When you have nothing to do for the weekend…

Quarantips is the answer! All cool things from podcasts to events to books, to YouTube channel… everything to make your weekend merrier!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Baca webtoon judulnya My Roomate is Gumiho! Ini lucu banget ngakak parah guling-guling, kalo selera humor kamu receh-receh aja kamu pasti bakal suka sama yang satu ini. Even genrenya romance tapi kerasa kayak daily life HAHAHA soalnya relatable banget~ definitely worth killing the time and boost your mood and made up your day a lillll better and brighter! — kalo kamu mau share-share bacaan lucu-lucu atau meme receh sila ketuk DM (@fakhriyaazzahra)
  • Karena banyak di antara kira yang mengeluh tentang overworked, jadi kupikir banyak juga di antara kita yanh susah membedakan kapan waktu bekerja dan kapan waktu istirahat. Aku rekomendasiin baca buku “Manajemen Leha-Leha” dari Ishida Masaki-sensei. Have a Good Rest~~ (Anonymous)
  • Aku mau rekomendasiin film Filipino yang heartwarming dan cocok banget ditonton pada suasana pasca Lebaran ini, judulnya Four Sisters and a Wedding ini film banyak pesan moralnya dan ada komedinya juga. Terus ada sekuelnya juga yang baru rilis tahun 2020 lalu, ceritanya tentang younger version dari four sisters itu judulnya masih mirip yaitu Four Sisters Before The Wedding. Nah serunya ada plot twist-nya gtu trus gaya bicaranya orang Filipino yang kaya anak Jaksel campur-campur English+Tagalog juga lucu banget karena ada beberapa Bahasa Tagalog yang aku denger mirip-mirip sama Bahasa Indo. Very recommended deh! (- @xiaocilla) 
  • Kalau kalian butuh acara komedi tapi tetap serius, you guys might want to check this Netflix series Patriot Act with Hasan Minhaj. Series dipandu sama comedian Hasan Minhaj di mana dia membahas isu-isu penting seperti kasus Covid 19, industri fashion, politik, dan lainnya secara informatif dan juga menghibur. So eye-opening! (ig: @yasmineasyr) 
  • I really recommend ‘Midnight Library‘ sebagai bacaan fiksi yang pas banget untuk self-reflection. Banyak banget hal yang bisa kita relate *I think* dari karakter utamanya, mainly tentang untuk being present A LOT more, gak stuck di regrets yang kita punya, dan lebih menghargai keadaan in general. Buku ini best fiction 2020 kl gasalah di Goodreads makanya I gave it a go hihih n you should too! (@galhardj)

  • Buat temen-temen yang suka baca, cobain deh baca cerbung digital. Aku sekarang lagi ikutin cerbung digital Rapijali 2 karyanya Dee Lestari di Storial. Seru banget! Kita sebagai #Digitribe, disediakan forum di Discord buat bahas cerbungnya, dari mulai ngobrol random sampe tebak-tebak alur cerita. Asik sekali bisa bahas novel dengan yang se-frekuensi. Cerbungnya terbit setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Udah gitu ada audio story-nya, rasanya beneran kaya lagi didongengin sama Dee Lestari. 😁 (Anonymous)
  • Kemarin aku baru baca novelnya Jessica Jung judulnya shine. Untuk yang pecinta Kpop ini bagus banget. Ceritanya tentang kehidupan seorang trainee idol soal perjuangan, love story, dan hal yang gak kita ketahui lainnya soal agensi besar Kpop. Ini seru bangett dan bikin kita percaya diri juga soal apa yang udah kita lakuin dan perjuangin itu kalau dibarengi usaha gaakan terasa sia-sia meskipun kita belum tahu masa depan akan bersikap bagaimana sama kita. Recomenddded!! (Anonymous)
  • Mau rekomendasi anime yang udah lama tapi mungkin banyak yang belum tau dan belum nonton juga ya hehe. Judulnya haikyuu, tentang volleyballStory line-nya bagus banget terutama tiap lagi pertandingan volinya. Friendship, dan perjuangan mereka buat ngeraih mimpi mereka itu juga bagus untuk dicontoh dan nyaman untuk ditonton. Anime slice of life dan ada seikir komedinya ini jadi ga bikin bosen sama sekali. (@monicaliyaa)
  • Buat kalian yang suka menghabiskan waktu buat bikin belajar, aku mau recommend channel deemd. Lewat channel ini aku sadar seberapa besar effort orang-orang di luar sana untuk belajar! Walaupun kadang bikin gue insecure karena sering males-malesan, gue jadi lebih semangattt belajar. (Anonymous)
  • Wajib banget nonton SKY Castle on Netflix, plotnya tentang ibu-ibu tajir yang berusaha masukin anak-anaknya ke sekolah kedokteran SNU alias UI/UGM-nya South Korea, gimana pun caranya. Di awal Ep1 mungkin kalian bakal ngira it’s just another serial dengan drama ibu-ibu tajir bigos. But, NO!! It’s more intense 🙂  (@treis.sa)

Quote of the day:

“We realize the importance of our voices only when we are silenced.”
 
-Malala Yousafzai-

Thank you note

Thanks to Seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1.  Lagi gak semangat dan capek banget liat kuliah online beserta tugasnya. Buka toko online aku di salah satu marketplace dan pas baca review ada beberapa yang doain semoga tokoku makin sukses dan laris, jadi rada semangat. Hal kecil tapi bisa berarti lebih buat aku 🙂
-Penjual skincare online-

 
2. Jadi gue itu punya kelompok yang setiap ada tugas individu maupun kelompok kita diskusi bersama sambil belajar bareng. Dulu gue mikir kuliah akan susah bagi gue karena gue juga mesti kerja. Tapi karena mereka, kehidupan perkuliahan gue jadi lumayan mudah dan asik. Anyway, terima kasih buat kalian ‘Cuap-Cuap’ udah buat kehidupan gue sebagai mahasiswa menjadi lebih mudah dari yang gue bayangin. Semoga pertemanan kita bisa bertahan lama bahkan sampai ketika kita sudah memiliki keluarga masing-masing.
-Jakarta Utara-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)