Friday Pause: Cake by the ocean 🎂

471


Good morning!

 
Thank God it’s Friday! It’s time to treat yourself with a light and fun read like our today’s edition because, well, everybody deserves some down time. Besides, you’ve already done very well by (almost) surviving this week. So, here’s some memes, fun recs, and tips to kickstart your weekend. Let’s go!

For the love of Meme: Bye for now, sweatpants and pyjamas…


When WFH made your back hurts….

You’re just probably old.
 
And nope, we are not going to talk about your sitting posture, or which work desk you should get. We’re gonna talk about something scarier: Retirement aka pensiun. No no no, don’t back up, Millennials, we need to talk. Jadi nih, menurut riset dari yang dilakukan oleh HSBC di tahun 2019 lalu, diketahui bahwa mayoritas warga Indonesia nggak siap pensiun. Hal ini yha karena banyak orang tua yang emang nggak menyiapkan dana pensiun, atau emang abis atau nggak cukup aja duitnya.
 
Nah, at this point, mungkin ada dari kamu yang udah maupun belum punya dana pensiun. Either way, kamu perlu tahu nih, bahwa dana pensiun pentiiiing banget biar masa tuamu tenang, bisa santuy, dan nggak nyusahin anak (PENTING). Tapi, say misalnya kamu udah punya dana pensiun, udah saving dari awal kerja, tapiiiii bukan namanya milennials kalo hidup kita nggak banyak tantangan. Kalo kamu lahir di tahun 90’an, kamu udah melewati krisis moneter, reformasi, tragedi bom Bali, tsunami Aceh, hingga sekarang, pandemi global. Geeez…. you’re such a fighter to make it this far *clap-clap*. However, tomorrow will come, and you will have to start saving for your retirement, because, who knows what else will be coming our ways? Nah, kalo kamu emang lagi pengen mulai nabung dana pensiun di tengah pandemi Covid-19 gini, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
  • Start small, start now. Emang, susah banget nabung pas kondisi pandemi gini, apalagi kalo ternyata kamu kena pengurangan gaji atau bahkan lay off. Tapi nggak apa-apa guys, mulai aja nabung walaupun kecil. Walaupun cuma kayak, Rp100 ribu per bulan, gpp banget. Yang penting mulai dulu.
  • Jangan takut berinvestasi. Iya, nabung itu penting, tapi setelah tabunganmu cukup, kamu harus mulai mikir untuk berinvestasi di instrumen lain kayak saham atau crypto. Kenapa? Karena ide dari pensiun adalah kalo bisa sih dilakukan sedini mungkin, dan untuk mencapai hal itu, kamu perlu menumbuhkan uang kamu lebih cepat. Makanya, berinvestasi bisa jadi salah satu opsimu. Meski emang beresiko, namun berinvestasi di instrumen-instrumen tadi bisa ngasih kamu “return” yang lebih banyak dan lebih cepat, jadi bisa banget tuh, kamu mulai pelajari opsi-opsinya. Inget guys, pelajari juga resikonya ya!
  • Cari kerjaan part time atau freelance. Ini penting, supaya tabungan pensiunmu bisa jalan terus. Kalo kamu udah punya tabungan pensiun terus tiba-tiba kena lay off, plz jangan nyerah ya! Usahain kamu nggak narik dana pensiunmu, dan mulai cari kerjaan lain yang part time atau freelance. Kalo lagi kondisi begitu, nggak apa-apa kalo kamu mengurangi jumlah dana yang kamu tabung ke tabungan pensiunmu. Yang penting jangan langsung ditutup aja tabungannya.
  • Talk it out with your spouses/family. Ini MALES sebenernya tapi penting. Jadi misalnya guys, kamu selama ini ngasih uang bulanan ke keluarga dari gajimu. Terus misalnya kamu kena pay cut nih, tapi kamu mau tetap konsisten untuk nabung dana pensiun. Kalo udah kayak gitu, kamu perlu ngomong sama keluarga/pasanganmu bahwa dana yang bakal kamu kasih bakal berkurang/distop dulu sementara karena kamu kena pay cut. Ini penting, karena nggak realistis juga kamu punya financial goal kalo kamu nggak meng-adjust jumlahnya sama kondisi orang-orang terdekatmu. Misalnya, kamu udah nabung buat naik haji, tapi keluarga ada yang nganggur dan mintain duit kamu terus, yang ada malah tabunganmu nggak kekumpul-kumpul.
  • Jangan buang duit. Ini klasik lha ya. Misalnya kamu udah jarang ngegym, hentikan aja membershipnya. Kalo kamu punya membership streaming online sendiri, coba cari temen-temen untuk bisa langganan barengan, supaya lebih murah. Suka order makanan online? Coba mulai masak sendiri deh. Hal-hal kecil juga perlu banget kamu perhitungkan, misalnya kalo kamu tinggal sendiri, pastiin lampu di ruangan yang nggak kepake dimatiin. Pokoknya be super mindful about how you spend your money.
  • Pindahkan asetmu. Pandemi bikin kamu jarang jalan-jalan ke mol? Nah, uang jalan-jalannya bisa kamu tabung. Begitu juga kalo kamu jadinya nggak liburan atau traveling ke luar negeri, dananya juga jadi bisa kamu alihkan ke dana pensiunmu. Yuk bisa yukkkk…


Now on to the moooore fun part: Our weekly quarantips!

Welcome, welcome. It’s your weekly quarantips again, and we got aaaaall the cool stuff here.
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Mau rekomendasiin drama law school yang akhir-akhir ini bikin aku gak fokus nyiapin ujian, hehe. So basically, this series tells bout students and professors in a law school who come across an unusual caseA professor at a prestigious law school and his students get involved in an unprecedented case. A drama about the process of prospective lawyers realizing authenticity, law and justice. Series tentang anak hukum kek gini menurutku jarang and produksi filmnya bener-bener keren bgt, all the stars are super talented. Wajib banget ditonton pokoknya (@rozazd_)
  • Adulting is hard, saving money? Waaaaay harder. You know what’s easy? This. You know what’s eeeeeasier? Sign up. And you’ll get 100k e-wallet for free (Us!).
  • Mau rekomendasiin serial dokumenter berjudul the “The most dangerous animal of all“. Kalo mikirnya dokumenter cuma orang ngomong, dokumenter ini akan buat kamu berempati terhadap trauma krisis eksistensi terhadap anak adopsi. Plotnya sih tentang seorang anak adopsi yang cari orang tuanya, tapi dia malah berspekulasi bapaknya adalah ‘Zodiac Killer’. Iya kamu benar! Pembunuh berantai AS misterius itu loh. Banyak plot twist yang gak bakal kamu kira. Aku jamin itu. (Tw=@sasustus)
  • Buat kalian yang lagi nyari bahan bacaan ringan dengan kombinasi genre komedi, keluarga, dan romansa, novel berjudul “The Chronicles of Audy
    Advertisement
    ” karya Orizuka bisa jadi pilihan yang tepat. Novelnya ada 4 seri, tapi ceritanya yang seru membuatnya jadi tidak membosankan. Isinya bercerita tentang Audy, cewek berusia 22 tahun yg bekerja sebagai baby sitter merangkap ART di rumah 4R alias Si Empat Bersaudara -Regan, Rex, Romeo, Rafael- untuk membayar biaya kuliahnya yang tinggal skripsi. Novel ini memang sudah lama terbit, tapi kalian masih bisa mendapatkan bentuk fisiknya di platform jual-beli online, atau bentuk digitalnya di Google Play Books. (@tangerinejingga)
  • Do you guys still listen to the radio? I do! Selama WFH, salah satu mood booster-ku adalah dengerin Mustang 88 FMPlaylist-nya up-to-date, kontennya kocak, but always well-delivered and informative. Kadang suka bosen kalo cuma dengerin playlist on-loop atau on-repeat, so the announcers really lighten up the mood and you can request a song too! Buat yang di luar Jabodetabek, bisa dengerin via aplikasi Noice (: (From. @sweetsavoriy)
  • Buat yang butuh cerita seru, sedih, lucu, gue rekomen Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi karya Yusi Avianto Pareanom. Fiksi yang dikait sama beberapa kejadian IRL di masa berlainan. Seru banget cara nyeritainnya, detail, apalagi kalo lagi bahas makanan. Cerita tentang perjalanan pangeran dalam misi penyelamatan kerajaan. Sama sekali nggak boring, plus kalian pasti banyak nemuin kosakata baru di dalamnya. Gue udah beli bukunya 5 kali dan berakhir dikasi ke orang semuanya karena pengen orang lain baca juga. Hehehe.. (@fachryprayasi)
  • Hi! Disini aku mau recommend serial Netflix yang judulnya “Special”! Premisnya sendiri sih aslinya simple banget. It just tells about a homosexual who tries to find the “right” one. But trust me when I tell you that families and friends do play a huge role within! Banyak banget moral values yang bisa kita ambil dari tiap-tiap episodenya. It’s a pity karena serial ini cuma hadir dalam dua season. Although seasonnya sendiri cuma sedikit, aku rasa Special bisa ngerangkum semua isinya dengan apik dan sayang banget buat kalian lewatin. Thus, check it out! ♡︎ (@skiesandhues).
  • Buatmu yang mulai tertarik dengan kesehatan mental dan psikologi, kusaranin buat nonton konten di channel YouTube Psych2Go. Suara naratornya tu adem bener, animasinya juga cute :” dan yang terpenting adalah penjelasannya yang singkat padat and. Keep your mental healthy, Buddies~ (シガワリ)
  • Hi! aku mau rekomendasiin nonton beberapa channel YouTube untuk mengisi weekend kalian nih! Bagi kalian yang doyan makan bisa nih cek channelnya Farida NurhanSeparuh Aku LemakKoko BuncitGedein Perut atau Boengkoes Network. Lalu, kalo mau channel horor pendakian gunung di Indonesia bisa cek channelnya Prasodjo Muhammad. Yay!! semoga dapat menghibur weekend kalian ya! (– Moringa)

Quote of the day

“Whatever you are, be a good one.” 
 
-Abraham Lincoln-

Thank you note

Thanks to Anonymous, Andien & Ivorana for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1.  Beberapa hari yang lalu datang ke polres sore-sore. Muka udah kusut banget dan nggak siap naik tangga sampe ke lantai 3 karena capek banget. Ada provost yang sadar kalo gue capek kayaknya akhirnya kasih gue akses naik lift wkwk hadoooh padahal tuh lift cuma buat orang tertentu aja sama ibu hamil. Pokoknya makasih banget ya Pak Suki yang jaga di resepsionis polres jaksel!

-mo-
 
2. Belakangan aku lagi mengalami krisis identitas. I am a fresh graduate doctor and have nothing to do for 6 months. Minggu lalu aku ikut mentoring tentang self development karena aku selalu berpikir kalau ada yang salah dengan aku dan aku butuh sudut pandang orang lain untuk menunjukkannya. Ada 60 menit dialog dan aku banyak diam, tapi aku mau bilang makasih banget buat mentor yang memvalidasi kebutuhan aku akan makna dan menyarankan aku untuk menyelami ilmu filsafat. Aku ga bisa bilang makasih secara langsung dan nyeritain kalau dengan baca buku yang dia saranin in a way membuka pintu aku menemukan diri sendiri. I am now healing myself after 60-minute talk we had last week. semoga semesta membalas kebaikan yang kamu sebabkan.
-pengguna satu persen-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)
Advertisement