Darnella Frazier, Remaja Perempuan Asal Tennessee yang Merekam Kejadian Pembunuhan Terhadap Warga Kulit Hitam di AS Meraih Penghargaan

32

Who just changed the world and (won an award)?

The teenager named Darnella Frazier.
Sounds unfamiliar? We got ya. Jadi guys, Darnella Frazier ini adalah seorang remaja perempuan asal Tennessee yang merekam kejadian viral pembunuhan terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat, George Floyd. Video dari Darnella kemudian menjadi viral dan memulai munculnya pergerakan antirasisme #Blacklivesmatter yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu. Jadi awalnya, Darnella yang waktu itu berumur 17 tahun lagi jalan ke supermarket untuk beli snack ketika melihat George Floyd lagi ditekan lehernya sama polisi yang membunuhnya, Darek Chauvin. Melihat hal itu, Darnella buru-buru merekam kejadian tersebut pake HP dan langsung meng-upload videonya ke Facebook. Dalam waktu singkat, videonya di-reshare sampai jutaan kali.
 
Selain Darnella, dua media asal Amerika Serikat, yakni Associated Press (AP) dan The New York Times juga meraih penghargaan jurnalistik untuk peliputannya yang ciamik terkait aksi #Blacklivesmatter di berbagai kota di Amerika Serikat, dan terhadap pandemi Covid-19.