Dana Pensiunan PNS Akan Dibayar Dengan Iuran Pasti Atau Fully Funded

46

When you need to save up for retirement…

Pegawai Negeri Sipil aka PNS can relate. 
Why? Karena Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo baru aja memastikan bahwa dana para pensiunan PNS akan dibayar dengan iuran pasti atau fully funded. Ga tanggung-tanggung guys, kalo temenmu yang PNS udah pensiun, maka mereka bisa dapet dana pensiunan sampe Rp1 Milyar!
 
Beeeeneran? 
Yoi. Kenapa bisa gede banget gitu, you may think? Hal ini adalah karena dana pensiun PNS nantinya akan diambil berdasarkan jumlah take home pay (THP) mereka. Sedangkan saat ini, potongannya diambil dari gaji. Nah, kalo gaji kan angkanya kecil yaa… makanya iurannya juga kecil, sehingga ketika para PNS ini pensiun, dananya nggak cukup. Adapun dengan skema take home pay, maka presentase dana pensiunannya bakal lebih besar. Selain itu, pembayaran iurannya juga dilakukan secara patungan, dari gaji PNS-nya sendiri dan dari pemerintah.
 
Patungan gimana? 
Jadi, PNS bakal bayar iuran per bulannya sebesar persentase dari THP tadi, ditambah sama anggaran dari Pemerintah sendiri.  In other words, PNS bakal ikut menabung untuk biaya pensiunannya nanti supaya nominalnya lebih tinggi dari yang sekarang. Menurut catatan dari Kemenpan-RB, dengan skema ini, maka dana pensiunan untuk pegawai eselon I di kementerian bisa mencapai Rp20 juta per bulan. Jadi yhaaa ga heran kalo ad PNS yang bisa dapet dana pensiunan sampe Rp1 Milyar.
 
Whoaaaa… 
Yuhuuuu emang menurut Menteri PAN-RB periode 2016-2018 Asman Abnur, skema ini tentunya lebih baik dan udah diterapkan di Korea Selatan. Di sana, pemerintahnya menerapkan iuran dana pensiun sebesar 20% dari gaji pokok, di mana 10% datang dari pemerintah dan 10% dari PNS-nya sendiri. Dana iuran ini kemudian dikumpulkan, dan nantinya dikembalikan ketika karyawan tersebut pensiun.
 
Terus kalau untuk yang bukan PNS gimana dongs? 
No need to worry gengs, kamu nggak harus jadi PNS untuk bisa dapat uang pensiun tinggi kok! Tapi kamu bisa mulai rajin menabung per bulannya untuk dana pensiunmu nanti. Di era digital gini, gampang banget bikin rekening bank secara online.  For example, kamu bisa download aplikasi perbankan di ponselmu dan langsung bikin rekening. Ga perlu ke bank-nya!
 
Misalnya apatu… 
Everyone, meet: CommBank Mobile dari Bank Commonwealth. Aplikasinya seru banget karena punya berbagai fitur untuk membantu kamu mengatur keuanganmu lebih baik. Misalnya, fitur GoalSaver yang bakal meng-autodebit uangmu secara otomatis untuk mencapai target menabung tertentu, kayak menabung untuk dana pensiun. Terus biar ga langsung sebar-sebar duit dengan nggak terkontrol abis gajian, kamu juga bisa pake fitur anggaran dan pengeluaran yang bakal mencatat semua pengeluaranmu secara otomatis. Pssst…. Kamu pun bisa transfer gratis ke mana aja (termasuk top up e-wallet!) sebanyak 30 kali per bulan loh! Learn further about the app here dan dapatkan saldo e-wallet 100K gratis (sstt..cuma sampai 30 Juni!) ketika kamu daftar pake referral code CMU100K. Yuk buka rekening sekarang! Cusssss….