Daftar Negara-negara yang Paling Layak Huni di Tahun 2021

34

When you’ve been looking for a new place called home…

Check this list first.
 
Jadi itu tadi adalah daftar negara-negara yang paling layak huni di tahun 2021 ini guys. Dalam daftarnya, kota-kota tersebut dinilai dari kemampuan mereka menangani pandemi Covid-19, hingga bikin kehidupan warganya berangsur-angsur normal. Now, shall we begin?
 
Dalam 10 besar kota yang paling layak huni, mayoritas daftar diisi oleh negara-negara down under, kayak New Zealand dan Australia. Jadi di posisi pertama ada Auckland (NZ), terus di ketiga ada Adelaide (AUS), keenam ada Perth (AUS), dan kesembilan dan sepuluh ada Melbourne dan Brisbane (AUS). Menurut peneliti dari The Economist Intelligence Unit yang bikin daftar ini, emang New Zealand dan Australia telah berhasil memberlakukan kebijakan ketat yang bikin warganya saat ini bisa menikmati hidup kayak sebelum pandemi. FYI, daftar ini juga menilai dari lima kategori, which includes: stability (25%), healthcare (20%), culture and environment (25%), education (10%), and infrastructure (20%).  Terus, menurut The Economist Intelligence, Auckland berhasil mendapatkan nilai paling bagus karena sukses menghadapi pandemi dengan cepat, dan mampu mencabut upaya pembatasan aktivitas lebih cepat dari yang lain.
 
Meanwhile, kota-kota paling tidak layak huni adalah Damaskus (Suriah), Lagos (Nigeria), Port Moresby (Papua New Guinea), Dhaka (Bangladesh), dan Aljir (Aljazair).
 
Bye, we’re packing…