Corona Updates 28 Juni 2021

49

Hello, it’s covid-19 updates again…

Hi there! Yep, the updates is still here. And as always, we start from…

Home.

  • Per kemarin, 27 Juni 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 2.093.962 kasus, dengan kasus aktif 194.776, angka sembuh 1.842.457, dan kasus meninggal 56.729.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (482.264 kasus), Jawa Barat (350.719 kasus), Jawa Tengah (232.839 kasus), Jawa Timur (165.013 kasus), dan Kalimantan Timur (74.069 kasus).
  • Stay safe guys, karena menurut ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia Iwan Ariawan, lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia bakal terus meningkat sampe akhir Juni atau awal Juli depan. Hal ini karena kalo melihat pola kenaikan kasus Covid-19 sebelumnya, lonjakan kasus kerap terjadi kurang lebih satu bulan setelah puncak mobilitas penduduk which is Lebaran kemarin. Hiks…
  • It’s not all bad news though. Sabtu kemarin, untuk pertama kalinya jumlah vaksinasi harian di Indonesia pecah rekor, yakni tembus di angka 1,3 juta lho vaksinasi per hari. Dalam keterangan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kemarin, pencapaian ini thx to TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN dan pihak swasta yang udah membantu.
  • Meningkatnya angka kasus Covid-19 di D.I.Yogyakarta bikin stok tabung oksigen untuk para pasien menipis di provinsi tersebut. Menurut para agen, kekosongan ini terjadi sejak Sabtu lalu, karena pasokan oksigen saat ini tengah difokuskan buat rumah sakit. Jadi udah ga dijual eceran gitu guys.
  • Seiring dengan perkembangan ini, Pak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kemudian angkat bicara. Beliau bilang bahwa stok tabung oksigen secara nasional itu masih cukup kok, untuk kekurangan yang terjadi di Yogyakarta, hal itu disebabkan sama pabrik produksi yang sempet mati lampu. *Wink* Oppa Nassar *wink*.
  • Kemarin, Ketua Tim Mitigasi Dokter Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Humaidi bilang bahwa di Hari Minggu kemarin, udah ada empat orang dokter yang meninggal dunia karena Covid-19. Dengan tambahan ini, maka total dokter yang meninggal adalah sebanyak 405 orang.
  • Baru aja ni guys, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membolehkan pemberian vaksin Sinovac buat anak usia 12 sampe 17 tahun. Informasi ini disampaikan oleh epidemiolog UI Pandu Riono di akun Twitter-nya, namun belum ada keterangan resmi dari BPOM.
  • Berhubung kasus Covid-19 makin tinggi, stay at home dulu ya, guys. Daripada kayak tempat futsal di Pulogadung yang disegel Satpol PP ini gara-gara gak taat prokes sampe bikin kerumunan…

Meanwhile, internationally… 

  • Per 27 Juni 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 180.796.678 kasus dan 3.971.369 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.621.537 kasus), India (30.233.183 kasus), Brazil (18.386.894 kasus), Prancis (5.830.394 kasus), dan Turki (5.404.144 kasus).
  • Not so good news soal kasus Covid-19 varian Delta Plus, karena sejauh ini, kasusnya udah ditemuin di lebih dari 200 kasus di 11 negara, termasuk Indonesia. Delta Plus sendiri adalah mutasi dari varian Delta yang pertama kali ditemuin di India pada Februari lalu. Menurut badan pengurutan genom Covid-19 pemerintah India, varian Delta Plus menunjukkan beberapa kecenderungan yang concerning banget, kayak peningkatan penularan, pengikatan yang lebih kuat pada reseptor sel paru-paru, dan potensi pengurangan respons antibodi.
  • Mulai hari ini, pemerintah Thailand bakal memberlakukan pembatasan sosial ketat yang berlaku di ibu kota Bangkok dan lima provinsi sekitar ibu kota dalam upaya membendung penularan kasus Covid-19 yang makin meningkat di sana. Dalam keterangan resminya, pemerintah melarang warga untuk makan di restoran di Bangkok, dan lima provinsi sekitarnya. Terus mal dan restoran juga harus tutup jam 10 malam, dan ada pelarangan kumpul-kumpul untuk lebih dari 20 orang.
  • Gak cuma Thailand, kota terbesar di Australia yaitu Sydney juga baru aja memberlakukan lockdown regional selama dua minggu ni guys. Adapun kebijakan ini diambil setelah ditemukannya 110 kasus varian Delta yang disebabkan oleh pembukaan penerbangan internasional di sana. Dengan adanya aturan ini, maka restoran, bar dan cafe akan ditutup, dan warga juga diminta untuk di rumah aja.
  • Mulai besok, warga di Italia udah nggak perlu pake masker lagi pas berada di luar ruangan. Kebijakan ini diambil seiring dengan udah menurun drastisnya angka penularan dan keterisian rumah sakit di sana. Meski begitu, warga masih harus pake masker pas berada di dalam ruangan dan pas lagi naik ransportasi umum.
  • Per hari ini, lockdown nasional di Malaysia lanjut lagi guys. Jadi harusnya, lockdown-nya berakhir pada Hari Minggu kemarin, namun kemudian Perdana Menteri Muhyiddin Yassin bilang bahwa lockdownnya diperpanjang sampe kasus harian di negaranya turun di bawah 4.000 kasus. Adapun per Sabtu kemarin, kasusnya masih di angka 5.803. Sampe kapan lockdown-nya? Yha pokoknya sampe kasusnya di bawah 4.000.
  • Per Hari Sabtu kemarin, Jerman resmi melarang kedatangan pengunjung ke negaranya yang berasal dari Portugal dan Rusia. Adapun hal ini dikarenakan kedua negara tadi tengah mengalami kenaikan kasus karena munculnya varian delta.