Corona Updates 14 Juni 2021

29

Now, we’ll start with some Covid-19 updates…

Yep, Monday is for your bite-sized Covid-19 updates. It’s weekly, it’s simple, and hopefully it won’t get you overwhelmed. Let’s go!

 
Nationally…
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.901.490 kasus, 52.730 meninggal (2,8% dari Terkonfirmasi), dan 1.740.436 (91,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (445.302 kasus), Jawa Barat (327.698 kasus), Jawa Tengah (213.105 kasus), Jawa Timur (158.461 kasus), dan Kalimantan Timur (72.592 kasus).
  • Weekend kemarin, Satpol PP akhirnya memberikan denda sebesar Rp500 ribu ke 12 gerai McDonald’s di Kota Bandung. Kebijakan ini diambil sebagai buntut dari kerumunan yang muncul setelah launching BTS Meal.
  • Baru-baru ini, Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Jumeri mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan saat ini baru mencapai 35 persen dari target yang udah ditetapkan pemerintah. Dengan angka begini, maka pemerintah lagi mengupayakan supaya penyaluran vaksinasi buat tenaga pengajar dipercepat, secara targetnya, Juli ini sekolah-sekolah udah mulai boleh re-opening secara terbatas.
  • Wali Kota Medan, aka mantunya Pak Jokowi, Bobby Nasution baru aja menyatakan bahwa wilayahnya siap menerapkan sekolah tatap muka lagi. Bobby juga memastikan bahwa pelaksanaan sekolah tatap muka bakal menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
  • Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo bilang bahwa saat ini tengah terjadi ‘guncangan’ di industri tekstil di Jateng gara-gara pandemi Covid-19. Dalam laporannya ke Menteri Ketenagakerjaan Bu Ida Fauziyah, Mas Ganjar bilang bahwa pandemi membuat perusahaan banyak yang harus PHK, dan ini serem banget.
  • Minggu lalu, kapasitas rumah sakit darurat Covid-19 di Lapangan Indrapura, Surabaya, membludak seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Madura. Dari total keseluruhan 400 kapasitas, kini 324 di antaranya telah terisi dengan didominasi pasien asal Madura.
  • Pemerintah Amerika Serikat baru aja mengeluarkan imbauan pada warganya untuk nggak bepergian ke Indonesia karena risiko penularan infeksi virus Covid-19 yang dinilai tinggi, ancaman terorisme, sampe kerusuhan di sejumlah daerah terutama Papua dan Sulawesi Tengah. Menanggapi hal ini, Kemlu Indonesia bilang bahwa nggak ada yang baru karena Indonesia juga sering kok, menerbitkan travel warning buat warga yang mau ke luar negeri.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 175.658.298 kasus dan 3.795.047 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.457.410 kasus), India (29.439.989 kasus), Brazil (17.374.818 kasus), Prancis (5.799.459 kasus), dan Turki (5.325.435 kasus)

  • Weekend kemarin, Pemerintah Malaysia memutuskan untuk  memperpanjang lockdown total di wilayahnya demi menekan penyebaran virus corona. FYI guyslockdown ini diperpanjang selama dua minggu, mulai 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

  • Presiden Brasil Jair Bolsonaro baru aja kena denda sebesar US$100 (Rp1,420 juta) karena nggak pakai masker pas menghadiri acara rally sepeda motor buat para pendukungnya. Jadi, Sabtu kemarin, Bolsonaro menghadiri acara rally motor untuk meraih dukungan kembali buat pilpres Brasil tahun depan, dan ada ribuan pesepeda motor yang turut hadir.

  • Udah fix ni guys, bahwa tahun ini, Arab Saudi nggak menerima jemaah haji dari luar negeri. Dalam keterangan dari Kementerian Agama minggu lalu, disebutkan bahwa tahun ini, kegiatan haji masih diperuntukkan buat warga lokal maupun ekspatriat yang udah tinggal di sana. That way, jemaah haji Indonesia tahun ini nggak ada yang berangkat :(.

  • Per hari ini, Singapura bakal mulai melakukan pelonggaran aturan jaga jarak karena laju penambahan kasus Covid-19 yang mulai reda dalam beberapa waktu belakangan. Dengan pelonggaran ini, tempat-tempat publik kayak museum dan perpustakaan bisa mulai menerima pengunjung dengan 50 persen kapasitas, bertambah dari sebelumnya yang hanya 25 persen.

  • Seiring dengan kebijakan Amerika Serikat yang mau bagi-bagi vaksin sebanyak 500 juta dosis ke negara miskin di seluruh dunia, Presiden AS Joe Biden bilang bahwa donasi itu nggak meminta imbalan apa-apa aka no-string attached. Biden menegaskan bahwa bantuannya itu nggak minta imbalan atau balasan, tapi emang berangkat dari keinginannya mengakhiri pandemi.