Corona Updates 14 Juni 2021, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong Meninggal Dunia Dalam Penerbangan Lion Air dari Bali ke Manado, Group of Seven (G7) Mengadakan Pertemuan Tahunan di Cornwall, UK pada Jumat Sampai Minggu Kemarin, Darnella Frazier, Remaja Perempuan Asal Tennessee yang Merekam Kejadian Pembunuhan Terhadap Warga Kulit Hitam di AS Meraih Penghargaan

99

Good morning,

 
Hi, it’s us again. Another week is here and since the weather has been nice lately, we wish you a positive start today. Things have been hectic lately here @Catchmeup HQ since we are preparing for our 2ND ANNIVERSARY (YEAY!!!) and we’re SO EXCITED! Keep checking your inbox for further cool announcement!

Now, we’ll start with some Covid-19 updates…

Yep, Monday is for your bite-sized Covid-19 updates. It’s weekly, it’s simple, and hopefully it won’t get you overwhelmed. Let’s go!

 
Nationally…
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.901.490 kasus, 52.730 meninggal (2,8% dari Terkonfirmasi), dan 1.740.436 (91,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (445.302 kasus), Jawa Barat (327.698 kasus), Jawa Tengah (213.105 kasus), Jawa Timur (158.461 kasus), dan Kalimantan Timur (72.592 kasus).
  • Weekend kemarin, Satpol PP akhirnya memberikan denda sebesar Rp500 ribu ke 12 gerai McDonald’s di Kota Bandung. Kebijakan ini diambil sebagai buntut dari kerumunan yang muncul setelah launching BTS Meal.
  • Baru-baru ini, Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Jumeri mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan saat ini baru mencapai 35 persen dari target yang udah ditetapkan pemerintah. Dengan angka begini, maka pemerintah lagi mengupayakan supaya penyaluran vaksinasi buat tenaga pengajar dipercepat, secara targetnya, Juli ini sekolah-sekolah udah mulai boleh re-opening secara terbatas.
  • Wali Kota Medan, aka mantunya Pak Jokowi, Bobby Nasution baru aja menyatakan bahwa wilayahnya siap menerapkan sekolah tatap muka lagi. Bobby juga memastikan bahwa pelaksanaan sekolah tatap muka bakal menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
  • Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo bilang bahwa saat ini tengah terjadi ‘guncangan’ di industri tekstil di Jateng gara-gara pandemi Covid-19. Dalam laporannya ke Menteri Ketenagakerjaan Bu Ida Fauziyah, Mas Ganjar bilang bahwa pandemi membuat perusahaan banyak yang harus PHK, dan ini serem banget.
  • Minggu lalu, kapasitas rumah sakit darurat Covid-19 di Lapangan Indrapura, Surabaya, membludak seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Madura. Dari total keseluruhan 400 kapasitas, kini 324 di antaranya telah terisi dengan didominasi pasien asal Madura.
  • Pemerintah Amerika Serikat baru aja mengeluarkan imbauan pada warganya untuk nggak bepergian ke Indonesia karena risiko penularan infeksi virus Covid-19 yang dinilai tinggi, ancaman terorisme, sampe kerusuhan di sejumlah daerah terutama Papua dan Sulawesi Tengah. Menanggapi hal ini, Kemlu Indonesia bilang bahwa nggak ada yang baru karena Indonesia juga sering kok, menerbitkan travel warning buat warga yang mau ke luar negeri.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 175.658.298 kasus dan 3.795.047 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.457.410 kasus), India (29.439.989 kasus), Brazil (17.374.818 kasus), Prancis (5.799.459 kasus), dan Turki (5.325.435 kasus)

  • Weekend kemarin, Pemerintah Malaysia memutuskan untuk  memperpanjang lockdown total di wilayahnya demi menekan penyebaran virus corona. FYI guyslockdown ini diperpanjang selama dua minggu, mulai 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

  • Presiden Brasil Jair Bolsonaro baru aja kena denda sebesar US$100 (Rp1,420 juta) karena nggak pakai masker pas menghadiri acara rally sepeda motor buat para pendukungnya. Jadi, Sabtu kemarin, Bolsonaro menghadiri acara rally motor untuk meraih dukungan kembali buat pilpres Brasil tahun depan, dan ada ribuan pesepeda motor yang turut hadir.

  • Udah fix ni guys, bahwa tahun ini, Arab Saudi nggak menerima jemaah haji dari luar negeri. Dalam keterangan dari Kementerian Agama minggu lalu, disebutkan bahwa tahun ini, kegiatan haji masih diperuntukkan buat warga lokal maupun ekspatriat yang udah tinggal di sana. That way, jemaah haji Indonesia tahun ini nggak ada yang berangkat :(.

  • Per hari ini, Singapura bakal mulai melakukan pelonggaran aturan jaga jarak karena laju penambahan kasus Covid-19 yang mulai reda dalam beberapa waktu belakangan. Dengan pelonggaran ini, tempat-tempat publik kayak museum dan perpustakaan bisa mulai menerima pengunjung dengan 50 persen kapasitas, bertambah dari sebelumnya yang hanya 25 persen.

  • Seiring dengan kebijakan Amerika Serikat yang mau bagi-bagi vaksin sebanyak 500 juta dosis ke negara miskin di seluruh dunia, Presiden AS Joe Biden bilang bahwa donasi itu nggak meminta imbalan apa-apa aka no-string attached. Biden menegaskan bahwa bantuannya itu nggak minta imbalan atau balasan, tapi emang berangkat dari keinginannya mengakhiri pandemi.

When you’ve been hearing about Sangihe… 

Here’s your update, from A to Z. 
 
Yes, please. 
Ok. Jadi Rabu minggu lalu, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong baru aja meninggal dunia dalam penerbangan Lion Air dari Bali ke Manado (melalui Makassar). Hal ini tentunya mengagetkan masyarakat, secara Pak Wabup dikenal sebagai tokoh yang menolak izin operasi pertambangan emas di Sangihe.
 
Background please. 
You got it. First of all, Kepulauan Sangihe ini terletak di Sulawesi Utara dengan luas 73.698 hektar. Nah, sejak April tahun 1997, PT Tambang Mas Sangihe (PT TMS) udah mendapatkan izin melalui Kontrak Karya (KK) untuk melakukan pertambangan emas di lokasi tersebut. Sepanjang prosesnya, terjadi berbagai negosiasi terkait luas lahan yang boleh dieksplor dll, namun intinya izinnya emang udah keluar. Terus rekomendasi dari bupati setempat juga udah didapatkan di tahun 2019.
 
Terus…
Nah, udah dapet rekomendasi dari bupati, Kementerian ESDM juga kemudian mengeluarkan surat persetujuan tekno-ekonomi atas dokumen studi kelayakan lewat Ditjen Minerba. Yha dah dapet approval ESDM, selanjutnya Gubernur Sulawesi Utara juga menerbitkan persetujuan keputusan kelayakan lingkungan pada September 2020. Jadi deh, PT TMS udah pass-pass-pass aka bisa melakukan kegiatan produksi tambangnya di mulai Januari 2021 lalu.
 
I see…
Nah, namun ternyata guys, ada satu rekomendasi yang belum didapatkan oleh PT TMS, yakni dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Jadi emang menurut aturan undang-undang tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, mestinya PT TMS juga meminta rekomendasi dari KKP, secara kan Kepulauan Singahe adalah kawasan pulau-pulau kecil.  Menurut UU tersebut, semua pemanfaatan pulau-pulau untuk penanaman modal asing harus mendapatkan izin dari KKP.  Nah, KKP sendiri belum memberikan surat rekomendasi atau izin.  Menurut Jubir KKP, Wahyu Muryadi, kalau KKP udah memberikan rekomendasi, baru deh ESDM boleh mengeluarkan izin.  Beliau menambahkan bahwa jika masyarakat nggak setuju, Pak Wahyu menyarankan agar warga meminta audiensi dengan Kementerian ESDM dan KLHK.
 
OMG…terus gimana? 
Yha itu tadi kan kita bahas dari aturannya. Di lapangan sendiri, warga mayoritas menolak tambang tersebut karena ancaman kerusakan lingkungan yang timbul kalo proyeknya lanjut. Dengan area tambang yang hampir setengahnya dari luas pulau, maka diprediksi, kalo areanya digali, maka pulaunya berpotensi tenggelam. Sangihe juga terkenal dengan 9 ekor burung endemiknya yang terancam punah kalau hutan tempat mereka tinggal berubah fungsi. Selain itu, kelompok masyarakat juga menolak tambang tersebut karena tidak dilibatkan dalam proses perizinan.
 
🙁
Yep. Nah terus pada 28 April kemarin, Wabup Sangihe, Helmud Hontong meminta Kementerian ESDM untuk membatalkan izin ke PT TMS tersebut. Beliau juga meminta agar wilayah pertambangannya dijadikan wilayah pertambangan rakyat aja, bukan untuk si perusahaan. Unfortunately, he passed away last Wednesday.  Hal ini yang menimbulkan kecurigaan netizen, kok bisa tiba-tiba meninggal di udara? Sounds familiar…
 
Iya, meninggalnya kenapa?
Menurut keterangannya polisi sih karena sakit jantung guys. Polda Sulsel juga bilang, nggak ada tanda-tanda kekerasan ataupun penganiayaan pada jenazahnya. Selanjutnya juga keterangan dari Lion Air selaku maskapai yang digunakan almarhum, menyebutkan bahwa pihak maskapai udah melakukan prosedur perawatan dan penyelamatan di penerbangan JT-740 sesuai SOP. Mereka juga menegaskan bahwa mereka nggak menyediakan makanan dan minuman ke penumpang karena semuanya penerbangan kelas ekonomi. Selain itu, pihak keluarga juga menolak jenazahnya untuk diautopsi.
 
I see, what now? 
Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) meminta agar kepolisian mengusut tuntas kematian Helmud.  Selain itu, DPR RI juga mengatakan bahwa perlu ada tindak lanjut untuk menyelidiki agar tidak muncul berbagai spekulasi. Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana mengatakan bahwa mereka akan membentuk tim khusus untuk menyelidiki penyebab kematian Wabup Helmud.
 
Ok, anything else? 
FYI, terkait perkembangannya saat ini, Sabtu kemarin, Dirjen Minerba KemenESDM Ridwan Djamaluddin bilang bahwa pihaknya bakal mengevaluasi izin tambang emas PT Tambang Mas Sangihe sebagai tindak lanjut atas adanya penolakan masyarakat. FYI guys, PT TMS adalah perusahaan milik Sangihe Gold Corporation asal Kanada, yang memiliki saham sebanyak 70 persen.  Sedangkan sisanya adalah milik perusahaan asal Indonesia: PT Sangihe Prima Mineral (9 persen) dan  PT Sangihe Pratama Mineral (21 persen).  Sementara itu, jenazah Wabup Helmud tiba di Kepulauan Sangihe pada Jumat kemarin dan disambut oleh warganya di Pelabuhan Nusantara Tahuna.  Beliau akan dimakamkan tudei.

Who was catching up over the weekend?

Me and my girls?
Nope, we’re talking about the G7 countries. 
 
G7? 
Iya. Jadi Group of Seven (G7) baru aja mengadakan pertemuan tahunan mereka di Cornwall, UK pada Jumat sampai Minggu kemarin.
 
Background please. 
Ok. A little background here, jadi G7 adalah kelompok negara-negara dengan ekonomi yang paling kuat di dunia (combined kekuatan ekonomi mereka nyampe setengah dari seluruh ekonomi dunia!) which are: Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Nah, mereka biasanya ketemuan tiap tahun untuk diskusi, rapat, bikin perjanjian, dan memberikan pernyataan bersama terkait kejadian-kejadian yang terjadi secara global.  Nah, secara UK yang lagi dapat giliran untuk jadi ketua G7 di tahun 2021, pertemuannya dilakukan di sana.
 
Ok, go on… 
Adapun pertemuannya diadakan di hotel di Cornwall, Inggris, yang juga dikenal sebagai pusat teknologi hijau (ramah lingkungan). Meskipun ini merupakan pertemuan G7, namun perwakilan Uni Eropa juga turut hadir di Inggris. Meanwhile, India, Korea Selatan, dan Australia juga ikut diundang tapi pake Zoom link. Terus, ada juga beberapa organisasi internasional yang ikutan meet up secara virtual, kayak IMF, OECD, World Bank, WHO, dan WTO.
 
Terus agendanya apa aja?
Jadi, acara dimulai dengan dinner bareng Queen Elizabeth and the Royal Family di The Eden Project.  Kemudian, topik utama dari pertemuan tersebut adalah lingkungan, lingkungan, lingkungan, di mana negara-negara G7 berkomitmen untuk meningkatkan investasi untuk ekonomi yang lebih ramah lingkungan di negara-negara yang terdampak. Selain itu, para kepala negara juga membahas soal mewujudkan sistem kesehatan global yang lebih kuat dan bisa melindungi dunia dari pandemi masa depan.
 
Gimana caranya?
Jadi para kepala negara ini udah pada setuju untuk memotong waktu approval vaksin jadi kurang dari 100 hari. Hal ini dinilai penting demi membendung penyebaran virus di masa depan. Selain itu, Inggris juga akan membangun Vaccine Manufacturing and Innovation Center untuk mempercepat proses pembuatan vaksin untuk virus yang menular dari hewan ke manusia.
 
Cool... tapi emang G7 berpengaruh ya? 
Ngaruh guys, karena mereka tajir. Terus rata-rata juga mereka punya pandangan politik yang sama terhadap isu-isu kayak perdagangan, pluralisme, security, dan HAM. Dengan kesamaan ini, maka kekuatan kolektifnya bakal besar banget. Meski begitu, G7 nggak bisa mengeluarkan peraturan apapun karena mereka yhaaa geng anak-anak tajir aja. Cuma ya gitu, dengan kekuatan ekonominya, mereka bisa bikin komitmen bareng-bareng untuk mengalokasikan dana atau bikin program, tertentu di negaranya masing-masing, maupun dalam bentuk investasi di negara lain. However nih, however….
 
However apa?
Ada yang bete juga sama geng ini. Everybody, meet: China. Di mana kedutaannya di London baru aja mengeluarkan statement yang bilang bahwa, “Kelompok kecil nggak bisa menentukan nasib seluruh dunia.” Hal ini menyusul munculnya info soal proses negosiasi yang lagi dilakukan sama G7 supaya satu suara dalam membendung pengaruh China. Caranya? dengan menyalurkan dana jutaan $$$ ke negara-negara berkembang melalui program namanya Build Back Better World (B3W) plan. Padahal, China punya program yang sama, yaitu Belt and Road Initiative (BRI) yang udah berjalan di banyak negara.
 
Geez….
Yep, selain itu, ada lagi yang bakal bikin China makin bete: Baru aja semalem banget nih, G7 mengeluarkan pernyataan bersama yang: 1. Mendesak investigasi terhadap asal usul coronavirus yang kini jadi pandemi dan meminta China supaya lebih transparan; 2. Mendesak China untuk menghentikan aksi pelanggaran HAM-nya terhadap etnis Uighur di Xhinjiang..
 
Got it, anything else? 
Selama meeting ini berlangsung, ada banyak gerakan masyarakat yang melakukan aksi protes di luar lokasi acara. Beberapa yang hadir adalah demonstran yang menuntut tindakan lebih tegas dari para kepala negara terkait perubahan iklim, dan para aktivis pro Palestina yang meminta para kepala negara untuk menghentikan dukungannya terhadap agresi Israel. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada lebih dari 5000 pasukan pengamanan tambahan dikerahkan oleh pihak kepolisian.

Who just changed the world and (won an award)?

The teenager named Darnella Frazier.
Sounds unfamiliar? We got ya. Jadi guys, Darnella Frazier ini adalah seorang remaja perempuan asal Tennessee yang merekam kejadian viral pembunuhan terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat, George Floyd. Video dari Darnella kemudian menjadi viral dan memulai munculnya pergerakan antirasisme #Blacklivesmatter yang terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu. Jadi awalnya, Darnella yang waktu itu berumur 17 tahun lagi jalan ke supermarket untuk beli snack ketika melihat George Floyd lagi ditekan lehernya sama polisi yang membunuhnya, Darek Chauvin. Melihat hal itu, Darnella buru-buru merekam kejadian tersebut pake HP dan langsung meng-upload videonya ke Facebook. Dalam waktu singkat, videonya di-reshare sampai jutaan kali.
 
Selain Darnella, dua media asal Amerika Serikat, yakni Associated Press (AP) dan The New York Times juga meraih penghargaan jurnalistik untuk peliputannya yang ciamik terkait aksi #Blacklivesmatter di berbagai kota di Amerika Serikat, dan terhadap pandemi Covid-19.

“Yang jelas bukan saya,”
 
Xixixixi gitu guys kata Sekjen PDIP Pak Hasto Kristianto pas ditanya sama wartawan siapa yang bakal jadi calon presiden 2024 dari partainya. Mas Hasto bilang, ya pastinya sih bukan doi (OK…), dan Bu Mega sekarang lagi membaca keinginan masyarakat, kira-kira siapa nehhh yang mau dimajuin jadi Capres dari PDIP di tahun 2024 nanti, gitu.
 
When you’re a millennial and someone asks if you have enough sleep, drink, exercise, and money…

Catch Me Up! Recommendations

If you want to boost your career (and your income!), try to learn these skills

Announcement


Thanks to Wikan Anantabrata (dude, thanks! Stay awesome!) & Click Sky Tech for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi tahun lalu gue ketemu online sama orang. Kita tau-tau nyambung aja, latar belakang ada yang sama, banyak nonton series yang sama, dan hal itu bikin kita cepet deket. Tapi terutama ternyata kita punya trauma yang mirip. Hal itu bikin kita sama-sama saling bantu buat healing, jadi support system buat satu sama lain, tapi juga cerita hal-hal lucu dan aneh di tiap harinya. Iya, cuma via online. Tapi gue sangat berterima kasih sama orang yang udah gue anggap sahabat ini. Karena meskipun jauh (banget), tapi gue tahu dia real dan tulus. Dia seperti diturunkan oleh Tuhan, pas banget ketika gue lagi butuh temen ngobrol, temen cerita, temen sharing, tukar pikiran. Sekarang… gue lagi belajar buat gak menyia-nyiakan seseorang yang berharga buat gue. Makasih ya ☆. Gue kangen lo btw.
-Anonymous-
 
2. Aku lagi sedih banget karena habis kehilangan nenekku yang dekeeet banget sama aku. Iya, beliau baru aja meninggal karena sakit dan rasanya shock banget. Nggak bisa nerima dan mau marah. Di fase denial ini, aku merasakan banget hadirnya teman-teman deketku yang bikin kesedihannya berkurang sedikit. Mereka datang ke rumah, bawain makanan, minuman, sampe terus-terusan ngehibur aku. Thanks ya guys. You know who you are.
-Rara-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!