China Perbolehkan Satu Keluarga Memiliki 3 Anak Demi Memperbaiki Struktur Populasi dan Menyeimbangkan Jumlah Penduduk Tua yang Semakin Banyak

21

Who’s making some policy changes?

China.
Yoi guys, kamu tahu nggak, bahwa China adalah negara dengan populasi terbanyak di dunia? Terus, kamu tahu juga nggak, bahwa untuk menekan pertambahan jumlah populasinya itu, sejak tahun 80-an, China punya kebijakan one child policy, di mana satu keluarga cuma bole punya satu anak aja. Nah di tahun 2015, jumlahnya bertambah jadi dua, dan minggu lalu banget nih, pemerintah meningkatkan batasannya menjadi tiga. Meaning, sekarang tiap keluarga di China udah boleh punya tiga anak.
 
Selain meningkatkan caps jumlah anak tadi, pernyataan resmi dari Presiden Xi Jinping juga bilang bahwa pemerintah bakal memberlakukan berbagai kebijakan yang mendukung peningkatan jumlah populasi China demi memperbaiki struktur populasi dan menyeimbangkan jumlah penduduk tua yang makin banyak (aging population). Adapun bantuan kebijakan ini berupa subsidi untuk biaya pendidikan, bantuan beli rumah dan keringanan pajak buat keluarga, memastikan perlindungan hukum buat kaum perempuan yang kerja, sampe mengurangi praktek mahar yang mahal banget yang bikin pengantin susah untuk menikah. Selain itu, pemerintah juga bakal mengkampanyekan “pernikahan dan cinta” untuk para anak muda.
 
FYI guys, hasil sensus penduduk yang dilakukan tahun ini emang menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi China saat ini adalah yang paaaaling slow sejak tahun 1950an. Hal ini tentunya mendatangkan kepusingan baru buat pemerintah, kayak makin banyaknya generasi tua, gender imbalance (karena pas cuma boleh punya satu anak itu, banyak orang tua yang mengaborsi kalo anaknya cewek), hingga anak muda yang makin enggan untuk punya anak banyak.