Ada Kapal Kontainer yang Terbakar Sejak 20 Mei Kemarin di Perairan Sri Lanka Sampai Sekarang

21

What’s causing a sea-saster?

Disaster u mean?
Yep, but in the sea.
 
What?
A container ship on fire. 
 
WHAAAT?
Gini. Jadi ada kapal kontainer yang terbakar sejak 20 Mei kemarin di perairan Sri Lanka sampai sekarang. FYI, kapal tersebut membawa bahan-bahan kimia dan udah mulai tenggelam. Otoritas setempat bilang, saking bahayanya muatan dari kapal tersebut, maka kejadian ini bakal jadi “The worst ecological disaster in the country’s history”.
 
Hold on. I need some details.
Sure. Jadi, kapal kargo ini terdaftar di Singapura dengan nama Kapal MV X-Press Pearl, yang berlayar dari India menuju Kolombo, Sri Lanka.  Kapal ini membawa 1.486 container, di mana 81 container berisi bahan-bahan kimia berbahaya, like nitric acid, dan 350 ton minyak. Nah, ketika sampai di pelabuhan Hamad di Qatar dan pelabuhan Hazira di India, awak kapal udah melaporkan bahwa ada container yang bocor dan nitric acid-nya tumpah secara perlahan. Mereka juga udah berusaha memperbaiki kebocorannya, tapi emang nggak berhasil.
 
Terus terus…
Terus karena kerusakan ini, maka terjadilah ledakan di salah satu container di kapal tersebut yang menyebabkan kebakaran besar. Ledakan tersebut juga menyebabkan sampah plastik tumpah ke laut hingga menyebabkan pantai-pantai dekat Kolombo yang sejatinya merupakan lokasi wisata jadi ketutupan sampah plastik tersebut. Menurut Kepala Marine Environment Protection Authority (MEPA) Sri Lanka Dharshani Lahandapura, kejadian ini adalah polusi pantai terburuk dalam sejarah negaranya.
 
Whooaa separah itu?
Iya gengs, sampai-sampai ribuan personel keamanan dan militer harus ikut turun bersih-bersih pantai dari sampah plastik tersebut. Selain itu, kejadian ini juga mengancam perkembangbiakan hewan laut di perairan yang dangkal, kayak kepiting dan udang jumbo.  Para nelayan dan turis juga udah dilarang berada di 80km dari kapal yang terbakar itu.
 
Scaryyyy… What’s the current condition? 
So far, kapalnya masih terbakar dan mulai tenggelam karena ada yang bocor di bagian belakang kapal.  Ada 25 kru kapal yang udah dievakuasi, dan nggak ada korban jiwa.  Terus, ada sekitar empat kapal India yang membantu angkatan laut Sri Lanka untuk memadamkan api. Proses ini dipimpin oleh perusahaan dari Belanda, SMIT, yang udah mengirim kapal pemadam kebakaran.
 
Got it. Anything else I should know?
Hingga saat ini, belum diketahui apa penyebab kebakarannya, namun yang pasti, otoritas Sri Lanka udah mengeluarkan perintah penyelidikan secara pidana dan perdata untuk mengetahui asal muasal dari kebakaran ini.