60 Persen Produk Buatan Nestle Tidak Memenuhi “Definisi” Kesehatan, Dana Pensiunan PNS Akan Dibayar Dengan Iuran Pasti Atau Fully Funded, Aksi Pembunuhan Terhadap Satu Keluarga Muslim di Kanada, Konsumsi Rokok Bisa Menyebabkan Kerugian Ekonomi, Khususnya Sistem Kesehatan dan Keluarga

80


Good morning,
 
It’s a new day again and since it’s Wednesday, you know what it means: We got podcast. It’s here, and it’s only less than 10 minutes for you to know what’s going on around you. Yep, it’s that easy. Go go go!

Who’s just getting a worldwide attention?

Nestlé.
 
What about it?
Jadi Minggu lalu, The Financial Times mengungkap bahwa dokumen bocor dari internal Nestle mengakui bahwa ada 60 persen produk buatan perusahaan tersebut nggak memenuhi “definisi” kesehatan.
 
Reallllly?! Tell me more… 
Kamu pasti tahu dong Nestle? Yep, perusahaan multinasional asal Swiss yang memproduksi Dancow, KitKat, Milo, dll itu dalam dokumen internal yang disebar di antara bos-bos doang ajatu bilang bahwa mayoritas dari produk mereka nggak sehat, dan ada beberapa kategori makanan yang nggak akan pernah sehat, ga peduli berapa sering mereka “merenovasi” produknya.
 
Kok bisa tahu sih?
Jadi ukurannya tuh diambil berdasarkan sistem penilaian kesehatan di Australia, namanya Australia Health Rating System. Dalam sistem itu, ada penilaian antara 1 – 5, di mana kalau dapat skor 5, berarti produk tersebut sehat banget. Meanwhile, suatu produk dinilai ‘nggak sehat’ kalau nilainya di bawah 3,5 sesuai dengan standar kesehatan.  Nah, ternyata produk-produk Nestle yang dapat nilai 3,5 ke atas cuma 37 persen gengs.
 
Terus sisanyaaaa?
Sisanya ya nggak nyampe ke skor 3,5 itu. Adapun mayoritas produk yang nggak sehat di antaranya adalah minuman yang mencapai 96 persen, dan produk cokelat serta es krim yang sampe 99 persennya nggak sehat.
 
Geeeezzzz….
Bentar, tapi teteup ada yang mendingan juga kok guys, performanya. Misalnya, produk air yang 82%-nya masih masuk batasan tadi, dan produk susu sebanyak 60%. Oh iya fyi, perhitungan ini nggak termasuk produk susu formula bayi, makanan hewan peliharaan, dan nutrisi medis khusus.
 
I see…
Yep. Jadi emang concern terhadap nutrisi ini udah jadi perhatian Nestle sejak beberapa tahun terakhir ini, dan mereka emang lagi berusaha untuk memperbaiki kandungan nutrisi dalam produk-produknya. Tahun lalu, Kepala Eksekutif Nestle, Mark Schneider mengaku ada desakan konsumen untuk mengurangi obesitas dan mempromosikan makanan sehat, dan pihaknya juga sedang memperbaharui standar nutrisi internal mereka melalui Nestle Nutritional Foundation.
 
Terus kalo di Indonesia gimanaaa?
Nah kalo di Indonesia, Head of Corporate Communication Nestle, Stephan Sinisuka bilang bahwa 60 persen produk Nestle yang dibahas itu bukan termasuk pada seluruh portofolio produk perusahaan. Selain itu, di Indonesia, Nestle telah memproduksi dan mendistribusikan produk-produk yang sesuai sama ketentuan peraturan soal gizi, keamanan dari BPOM, hingga aturan halal. Karenanya, Nestle menjamin menjamin kualitas dan keamanan produk-produk untuk para konsumen kami.
 
Terus-terus? 
Nah, menanggapi hal ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengklarifikasi data-data dan melakukan investigasi terhadap dokumen Nestle yang bocor tadi. Menurut Ketua Pengurus Harian YLK, Tulus Abadi, BPOM punya tanggung jawab untuk menginvestigasi data tersebut karena hal ini menyangkut keamanan pangan. In other words, kalau memang nggak sehat, kok tetap diizinin BPOM?
 
And, what did BPOM say? 
BPOM mengatakan bahwa informasi tentang produk Nestle nggak sehat itu nggak ada kaitannya sama keamanan dan mutu pangan. Jadi, berita tersebut mempersoalkan kandungan gizi produk, khususnya kandungan gula, garam, dan lemak yang menimbulkan risiko penyebab terjadinya penyakit tidak menular (PTM) kalau dikonsumsi berlebihan. Sedangkan kalo BPOM lebih ke aman atau enggak aja, makanannya. Karenanya, BPOM menganjurkan supaya konsumen membaca ING (informasi nilai gizi) dari produk-produk makanan, demi memilih makanan yang lebih sehat.
 
Anything else now?
Selain soal tadi,  BPOM juga menegaskan bahwa seluruh produk makanan yang masuk di Indonesia harus melalui proses evaluasi, baik tentang gizi, label, keamanan, juga mutunya, termasuk produk Nestle.

When you need to save up for retirement…

Pegawai Negeri Sipil aka PNS can relate. 
Why? Karena Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo baru aja memastikan bahwa dana para pensiunan PNS akan dibayar dengan iuran pasti atau fully funded. Ga tanggung-tanggung guys, kalo temenmu yang PNS udah pensiun, maka mereka bisa dapet dana pensiunan sampe Rp1 Milyar!
 
Beeeeneran? 
Yoi. Kenapa bisa gede banget gitu, you may think? Hal ini adalah karena dana pensiun PNS nantinya akan diambil berdasarkan jumlah take home pay (THP) mereka. Sedangkan saat ini, potongannya diambil dari gaji. Nah, kalo gaji kan angkanya kecil yaa… makanya iurannya juga kecil, sehingga ketika para PNS ini pensiun, dananya nggak cukup. Adapun dengan skema take home pay, maka presentase dana pensiunannya bakal lebih besar. Selain itu, pembayaran iurannya juga dilakukan secara patungan, dari gaji PNS-nya sendiri dan dari pemerintah.
 
Patungan gimana? 
Jadi, PNS bakal bayar iuran per bulannya sebesar persentase dari THP tadi, ditambah sama anggaran dari Pemerintah sendiri.  In other words, PNS bakal ikut menabung untuk biaya pensiunannya nanti supaya nominalnya lebih tinggi dari yang sekarang. Menurut catatan dari Kemenpan-RB, dengan skema ini, maka dana pensiunan untuk pegawai eselon I di kementerian bisa mencapai Rp20 juta per bulan. Jadi yhaaa ga heran kalo ad PNS yang bisa dapet dana pensiunan sampe Rp1 Milyar.
 
Whoaaaa… 
Yuhuuuu emang menurut Menteri PAN-RB periode 2016-2018 Asman Abnur, skema ini tentunya lebih baik dan udah diterapkan di Korea Selatan. Di sana, pemerintahnya menerapkan iuran dana pensiun sebesar 20% dari gaji pokok, di mana 10% datang dari pemerintah dan 10% dari PNS-nya sendiri. Dana iuran ini kemudian dikumpulkan, dan nantinya dikembalikan ketika karyawan tersebut pensiun.
 
Terus kalau untuk yang bukan PNS gimana dongs? 
No need to worry gengs, kamu nggak harus jadi PNS untuk bisa dapat uang pensiun tinggi kok! Tapi kamu bisa mulai rajin menabung per bulannya untuk dana pensiunmu nanti. Di era digital gini, gampang banget bikin rekening bank secara online.  For example, kamu bisa download aplikasi perbankan di ponselmu dan langsung bikin rekening. Ga perlu ke bank-nya!
 
Misalnya apatu… 
Everyone, meet: CommBank Mobile dari Bank Commonwealth. Aplikasinya seru banget karena punya berbagai fitur untuk membantu kamu mengatur keuanganmu lebih baik. Misalnya, fitur GoalSaver yang bakal meng-autodebit uangmu secara otomatis untuk mencapai target menabung tertentu, kayak menabung untuk dana pensiun. Terus biar ga langsung sebar-sebar duit dengan nggak terkontrol abis gajian, kamu juga bisa pake fitur anggaran dan pengeluaran yang bakal mencatat semua pengeluaranmu secara otomatis. Pssst…. Kamu pun bisa transfer gratis ke mana aja (termasuk top up e-wallet!) sebanyak 30 kali per bulan loh! Learn further about the app here dan dapatkan saldo e-wallet 100K gratis (sstt..cuma sampai 30 Juni!) ketika kamu daftar pake referral code CMU100K. Yuk buka rekening sekarang! Cusssss….

Who’s just giving us another sad story?

Canada.
 
What happened now?
Akhir-akhir ini, publik di Kanada baru aja dibikin kaget dan geram dengan aksi pembunuhan terhadap satu keluarga muslim yang udah lama tinggal di Kanada.
 
Whaaaaat?
Yep, adapun aksi ini dilakukan oleh cowok berusia 20 tahun asal London, Ontario, Kanada bernama Nathaniel Veltman. Jadi dalam aksinya ini, Veltman menabrakkan mobil truk ke satu keluarga Muslim yang lagi jalan kaki dan nunggu lampu merah di Ontario Hari Minggu lalu. Kejadian ini kemudian menewaskan empat anggota keluarga, dan satu orang cedera.
 
OMG..go on.. 
Adapun para korban adalah keluarga muslim asal Lahore, Pakistan yang udah 14 tahun pindah ke Kanada. Mereka adalah pasangan suami istri Syed Afzaal (46), Madiha Salman (44), anak mereka Yumnah Afzaal (15), dan ibunya Syed Afzaal yang berumur 74 tahun.  Meanwhile, anak laki-laki mereka, Faez Afzaal (9) sedang dirawat di rumah sakit.  Menurut Walikota London Ontario, Ed Holder, serangan ini lebih parah dari serangan yang terjadi di Quebec City Mosque tahun 2017 di Kanada.
 
Scaryyyy… 
Yes. Adapun terduga pelakunya yaitu Veltman udah ditangkap pihak polisi dengan tuduhan pembunuhan terhadap empat orang dan percobaan pembunuhan terhadap satu orang pada Senin kemarin. Veltman juga akan mulai disidang per Kamis nanti. Menurut detektif yang menangani kasus ini, namanya Paul Waight, ada bukti yang menunjukkan bahwa insiden penabrakan ini telah direncanakan. Terus, disebutkan juga bahwa korban menjadi target karena kepercayaan mereka, aka karena mereka Muslim.
 
Karena itu? 
Yep. FYI guys, Veltman nggak punya riwayat kriminal dan bukan termasuk “hate group” juga. Namun diyakini, aksi ini dilakukan atas dasar “kebencian”. Detektif Waight juga mengatakan bahwa pihak polisi kemungkinan akan melaporkan kejadian tersebut sebagai aksi terorisme, namun mereka masih konsultasi sama jaksa-jaksa dan the Royal Canadian Mounted Police. 
 
I see, any other comments? 
Yep.  Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyebut melalui akun Twitter-nya bahwa dia sangat kaget dan berduka mendengar berita tersebut. Ia juga menegaskan bahwa Islamophobia nggak mendapatkan tempat dalam masyarakat Kanada, dan bahwa kebencian ini harus dihentikan. Meanwhile, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan juga mengutuk serangan tersebut dan bilang bahwa Islamophobia yang tengah bermunculan di negara-negara barat.
 
Anything else? 
FYI, London, Ontario mempunyai sekitar 400.000 orang penduduk, dan memiliki angka komunitas Muslim yang tinggi. Menurut Walikota London Ontario, bahasa kedua yang paling sering digunakan di kota tersebut adalah Bahasa Arab, setelah Bahasa Inggris.

When you’re a part of “sebats dulu” squad…

You’re probably also a part of “deficit squad” 
Heuheuuu bener guys, karena ternyata, hasil penelitian terbaru oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) menemukan bahwa konsumsi rokok bisa menyebabkan kerugian ekonomi, khususnya sistem kesehatan dan keluarga. Nilai kerugiannya juga nggak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp27,7 triliun! Jadi dalam melakukan penelitiannya ini, CISDI menganalisis data pembiayaan BPJS Kesehatan di tahun 2019, dan ketauan bahwa banyak penyakit-penyakit mematikan namun sebenernya bisa dicegah kalo orangnya nggak merokok. Terus, CISDI juga menemukan bahwa kalo jumlah perokok berkurang, maka biaya pelayanan kesehatan akibat rokok juga berkurang, dan begitu juga sebaliknya. Terus ni, kamu kan tahu bahwa BPJS Kesehatan ni lagi defisit, menurut penelitiannya CISDI, defisit ini sebagian disebabkan oleh biaya perawatan yang muncul dari penyakit gara-gara ngerokok.
 
FYI guys, sebenernya rokok juga udah menjadi produk yang kena cukai oleh pemerintah hingga 12,5% karena membahayakan kesehatan, namun yhaa kenaikannya hanya untuk sigaret kretek mesin aja. Sementara itu untuk sigaret kretek tangan tidak mengalami kenaikan.

“It is no exaggeration to say that the whole Gaza Strip has turned into a huge human slaughterhouse and a place of massacring children,”
 
Yha gitu guys kata Kim jong-Un dalam keterangan resmi pemerintahannya sebagai respons atas serangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina beberapa waktu lalu. jong-Un juga bilang bahwa tindakan Israel yang membunuh anak-anak merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan masa depan. FYI, Korut emang mengakui Palestina sebagai negara dan menyebut Israel sebagai “perpanjangan tangan” para imperialis di wilayah Arab.
 
Tru’ and tru’

Catch Me Up! Recommendations

Do you own an AirPod and always struggle when cleaning it up? Find out how, here.

Announcement


Thanks to Maika for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku kerja di agency, dan sekarang-sekarang ini, kita udah mulai mengadakan lagi event-event offline. Kebetulan minggu lalu, aku kebagian ngadain event di salah satu mall dan bawaanku banyaaak banget. Pas aku lagi jalan menuju tempat event, kemudian ada seseorang yang ngeliat aku kerepotan terus nanya, “Mau dibantuin nggak mbak?” karena nggak kenal, aku bilang enggak. Tapi dia balik lagi dan bilang, “Beneran nggak perlu?” Karena aku udah kerepotan banget dan udah ditunggu yang lain juga, akhirnya aku iyain aja bantuannya dan orang itu akhirnya bawain barang-barang beratku sampe ke tempat event. Pas udah nyampe, aku sampe bilang makasih berkali-kali karena bener-bener bersyukur atas bantuannya. Huhuhu orang baik masih banyak ternyata yaaa :’)
-Seseorang-
 
2. Aku ga ada cerita spesifik, cuma mau berterimakasih aja sama cat lovers yang sering aku liat di jalan lagi ngasih makan dry cat food buat kucing-kucing liar. Buat kita yang ngeliatnya mungkin sepele, tapi buat kucing-kucing tadi, bisa jadi makanannya adalah makanan pertama mereka dalam seharian itu.
-Cat lovers-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!