WHO : Jumlah Kasus Corona dan Kematian Akibat Corona Mulai Menurun di Berbagai Daerah

51

For when you want to start the long weekend with good news…

Covid-19 cases are declining worldwide.

 
Whooaa seriouslyy??
Yep. World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa jumlah kasus corona dan kematian akibat corona udah mulai menurun di berbagai daerah, kayak Eropa dan Amerika.
 
Yeay!!!
Yep, hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada saat rapat di Jenewa, Swiss, Hari Senin kemarin. Namun tetep aja, walaupun angkanya udah turun, jumlah kasusnya tetap tinggi. Beliau menyebut bahwa so far, ada 5.4 juta kasus baru dan 90.000 kematian global dalam beberapa minggu terakhir. Menurutnya, yha angka kasusnya masih tinggi.
 
Terus terus…
Dalam kesempatan yang sama Mr. Tedros juga ngasih peringatan supaya tren yang terjadi pada tahun lalu nggak kembali terulang. Nah tren-nya ini, apalagi kalo bukan pelonggaran protokol kesehatan dan nggak jaga jarak. Menurutnya, tahun lalu, ketika protokol kesehatan udah dilonggarkan, kasus corona malah naik lagi. Doi juga mengatakan bahwa pemerintah terlalu cepat melakukan pelonggaran. Contohnya kayak India, di mana saat ini, kasus Covid-19nya justru makin parah.
 
Tell me more about the declining cases…
Oh iya, soal berkurangnya kasus, Menurut Mr Tedros, program vaksin yang udah digulirkan oleh banyak negara emang berhasil menurunkan jumlah kasus positif corona yang akut. Tapi nggak semua negara punya akses terhadap vaksin tersebut.  Untuk itu, adanya ketidakseimbangan distribusi vaksin adalah challenge paling tinggi dalam menghentikan pandemi.
 
Beda jauh ya jumlah vaksinnya?
Iya.  Masih menurutnya, negara-negara dengan pendapatan lebih tinggi, udah mendapatkan 83 persen vaksin. Sementara itu, negara-negara miskin baru menerima 17 persen vaksin. FYI, negara-negara maju itu sekitar 53 persen dari total populasi dunia, sedangkan negara miskin terdiri dari 47 persen.
 
Terus gimana?
Mr. Tedros menyarankan supaya setiap pemerintah tetap berupaya untuk menurunkan jumlah kasus Covid-19 di negaranya. Terus, meskipun jumlah kasusnya menurun, bukan berarti kita boleh jalan-jalan tanpa masker, nggak jaga jarak, dll, apalagi kalo kamu belum divaksin. Jadi, sementara ini, tetap jaga protokol kesehatan, karena nanti juga bakal datang waktunya kita nggak perlu pake masker lagi kok.
 
Pleaseee comeeee sooon….