Semua Aturan Pembatasan Sosial di Wilayah Israel Akan Dihapuskan per 1 Juni Mendatang

36

When life is getting back to normal again…

In Israel. 

 
Gimana?
Yep guys, kesuksesan program vaksinasi Covid-19 udah menuai hasil nih. Di Israel, Kementerian Kesehatannya baru aja mengumumkan bahwa kalo jadi, maka per 1 Juni mendatang, semua aturan pembatasan sosial di dalam wilayah Israel bakal dihapuskan.
 
WHOAAAA….
Yep. Selain itu, warga juga udah mulai boleh kumpul-kumpul gapake masker, serta beberapa tempat publik kayak hotel dan gym udah kembali dibuka. Meski begitu, teteup aja, penjagaan di bandara akan tetap ketat, demi menghindari masuknya lagi virus Covid-19 dari luar negeri.
 
Berarti orang Israel udah divaksin semua nih?
Belum, tapi mayoritas udah gengs. Jadi, mayoritas penduduk Israel mendapatkan vaksin Pfizer-BioNTech, dan sekitar 92% dari yang umurnya 50 tahun ke atas juga udah divaksin atau pulih.  FYI, Israel udah melakukan lockdown sebanyak tiga kali.
 
Does it mean udah ga ada kasus lagi? 
Masih ada, tapi dikit banget. Jadi pada Sabtu kemarin aja, kasus baru di Israel hanya 12 kasus. Selain itu, selama ini warga yang udah divaksin juga dikasih “green pass”, di mana dengan pass tersebut, mereka bener-bener dapet “open access” ke berbagai tempat di negaranya.
 
Oh gitu…anything else? 
Nah, di Hari Minggu kemarin, Menteri Kesehatan Israel Yuli Edelstein, mengatakan bahwa mulai bulan Juni nanti, pembatasan-pembatasan, termasuk sistem Green Pass-nya bakal dicabut, karena warga udah bener-bener bebas ngapain aja, termasuk mereka yang belum divaksin. Meski begitu, perbatasan bakal teteup ditutup, walaupun Israel bakal tetap menerima turis yang udah divaksin.