Perempuan Sangat Terpengaruh Secara Ekonomi Oleh Terjadinya Pandemi Covid-19 Dibanding Laki-laki

395

For when you’re losing money during the pandemic…

Chances are, you’re a woman.
 
Yep guys, karena data terbaru dari Oxfam International menunjukkan bahwa perempuan sangat terpengaruh secara ekonomi oleh terjadinya pandemi Covid-19 dibanding laki-laki. Menurut catatan mereka, sepanjang tahun 2020, perempuan telah kehilangan pemasukan sebesar US$800 Milyar secara total di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena adanya PHK dan pemotongan gaji, dan angka ini lebih besar daripada anggaran pertahanan  Amerika Serikat yakni US$721,5 Milyar. FYI, AS adalah negara dengan jumlah anggaran pertahanan terbesar di dunia.
 
Btw, kamu kepo nggak, kenapa efek ekonomi ini lebih banyak dirasakan oleh perempuan daripada laki-laki? Karena, perempuan lebih banyak bekerja di sektor-sektor bergaji rendah dan dengan benefit
Advertisement
 yang nggak banyak, makanya kerjaan mereka juga lebih nggak secure dibanding cowok. Masih menurut Oxfam, sebenernya mereka juga memprediksi bahwa angka kerugian perempuannya sebenarnya lebih besar daripada US$800 M tadi, karena Oxfam nggak ngitung kerugian dari para pekerja informal. FYI, itung-itungan ini didapatkan Oxfam dari total 98 negara yang disurvei.
Advertisement