Pemerintah Perpanjang PPKM Skala Mikro Mulai dari Tanggal 1 – 14 Juni Nanti

59

When the number of cases is increasing again…

Get ready for another PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.
 
Again?! 
Yep. Kemarin, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM skala mikro mulai dari tanggal 1 – 14 Juni nanti.  Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartanto bilang bahwa hal ini dilakukan karena ada peningkatan kasus positif corona di Indonesia.
 
🙁
Yea sad. Btw, kali ini, semua provinsi di Indonesia bakal menerapkan PPKM, termasuk the new comers:  Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat. Sebelumnya hanya 30 provinsi yang ikutan PPKM di tanggal 18 – 31 Mei ini. Menurut Pak Airlangga, meskipun PPKM udah diterapkan, masih terdapat kasus klaster tarawih di Pati, Banyumas, Banyuwangi, Malang.  Terus, klaster mudik di Klaten, Cianjur, dan Garut; dilanjut sama klaster halal bi halal di Cilangkap dan beberapa perumahan di Bogor.
 
Go on… 
Ok. Jadi pasca musim mudik kemarin, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo bilang bahwa ada setidaknya 532 pemudik dari Sumatera yang mau balik ke Jakarta, yang positif corona. Hal tersebut diketahui karena dilakukan pemeriksaan tes antigen dan swab PCR di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Terus, Pak Airlangga juga bilang kalau ada 1.064 orang positif covid-19 dari 156.162 orang yang dites di perbatasan.
 
Banyak ugha ya.. 
Yap.  PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga mencatat bahwa ada 427.309 kendaraan yang balik ke wilayah Jabodetabek per minggu lalu. FYI, jumlah tersebut merupakan data dari angka dari Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama:  GT Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama. Jasa Marga juga mencatat bahwa lalu lintas pada Minggu kemarin mencapai sejumlah 162.661 kendaraan.
 
I see, anything else? 
Manajer Humas PT KAI (Persero) Joni Martinus juga mencatat bahwa terdapat lonjakan penumpang kereta api setelah larangan mudik di tanggal 6 – 17 Mei 2021.  So far, ada 65.847 orang yang naik kereta api di tanggal 18 Mei.  Besoknya, ada 50.219 penumpang, dan tanggal 20 Mei ada 44.657 penumpang.  Nah, Jumat kemarin banget, ada 44.657 penumpang.