Para Peneliti di Florida, Amerika Serikat Berhasil “Melahirkan” 97 Ekor Bayi Ikan Hiu Melalui Program Inseminasi

70

Who’s singing “bringggg me to lifeeee…”?

Evanescence?
Nope. Baby shark. Yep, kayak yang kamu pastinya udah tahu, saat ini ada banyak spesies hiu yang dalam status terancam punah. Kalo kamu nonton Seaspiracy di Netflix juga kamu tentunya ngeh bahwa populasi hiu di laut udah menurun drastis. Saat ini, menurut studi dari Journal Nature, diketahui bahwa ada 16 dari 31 spesies hiu laut yang berada dalam posisi sangat terancam maupun terancam punah. Selain itu, jumlah hiu di lautan juga udah menurun hingga 71% dari tahun 1970 hingga 2018.
 
Di tengah kabar menyedihkan ini, ternyata para peneliti dari South-East Zoo Alliance for Reproduction & Conservation di Florida, Amerika Serikat baru aja berhasil “melahirkan” 97 ekor baby sharks melalui program inseminasi. Cara ini dinilai lebih aman dan sehat, karena para hiu dewasa jadi nggak perlu mengalami stres dan kecapean karena harus melewati perjalanan jauh demi menjalani program perkawinannya. Jadi dengan program inseminasi ini, para peneliti cukup mengambil sperma dari 19 ekor hiu jantan dan menggunakannya untuk membuahi para hiu betina. Hasilnya, 97 ekor bayi hiu berhasil muncul dari program ini.
 
FYI guys, upaya inseminasi hiu kali ini adalah yang terbesar yang pernah ada, dan udah melewati proses penelitian selama empat tahun. Selain itu, hasil penelitiannya juga jadi referensi untuk upaya inseminasi hiu jenis lainnya di kemudian hari.