Pandora Mengumumkan Akan Berhenti Jual Berlian Hasil Tambang

40

For when you want to shine bright like a diamond…

Kamu pasti udah familiar banget sama Pandora. 
Yep, toko perhiasan terbesar di dunia, Pandora, Selasa kemarin baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal berhenti jualan berlian hasil tambang *clap-clap* dan bakal secara full hanya menjual berlian yang dibuat di lab. Meaning, kalo kamu beli perhiasan berlian di Pandora, maka most likely itu bukan berlian yang diambil dari hasil kerja buruh anak, atau buruh tambang yang dibayar dengan upah rendah.  FYI, selama ini pertambangan berlian memang terkenal dengan kasus-kasus perbudakan anak, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hak asasi manusia, khususnya di Afrika Selatan (Tonton Blood Diamond-nya Leonardo diCaprio deh, tonton).
 
Pandora juga menjelaskan bahwa berlian buatan labnya memiliki kandungan kimia dan fisik yang sama persis dengan berlian yang dihasilkan dari tambang. Kedua jenis berlian juga dinilai berdasarkan potongan, warna, dan karat. Selain itu, banyak ahli perhiasan yang bilang bahwa nggak ada perbedaan antara berlian hasil tambang dan berlian buatan lab.
 
Selain punya kebijakan tegas menolak berlian yang dihasilkan sama praktek-praktek pelanggaran HAM dan korupsi, Pandora juga berkomitmen untuk mencapai ‘carbon neutrality’ (emisi karbon yang rendah) dalam produksinya. FYI, mereka punya koleksi baru, yaitu “The Pandora Brilliance” collection yang bersifat carbon-neutral karena berliannya dibuat dari lebih dari 60 persen energi terbarukan.
 
Clap clap clap…