Minat Masyarakat Untuk Jalan-jalan Kembali Pulih Pasca Covid-19, Namun Untuk Perjalanan Kerja Kondisi Tidak Akan Pulih Seperti Sebelum Pandemi

37

What’s not gonna come back?

My ex?
Maaaaybe. But we’re gonna talk about: travel business. Iya guys, jadi Selasa lalu, CEO Airbnb Brian Chesky bilang bahwa meskipun minat masyarakat untuk jalan-jalan udah kembali pulih pasca Covid-19, namun kayaknya untuk business trip, atau perjalanan kerja, kondisinya nggak akan memulih kayak pas sebelum pandemi. Chesky bilang, bukan berarti business trip bakal “mati”, tapi emang demand-nya nggak akan kembali seperti dulu. Menurutnya, salah satu alasan untuk hal ini adalah karena setelah setahun lebih menjalani kerja dari rumah, maka orang udah terbiasa untuk punya fleksibilitas, dan meskipun pandeminya udah berakhir, belum tentu juga orang mau meninggalkan fleksibilitas itu.
 
FYI guys, emang menurut Barclays report terbaru, disebutkan juga bahwa perjalanan bisnis, khususnya yang jarak jauh, bakal jadi sektor yang paling terakhir bangkit pasca pandemi. Padahal sebelum Covid 19 melanda, perjalanan bisnis menyumbangkan kontribusi sebesar 21,4% kepada nilai perjalanan global secara keseluruhan, dengan jumlah pemasukan paling besar datang dari negara-negara maju kayak Kanada, Jepang, Inggris, hingga Amerika Serikat.