Lebih dari 4 Ribu Pemudik Positif Corona

40

For when you’re still trying to mudik…

Think again. 

Why?
‘Cause Pemerintah baru aja menemukan bahwa ada lebih dari 4 ribu pemudik yang positif corona.

Whattt? Tau dari mana? 
Dari data tes acak yang dilakukan di jalur-jalur mudik. Menurut Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, pemerintah sejauh ini udah melakukan tes acak terhadap 6.742 pemudik di pos penyekatan, dan hasilnya ada 4.123 di antaranya yang positif Covid-19.
 
Whoaaa….
Yep. Dari total pemudik yang positif, ada sekitar 1.686 orang yang langsung menjalani isolasi mandiri, dan 75 orang di antaranya dirawat di rumah sakit. Selain itu, aparat keamanan juga udah memeriksa 113.694 kendaraan, dan memutarbalik 41.097 kendaraan yang melanggar larangan mudik.
 
Banyak ughaa.. 
Yep. Nggak cuma soal puter balik aja guys, tapi petugas juga berhasil menemukan 306 pelanggaran travel gelap. Selain itu, pos penyekatan di Kedungwaringin, Bekasi juga sempat ‘jebol’ pada hari Minggu kemarin.
 
Hah? Jebol gimana? 
Iya.  Menurut Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan, jalur di Kedungwaringin itu terlalu padat dan nggak kondusif, jadi yha para pemudik pun akhirnya dilolosin aja. Pak Hendra juga bilang bahwa pihaknya udah koordinasi sama pos penyekatan di daerah lain agar para pemudik disekat di daerah tersebut.  Nah, supaya nggak ‘jebol’ lagi, Hendra juga menambahkan personel di pos penyekatan Kedungwaringin menjadi sekitar 150 – 200 personel.
 
OK. Anything else? 
Meski di ibu kota melarang mudik, namun ada beberapa daerah yang tetap mengizinkan ‘mudik lokal’ atau mudik di dalam satu provinsi gengs. Misalnya, DI Yogyakarta yang masih membolehkan warganya untuk silaturahmi selama mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan tes covid-19, baik PCR swab, rapid test antigen, atau GeNose dulu. Selain DIY, Aceh juga menerapkan kebijakan yang sama.