Friday Pause: You’re a hero you can flyūüēäÔłŹ

238


Good morning!

It’s another bright and breezy day, so why don’t we start it with some memes? Yep, today we got no news (or if you insist, you can go¬†here, where we talk about things you need to know in less than 10 minutes!) and come back here again, for all the fun for your weekend! Your pick.

For the love of Meme: Biggest lie everr: udah OTW…


For when your job makes you anxious…

Admit it.

Buat kamu yang udah kerja, kamu pasti pernah kzl banget sama kerjaan (apakah itu disebabkan sama bos yang rese, coworker yang ga kerja, deadline yang mepet, HR yang ribet, you name it), dan somehow kamu jadi meragukan kerjaanmu. Kamu jadi ragu apakah pekerjaanmu yang sekarang cocok untuk kamu atau nggak? Atau sesuai sama passion kamu atau malah sebaliknya?
 
First of all, wajar sih kalau kamu pernah berpikir kayak gitu, karena emang kepuasan terhadap kerjaan muncul ketika kamu melakukan hal yang merupakan passion-mu. Namun ternyata, kalo pas kerja kamu jadi lebih looking forward ke jam makan siang atau jam pulang, terus jadi nggak semangat ngejar deadline, atau nggak tertarik lagi sama kenaikan posisi, nah itu kamu harus mulai pikirin tuh, kerjaanmu sekarang cocok nggak, sama visi misi hidupmu? Nah, without further ado, nih, kita punya beberapa tanda apakah kerjaanmu emang cocok buat pribadimu. Yuk, cek!
 

If you’re on the right job: 

  • Time flies at work:¬†Salah satu tanda bahwa kerjaanmu cocok adalah kamu bakal¬†passionate¬†banget sama kerjaanmu, hingga Kamu merasa bahwa waktu cepat banget berlalu ketika kamu lagi kerja. ¬†For example, nggak kerasa tiba-tiba kamu udah sebulan aja kerja di tempat baru, atau setahun di kantor kamu yang baru. Bukan seharian kerja terus tiba-tiba udah jam 8 malem dengan lupa ini-itu ya guys, bukan. Itu beda.
  • Terus belajar dan tumbuh:¬†Kamu nggak ragu untuk terus mempelajari hal baru di kerjaanmu. Karena kamu suka sama kerjaannya, kamu jadi terbuka akan hal-hal baru, termasuk misalnya mempelajari¬†skill¬†baru yang diperlukan untuk meningkatkan¬†progress¬†karirmu. Coba bayangin, kalo nggak¬†passion,¬†mungkin kamu bakal ngerjain sesuatu ya¬†bare minimum¬†aja. Nah guys, kamu juga perlu tahu bahwa proses belajar dan tumbuh sebenarnya memberikan nilai lebih untuk kamu, dibanding hanya kerja untuk uang. Menurut risetnya LinkedIn, hampir setengah dari para professional terus aktif mencari cara-cara untuk terus belajar dan tumbuh di karir mereka. Nggak mau juga kan, ngerjain hal yang sama terus-terusan?
  • Hari Senin nggak menyeramkan:¬†Kamu pernah merasa takut menghadapi Hari Senin nggak? Misalnya, tiba-tiba udah hari Minggu, terus kamu langsung down karena besok udah Senin lagi?¬†Well,¬†kalau kamu punya pekerjaan yang cocok untuk kamu, kamu nggak bakal merasa takut menghadapi Hari Senin, malah justru¬†excited.¬†Yhaaa tapi kalo udah Hari Senin, terus gajian masih jauh, yha paham sih, kalo kamu agak-agak ga semangat gitu. Tos.
  • You‚Äôre besties with your coworkers:¬†¬†Sebenarnya kamu nggak wajib untuk jadi sahabat banget sih sama teman kerja kamu, tapi kalau kamu bisa¬†get along¬†atau kerja bareng sama mereka,¬†and actually have fun, berarti pekerjaanmu yang sekarang¬†is the right job for you!¬†¬†Apalagi kalau mereka bisa menginspirasi dan mendukung kamu untuk mencapai impianmu. ¬†Don‚Äôt take them for granted yaa‚Ķ
Nah, kalo kamu¬†“say yes”¬†ke satu atau semua tanda-tanda di atas, maka selamat ya, karena berarti kamu berada di kerjaan yang cocok. Tapi, kalo kamu nggak “say yes” to apapun, maaaaaybe¬†you should check the list below instead….
 
If you’re not on the right job:
  • Never-ending Days: Iya, waktu kerjamu kok kayaknya nggak selesai-selesai. Terus kamu jadi merasa nggak sabaran untuk pulang kantor, terus dikit-dikit lihat jam. Kalau kamu merasa ‚Äėtersiksa‚Äô atau ‚Äėterpaksa‚Äô untuk duduk di meja kantormu, coba mulai cari-cari opsi lain aja.
  • No challenge:¬† Pekerjaan yang baik harusnya bikin kamu terus belajar dan mengembangkan¬†skills¬†kamu. ¬†Nah, kalau kamu merasa pekerjaanmu gitu-gitu aja, dan nggak ada kesempatan untuk mengembangkan karirmu, berarti sebaiknya kamu cari kesempatan lain.
  • Karir yang stagnan:¬† Posisimu gitu-gitu aja, dan nggak ada kesempatan untuk berkembang atau naik pangkat.¬†In other words, you‚Äôre ‚Äėstuck‚Äô in your position.¬†Tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa kamu stuck adalah ketika kamu merasa bosan, nggak mau ngerjain¬†to-do list-mu, dan merasa¬†uninspired¬†aja gitu, kayak nggak ada yang dikejar.¬†¬†If you can relate, start to look for other options.
  • Burn out all the time:¬†¬†FYI, sejak tahun 2019,¬†World Health Organization¬†(WHO) menetapkan ‚Äėworkplace burnout‚Äô sebagai diagnosis medis. Jadi, kalo kamu merasa capek banget setelah ngantor, sampe kamu menarik diri dari hobi dan kehidupan sosialmu, artinya kamu harus berhenti sebentar dari kerjaan. Coba deh ambil hari libur atau cuti untuk bener-bener memanjakan diri dan lepas dari kerjaan. Nah, kalo abis melakukan ini kamu masih burnout, bisa jadi sebenernya masalahmu lebih besar dari cuma butuh ‚Äėistirahat‚Äô. Bisa jadi, kamu emang ada di lingkungan kerjaan yang bikin¬†burnout¬†tapi kamu nggak sadar. Nah kalau begini, mendingan kamu coba cari bantuan professional¬†and talk it out. Remember, your mental health matters the most.
Now that you know the signs, dan kalau ternyata kamu merasa harus mencari kesempatan lain, jangan langsung resign besok ya gengs.  Kamu bisa diskusi dulu sama orang-orang terdekat kamu, kayak keluarga, pembimbing, atau sahabat.  Siapa tahu mereka bisa memberikan perspektif lain yang bisa bikin kamu merasa lebih baik. Kamu juga bisa lihat fasilitas di kantormu yang sekarang, yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan motivasi lagi dan cari kesempatan lain di sana.  Siapa tahu, kamu bisa pindah divisi atau departemen lain as a new challenge.
 
Good luck!


Hi, it’s your quarantips…

Yep, just like the dog meme up there, we need something fun to start the weekend. So the weekand starts here.
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Nontonin film/series/anime lama yang dulu tu suka banget. Kaya misalnya aku lagi nontonin Naruto yang sekarang alhamdulillah udah eps. 170 :). Oiya, kalo musik aku lagi suka dengerin genre yang baru buat kupingku. Misalnya kalo aku lagi suka dengerin Kpop. Atau kalo lagi mau nyantai buka playlist¬†bedroom pop¬†deh di spotify. ¬†(@elephantstar___)
  • Hi! aku mau merekomendasikan beberapa¬†Korean lifestyle¬†YouTube channel yang kata beberapa teman ku sepele tapi menurut aku calming and satisfying at the same time.¬†Here are the channels:¬†Haegreendal,¬†Hamimommy, and¬†žąėŽ¶į suzlnne.¬†Also, If I’m not mistaken, some of the accounts I recommended was featured in New York Times!¬†(cmiiw)¬†(Anonymous)
  • Skripsi oh skripsi. Biasanya bulan Mei udah mulai stres kerjain skripsi nih. Makanya buat kamu yang merasa kesepian dan butuh ketenangan, coba dengerin Episode 1¬†Podcast TAKIS¬†di Spotify IDN Times . Ini kayak benar-benar bantu aku lebih¬†chill¬†saat stres kerjain skripsi. Mereka juga ngajarin¬†mindfulness¬†dan bahas tentang¬†social comparison. Aku juga follow IG-nya @podcast.takis untuk lebih tau tentang¬†quarter life crisis.¬†Semoga membantu kalian juga, pejuang skripsi! ¬†(Anonymous)
  • Sangat merekomendasikan podcast¬†Kejar Paket Pintar¬†alias KPP. Tema yang diangkat gak main-main, unik dan niaaaaaaaaaat banget(dan mereka berhak dapet pendengar lebih banyak) dan penyampaiannya tuh enak banget ngebuat kita mikir tapi gak kaku. POKOKNYA KALIAN WAJIB BANGET DENGER!! with luv¬†(scorpiaos)
  • Buat kalian yang suka maupun baru mau mulai jalan kaki, lari, atau bersepeda, bisa banget cek akun Instagram¬†@yourjourneytozero. Dengan gerakan #BirukanLangit mereka ngajak untuk kita bisa berkontribusi¬†reducing carbon emmission¬†melalui berbagai¬†challenge¬†yang mereka adakan. Oiya selain¬†challenge¬†mereka juga punya¬†video series, merchandise lucu-lucu, daan aplikasi untuk bantu¬†track activity¬†#BirukanLangit kalian!¬†(Anonymous)
  • Hi! Aku mau rekomendasiin akun Instagram yang berguna banget buat kalian yang lagi belajar bahasa ataupun berusaha buat jadi lebih produktif. Isinya tips-tips,¬†resources, dan apps¬†yang bisa bantu kalian biar jadi semakin produktif dan jago belajar bahasanya! Namanya¬†@inastudious. Itu akun aku dan isinya¬†aesthetic¬†bangeeet. Pasti betah deh lama-lama di sana!¬†See you!¬†(Anonymous)
  • Hi guys! Aku tuh¬†bibliophile¬†dan¬†love books genuinely. Aku mau rekomendasikan novel karya¬†George Orwell¬†yang Animal Farm dan 1984 untuk dibaca di akhir pekan. Genre-nya fiksi filsafat gitu,¬†so¬†gak terlalu berat buat jadi hiburan. Okedeh, thankyou!¬†(NK)
  • Bagi kalian yang suka anime¬†slice of life¬†yang ringan. Aku punya rekomendasi. Judul animenya My Roommate Is a Cat. Nah jadi anime ini tuh nyeritain kisahnya seorang cowok yang baru aja kehilangan kedua orang tuanya. Saat dia ke makam orang tuanya gak sengaja nemu kucing hitam putih yang jadi peliharaannya. Semenjak itu kehidupan dia jadi berubah gitu.¬†(@mfzo04)

Quote of the day:

‚ÄúJust be yourself, there is no one better”

-Taylor Swift-

Thank you note


Terima kasih buat Seseorang dan Dita yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Angel’s Stories

1.¬†Lagi di jalan naik motor, terus lihat mba2 dengan stelan anak muda gitu lagi dorong gerobak.¬†It was strange at first¬†karena ngga biasanya lihat mba2 jualan dengan gerobak dorong. setelah aku lewatin, ternyata di sisi lain gerobaknya ada penjual aslinya,¬†an older man.. ternyata si mba tadi lagi bantuin bapak2nya (mungkin) mindahin gerobak. Langsung nyesss seketika.¬†Another time¬†di jalan aku pernah lihat mas-mas naik motor, mau ngeboncengin simbah-simbah yang biasa manggul jualannya (gendong di punggung gitu) dan keman-mana jalan kaki.¬†The look on her face was¬†ūü•ļūü•ļūü•ļūü•ļ.¬†Prayers to all of them, semoga selalu dimurahkan rezeki apapun…

-Akhlisa-
 
2. Beberapa waktu lalu ada seorang fan dari Michael Jackson fandom di India yang cerita kalau dia dan keluarganya semua positif covid dan sulit banget cari bantuan. Untungnya saat ini keluarganya udah dapet bantuan gengs, tapi melihat keadaan yang masih parah dia dan beberapa fan lain bikin kampanye yang mendorong buat donasi semampu kita. Sampai saat ini kami udah berhasil mendonasikan lebih dari 1.1k USD (81k INR/16 juta IDR) ke berbagai organisasi sejak kampanyenya dimulai kurang dari dua hari yang lalu dan menurutku¬†she is an angel for the people in India¬†karena ceritanya membantu lebih banyak orang tergerak buat berdonasi sesuai dengan pesan yang selalu disampaikan MJ (he‚Äôs also an angel for many of us, RIP) tentang¬†love, kindness, and healing the world.¬†Now I encourage you all to also be an angel for them. If you‚Äôre able to donate please do so, but if not please send your prayers and spread the word. Kalian bisa baca¬†thread-nya tentang kondisi di India dan beberapa organisasi terpercaya yang bisa kalian beri donasi¬†di sini. Thank you!¬†‚̧ԳŹ
-Moonwalker-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)