Friday Pause: Will you still love me the same?

153


Good morning!
 
It’s H+1 post Idul Fitri and boy did we eat too much ketupat. Today, we just wanna lay down in bed while enjoying all of the fun recs you’ve submitted to us throughout the week. We know some of you feel the same, so here we go…

For the love of Meme: We just have to…


For when Idulfitri means the dinner table is always full…

Same.
Yep, kalo kamu merayakan lebaran kemarin, maka chances are makanan di meja makan kamu ada banyaaaak banget. Mulai dari ketupat, sambel goreng ati, rendang, kue-kue kering, sampe hampers lebaran yang udah jadi isi Instastory kamu sejak seminggu yang lalu.
 
Nah, ketika punya makanan banyak, maka ada banget kemungkinan bahwa nggak semuanya kemakan, aka berakhir di tempat sampah aka jadi food waste. Masalahnya guys, sampah sisa makanan ini sebenernya selain mubazir, juga nggak baik buat lingkungan. Hal ini karena ketika sisa makanan terurai, maka makanan tersebut bakal mengeluarkan gas methane yang merupakan salah satu dari gas rumah kaca aka gas yang bikin bumi menyerap panas secara berlebih.
 

Selain itu, ternyata dari total emisi gas rumah kaca di tingkat global, food waste menyumbang sekitar 8 persen dari total emisi gas rumah kaca. yang memprihatinkan lagi, Indonesia ternyata masuk ke negara penghasil food waste terbesar di dunia, yakni mencapai 300 kilogram setiap tahunnya! Aduh duh duh… terus gimana ya, cara mengurangi food waste? Nah ini dia nih:

  • Think like a chef: Yep, bayangin deh kalo kamu jadi chef yang kerja atau punya restoran. Tentunya setiap bahan makanan yang kamu beli bakal dihitung, dipakai, dan sebisa mungkin nggak ada yang kebuang. Contohnya aja, tulang ayam atau daging bisa dijadiin kaldu, batang-batang sayuran bisa dijadiin saus salad pesto, pisang yang udah matang banget, bisa dibikin kue/banana bread, and so on.  Intinya, sebelum membuang bahan-bahan makanan, coba dipikir lagi, siapa tahu bisa jadi bahan baku for your next dish!
  • Kreatif mengolah sisa makanan: Misalnya, gulai ayam sisa lebaran, bisa dimasak lagi sampai kering, jadi kayak rendang. Terus, sisa nasi yang udah didiemin semaleman, tentunya bisa dimasak lagi jadi nasi goreng. Biar makin enak, kamu juga bisa tambahin sisa-sisa lauk ke nasgor tersebut, kayak potongan ayam, sambal goreng ati dll. Selain itu, kalo kamu juga punya buah-buahan yang udah mulai nggak fresh, maka buahnya bisa kamu blender dan bikin jus. The point is, be creative!
  • Pintar belanja: Salah satu cara paling ampuh mengurangi limbah makanan dimulai dari ketika kamu belanja. Misalnya kamu pengen mengurangi sampah bahan makanan, kamu bisa perhatiin nih sebelum mulai grocery shop, dalam seminggu, makanan apa yang nggak kemakan? That way, ketika belanja lagi, kamu bisa coba mengurangi porsi pembeliannya. Selain itu, kamu bisa bikin ‘weekly meal plan’ supaya kamu tahu harus beli bahan masakan sesuai dengan yang mau kamu masak, sesuai dengan porsinya. Dengan punya rencana belanja dan menu makanan gini, kamu jadi bisa mengontrol diri untuk nggak belanja secara ‘impulsive’, setidaknya bisa kontrol diri ketika lagi grocery shopping.
  • Simpan makanan dengan baik: Penyimpanan makanan juga penting banget gengs untuk memastikan bahwa semua bahan makananmu nggak bersisa. Karena kalo kamu nyimpennya sembarangan, maka ada kemungkinan makanan jadi cepet basi dan ujung-ujungnyaa kebuang. Nah, ada beberapa cara supaya sayur dan bahan-bahan kamu bisa bertahan lebih lama di dalam kulkas. Misalnya, kalo kamu punya sayur-sayuran yang mau kamu taro di kulkas, maka kamu bisa cuci dulu sayurnya, keringin, terus pindahin ke wadah dengan dialasi kain atau kertas. That way, umur sayur kamu bisa nambah sampe seminggu atau dua minggu lho!
  • Composting:  Composting bisa jadi opsi lain untuk mengurangi limbah makanan. Kamu bisa memilah sampahmu jadi sampah organik dan sampah non-organik. Nah, sampah organik, kayak kulit-kulit bawang, batang-batang sayur, sisa buah, bisa kamu olah dan menjadi kompos alias pupuk.
  • Dukung LSM yang bergerak di isu food waste:  Selain melakukan aksi-aksi sendiri di rumah, kamu juga bisa ikutan mendukung komunitas yang berusaha mengurangi limbah makanan. Kalau kamu nggak tahu komunitasnya apa, kamu bisa mulai dengan cari tahu komunitasnya apa aja di sekitar kamu, and support them!


Weekly quarantips is here…

Yep, because we know, some of you are probably wondering what else to do these days other than overeating and being awkward in front of your relatives. Well, here it is…
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Spotify Podcast – SPYSCAPE (Podcast tentang kisah mata – mata terbaik di dunia) Instagram. (@dita.ngrhn)
  • Aku mau rekomendasiin anime genre slice of life yang judulnya “A Silent Voice or Koe no Katachi” menurutku anime ini bener-bener ngena sisi humanis dan bawa issues about bullying in different perspective! (Dari sudut pandang pelaku bully). Selain humanis, anime ini juga fix bikin banjir dan boros tissu.😂 (@dprangsi)
  • Dengerin lagu-lagunya Fiersa Besari deh. Dia kalo buat lagu sering relate sama kehidupan. (-sinstar)
  • Hey hey, akhir akhir ini aku lagi estafet drakor yg berjudul kairos, meskipun udah setahun rilis tapi masih worth it ditonton sekarang kok gais. Aku kasih spoiler dikit, nih drama bercerita tentang time travel tapi jarak nya hnya sebulan aja, dah gitu aja. Oya buat kamu RM lovers, jangan lupa nonton RM episode pekan ini yak, mari kita nikmati episode episode terakhir bersama LKS :’), get me on IG. (@revansyah_reza)
  • Nonton anime aja baguussss. Haikyu bagus banget buat naikin semangat juang. Tapi kalo mau yang ringan-ringan bisa nonton Gin No Saji. (@wingardyem)
  • Aku rekomendasiin film India “peekay/PK” itu seru bgt, di mana orang bisa belajar berbagai bahasa dan belajar agama. Keren sih..bikin terharu, komedi juga. Must watch!! (@indahwidyaf)
  • Anak 90an yang suka maen Harvest Moon di PS mana suaranya? Di PS hp a.k.a PlayStore sekarang bisa download game yang sama, harvest town, same excitement, bahkan kamu akan dikasih misi2 (quest) untuk dikerjain. Walopun wfh, tapi visual gamenya berasa kaya lagi outbound di luar negeri, soalnya pergantian season-nya keliatan banget, ngab. Kapan lagi bisa punya sawah gratis yekan. (Anonymous)
  • Buat kalian para Jakartans yang suntuk setelah bekerja dari Senin-Jumat, ada baiknya menyempatkan diri ke Taman Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Di sana ada @jakartabookhive, tempat kalian bisa meminjam maupun menyumbangkan buku. Konsepnya mirip perpustakaan tapi tanpa perlu keanggotaan hihi. Bukunya sangat variatif, bisa dibaca di taman maupun dibawa pulang kalau belum selesai. Sungguh aku berterima kasih sama kak Farid Hamka selaku inisiator Jakarta Bookhive karena dengan adanya Bookhive bisa menggerakkan adanya perpustakaan di setiap taman kota demi minat baca yang makin baik. Selain itu, ternyata sangat menyenangkan yaa bisa berbagi buku favorit yang tadinya dipegang erat-erat. Salam, (@irfanipb

Quote of the day:

“I find that the harder I work, the more luck I seem to have.” 
 
-Thomas Jefferson-

Thank you note

Terima kasih buat Daily CMU Reader yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. I wanna share a story about my pet’s kindness. Jadi Sabtu minggu lalu aku bawa 2 kucingku untuk disteril. Mereka ini awalnya kucing jalanan yg akhirnya sering aku kasih makan dan jadi suka tidur di rumah. Karena mereka gak pernah ditaro di kandang tertutup dan pergi dibawa naik mobil mereka bener-bener ketakutan ngeong2 pas aku bawa steril. Udah khawatir banget mereka stres dan setelah disteril bakal marah sama aku :’) Tapi ternyata setelah selesai steril walaupun salah satu dari mereka bener2 marah sampe teriak2, besoknya mereka udah mau ngedeket ke aku lagi kaya biasa. Huhuhuhu terharu banget karena mereka maafin aku. Makasih ya Cookies dan Cream, I love you <3P.S: Oiya kemarin aku sterilnya juga di acara baksos kucing khusus kucing jalanan. Terima kasih Ibu Siti udah rutin mengadakan acara ini buat kucing jalanan 🙂

-S – Bogor-

 
2. So one day, I went home late from work. Udah lewat jam buka puasa juga. Pas di jalan menuju Kosan, aku melipir dulu ke tukang sate ayam. Harga satenya aja kata bapak penjualnya seporsi 10 tusuk 20rb, bapaknya ngasih harganya kayak ngga enak gitu sama aku. Terus dia jelasin lagi kalo ayam harganya selangit menjelang lebaran gini, dan dia bilang mau diturunin lagi harganya kalo harga pangan udah mulai normal lagi katanya (Padahal mah ya udah kalo harganya segitu aku gapapa juga, huhu). Terus ada mba-mba dateng ngambil pesenannya di bapak sate itu, mba itu pesen sate seporsi+lontong, nah ternyata uang mbanya kurang untuk bayar lontongnya yang harganya 2rb. Si Mbanya cuma ada uang 50rb lagi di dompetnya, mau dibayar tapi ditolak sama bapak satenya karna ga ada kembalian. Mbanya sih bilang bakal dibayar besoknya kalo lewat daerah itu lagi. Aku liat bapak satenya maksa untuk gapapa biarin aja kapan-kapan aja bayarnya 🙁 Singkat cerita, setelah pesenan aku udah selesai, pas bayar aku kasih lebih 2rb aja. Bapak satenya kaget, dia nanya apa aku temen si mba nya yang tadi; ya aku jawab bukan. Lagian si Mba juga ga pasti kapan bakal lewat situ lagi kan  🙁 Bapaknya keliatan seneng banget. Hati berasa adem. Dan hari ini, aku hubungin ex-manager aku yang sekarang full time single mom via WA, untuk minta tolong masalah kerjaan di kantor. Tapi ujung2nya gajadi minta tolong sih, case-nya udah solved sama aku sendiri. Kita bertukar kabar deh. Terus ngga ada angin ngga ada ujan, tetiba ada GoF**d dateng ke kantor, nganterin makanan buat aku… iya pasti udah ngira kan dari siapa? iya, dari ex-managerku itu :'( seneng banget alhamdulillah. Aku pun langsung keingetan si bapak sate itu yang udah berbaik hati ke mbanya, dan aku coba bales kebaikan bapak itu, dan aku pun dapet kebaikan lagi dari ex-managerku. Bener-bener di situ aku makin yakin, semua kebaikan apapun bentuknya akan selalu kembali ke kita :’) Panjang umur hal-hal baik!!
-audsss♥️-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)