Dilarang Mudik, Jasa Marga Bantu Kepolisian dalam Melakukan Check Point dan Penyekatan Mudik, Delegasi India Harus Keluar dari Meeting G7 di London Karena Terpapar Virus Corona, Pemprov DKI Melarang Kegiatan Takbir Keliling di Jakarta selama Idul Fitri dan Lebaran Nanti, Pandora Mengumumkan Akan Berhenti Jual Berlian Hasil Tambang

113

It’s Thursday!

Uh-oh. We know some of you are probably not focusing so much at work right now. The weekend is approaching, Libur Lebaran is coming, and (hopefully), THR is already in your saving. So for now, let us catch you up with so many things! Just scroll down…

For when mudik is still on everyone’s mind…

Yep, people areeee getting ready.
Karena kemarin nih, PT Jasa Marga (Persero) Tbk baru aja menyampaikan prediksinya bahwa bakal ada sekitar 109.327 kendaraan yang keluar Jabodetabek pas puncak arus mudik, yaitu 11 Mei nanti.
 
Whoaaa banyak amat.
Yep, menurut Operation & Maintenance Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita, secara keseluruhan bakal ada sekitar 593.185 kendaraan yang bakal keluar Jabodetabek per 6 – 12 Mei 2021. Selain itu, terjadi juga peningkatan volume kendaraan ketika pengetatan mudik pertama kali berlaku kemarin, di mana ada sekitar 138.508 kendaraan yang keluar Jabodetabek.
 
Terus gimana?
Well, untuk mendukung program larangan mudik ini, Jasa Marga rencananya bakal menutup sementara jalan layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) atau Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) untuk membendung calon pemudik. Namun, waktunya kapan masih belum tau guys, karena masih nunggu Surat dari Menteri PUPR. FYI, penutupannya juga akan diberlakukan dua arah baik arah Jakarta maupun arah Cikampek.
 
Go on…
Selain nutup Tol Japek, Jasa Marga juga bakal turut membantu kepolisian dalam melakukan check point/lokasi penyekatan di jalan tol, termasuk juga memasang CCTV untuk men-support para personel. Selain itu, jumlah pengunjung di Rest Area juga bakal dikurangi gengs.
 
Apatu check point?
Jadi check point ini bakal berfungsi buat memeriksa para pengendara yang lewat. Adapun yang diperiksa adalah apakah kamu bener-bener bepergian dalam keadaan mendesak, harus dinas, orang tua sakit keras, atau mau melayat. Keperluan-keperluan ini juga perlu dibuktikan dengan surat keterangan, dan kalo kamu nggak lolos check point, ada kemungkinan kamu disuruh puter balik.
 
Ouch… terus check pointnya di mana aja?
Banyak gengs, ada di 31 titik. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus, dari total 31 titik itu, ada 17 pos pengamanan dan 14 pos penyekatan di Jabodetabek. Beliau juga menambahkan bahwa pos penjagaan bakal ada di semua ruas jalan yang ada di ibu kota, termasuk di jalur tikus. Jadi bener-bener nggak ada celah lolos deh, baik buat motor maupun mobil.
 
Waah…share loc check points-nya dong.. 

Got it.  Ini daftarnya:

17 Lokasi Pos Cek Poin: 

  • Jakarta Barat: Kalideres dan Joglo, 36 personel
  • Jakarta Timur: Lampiri dan Panasonic, 36 personel
  • Jakarta Utara: Perintis Kemerdekaan, 15 personel
  • Jakarta Selatan, Pasar Jumat dan Budi Luhur, 36 personel
  • Bekasi Kota: Sumber Arta dan Harapan Indah, 30 personel
  • Kab. Bekasi: Kalimalang Tambun dan Cibarusah, 30 personel
  • Depok: Jl Raya Ciputat Bogor, Jl Raya Bogor, GT Brigif, GT Kukusan, TL Bojong Gede, 90 personel
  • Tangerang Kota: Kebon Nanas, 30 personel.

14 Lokasi Pos Penyekatan: 

  • Bekasi Kota: GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur, 30 personel
  • Kab. Bekasi: Jati Waringin, Cibeet, GT Tambun, GT Cibitung, GT Cikarang Pusat, dan GT Cibatu, 105 personel
  • Tangerang Kota: Jati Uwung, 30 personel
  • Tangerang Selatan: GT Bitung dan Pos Bitung, 45 personel
  • Lain-lain: Penyekatan Cikarang Barat, Putaran GT Cikarang Barat, dan Cikupa, 800 personel
Terus gimana dong kalo mau mudiiik? T.T
Well, kalo bisa jangan sih, tapi kalo emang harus banget, ya kamu harus bisa buktiin bahwa kamu emang ada keperluan mendesak untuk bepergian. Terus juga, jangan sampe kepikiran untuk pake dokumen aka surat keterangan palsu ya guys, karena polisi udah bilang bahwa pihaknya bakal menerapkan sanksi pidana kalau ada pelaku perjalanan yang terbukti menggunakan dokumen palsu untuk bisa lolos. Adapun dokumennya meliputi surat tes Covid, surat izin bepergian dari kantor, hingga surat izin keluar masuk (SIKM) dari pihak berwenang.
 
I see, anything else?  
Fyi guys, untuk penyekatan jalan udah dimulai sejak dini hari tadi. Terus secara keseluruhan, (nasional) ada 155 ribu personel yang ditempatkan di 381 pos di seluruh wilayah Sumatra sampai Bali untuk mengawasi berjalannya Operasi Ketupat untuk mengamankan dan menyekat jalur mudik.
 
Hah Sumatra sampe Bali?
Iya, jadi titik penyekatannya itu ada di masing-masing provinsi, termasuk: Polda Sumsel (10 titik), Polda Lampung (9 titik), Polda Banten (16 titik), Polda Metro Jaya (14 titik), Polda Jawa Barat (158 titik), Polda Jawa Tengah (85 titik), Polda DIY (10 titik), Polda Jatim (74 titik), dan Polda Bali (5 titik).

Who’s logging in into his Zoom meeting account?

India’s foreign minister, Subrahmanyam Jaishankar.

Who?
Menteri Luar Negerinya India gengs. Jadi kemarin, beliau men-tweet bahwa doi harus keluar dari in-person meeting G-7 di London, karena ada kemungkinan dia terpapar virus corona.

Whaaaat?
Iya, jadi dalam keterangannya itu, Mr. Jaishankar bilang bahwa dia jadi harus isolasi mandiri setelah ada rombongannya yang ternyata positif corona. Jadi ketika pemimpin G7 lainnya udah bisa in-person meeting, Mr Jaishankar masih harus, “Bagi link Zoom-nya dong…”

Question. What is G7?
Oh iya. Jadi G7 (Group of Seven) ini adalah organisasi internasional yang terdiri dari tujuh negara dengan ekonomi termaju di dunia. Adapun anggota G7 adalah Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya (UK), dan Amerika Serikat. Nah, negara-negara G7 ini biasanya ngumpul setiap tahun untuk sharing ideas dan mencari solusi dari krisis ekonomi global. Adapun di tahun ini, mereka ngumpul di Lancaster House di London, Inggris per Selasa kemarin. FYI, ini adalah pertemuan face-to-face mereka pertama kali dalam dua tahun terakhir karena pandemi.

Terus, kok ada India? 
Karena India diundang untuk dateng gengs. Selain India, Korea Selatan, Australia, dan Afrika Selatan juga diundang untuk hadir pada pertemuan hari kedua (Rabu). Nah, meski udah melakukan isoman, namun Pak Menlu sempet juga nih, menggelar pertemuan sama pejabat negara lain kayak termasuk British Home Secretary, Priti Patel dan US Secretary of State, Antony Blinken.
 
Wah, terus gimana? 
Jubir Pemerintah AS, Ned Price mengatakan bahwa delegasi dari AS so far aman sih. Secara pertemuannya juga sangat ketat dalam memberlakukan protokol kesehatan kayak pake masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan.
 
Jadi meetingnya teteup face to face?
Tetep gengs. Kebijakan ini juga dibela oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang bilang bahwa, in his words: “I think it’s very important to try to continue as much business as you can as a government.” Selain itu, Johnson juga bilang bahwa doi nanti mau nge-Zoom aja sama Mr. Jaishankar.
 
I see, anything else? 
FYI, rapat hari kedua dari pertemuan G-7 membahas tentang upaya-upaya untuk mendukung adanya open societies (masyarakat terbuka), serta berbagai upaya agar vaksin corona bisa tersedia di seluruh dunia. Terus a little update ni guys, kondisi covid di India juga lagi parah banget, di mana ada 382.315 kasus baru dan 3.780 kematian dalam waktu 24 jam.

For when you love going out for Takbiran…

Not this year, again gengs. 
 
Kenapa? 
Karena kemarin, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria baru aja menegaskan bahwa Pemprov DKI melarang kegiatan takbir keliling di Jakarta selama Idul Fitri dan lebaran nanti.
 
Is it because of the pandemic?
Yep, apa lagi dong. Jadi keputusan ini diambil bersamaan dengan keputusan bahwa ada pembatasan kapasitas untuk solat Idul Fitri nanti, which is hanya 50 persen dari total kapasitas masjidnya.
 
Kalo Salat Ied di area terbuka boleh kali ya…
Belum tahu guys, masih dipertimbangkan. Tapi most likely bakal boleh sih. Kata Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan Selasa lalu, Pemprov sih rencananya mau ngizinin pelaksanaan salat Idul Fitri di area terbuka. Hal ini karena kalo outdoor gitu kan pengaturan jarak antar-jamaah bakal lebih mudah dilakukan.
 
Oh gitu, go on… 
Nah selain melarang takbiran keliling, Pemprov DKI juga melarang pejabat di lingkungannya untuk menggelar open house atau silaturahmi ke rumah-rumah (lebaran).  Jadi, kayak tahun lalu, lebarannya secara virtual dulu.  Menurutnya, pelarangan mudik adalah keputusan yang tepat, mengingat tahun lalu, kalau ada libur panjang, jumlah kasus pasti naik.
 
Iya sih..anything else? 
Terkait peraturan-peraturan ini, Pak Riza berharap supaya warga ibu kota taat terhadap aturan pemerintah, utamanya terkait pelarangan mudik.  Hal ini demi menjaga anggota keluarga yang berada di kampung halaman. In case you forgot, pelarangan mudik berlaku pada tanggal 6 – 17 Mei 2021 demi menghambat penyebaran virus covid-19 di tanah air.

For when you want to shine bright like a diamond…

Kamu pasti udah familiar banget sama Pandora. 
Yep, toko perhiasan terbesar di dunia, Pandora, Selasa kemarin baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal berhenti jualan berlian hasil tambang *clap-clap* dan bakal secara full hanya menjual berlian yang dibuat di lab. Meaning, kalo kamu beli perhiasan berlian di Pandora, maka most likely itu bukan berlian yang diambil dari hasil kerja buruh anak, atau buruh tambang yang dibayar dengan upah rendah.  FYI, selama ini pertambangan berlian memang terkenal dengan kasus-kasus perbudakan anak, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hak asasi manusia, khususnya di Afrika Selatan (Tonton Blood Diamond-nya Leonardo diCaprio deh, tonton).
 
Pandora juga menjelaskan bahwa berlian buatan labnya memiliki kandungan kimia dan fisik yang sama persis dengan berlian yang dihasilkan dari tambang. Kedua jenis berlian juga dinilai berdasarkan potongan, warna, dan karat. Selain itu, banyak ahli perhiasan yang bilang bahwa nggak ada perbedaan antara berlian hasil tambang dan berlian buatan lab.
 
Selain punya kebijakan tegas menolak berlian yang dihasilkan sama praktek-praktek pelanggaran HAM dan korupsi, Pandora juga berkomitmen untuk mencapai ‘carbon neutrality’ (emisi karbon yang rendah) dalam produksinya. FYI, mereka punya koleksi baru, yaitu “The Pandora Brilliance” collection yang bersifat carbon-neutral karena berliannya dibuat dari lebih dari 60 persen energi terbarukan.
 
Clap clap clap…

Rp14,5 Milyar.

Adalah harga wine berjenis Petrus 2000 yang pernah berada di luar angkasa selama 14 bulan. Wine ini merupakan satu dari 12 botol yang dikirim sama startup asal Eropa, Space Cargo Unlimited ke luar angkasa untuk ngeliat gimana makanan dan minuman mengalami proses pematangan di sana. Nah kalo laku, maka wine-nya diharapkan bisa menjadi wine termahal di dunia yang pernah dijual.
 
We’re good with es teh manis, thx.

Catch Me Up! Recommendations

Since most of us spend more time indoors lately, why don’t we make it more sustainable? Here’s some tips to be more eco-friendly, starting from the comfort of your home.

Announcement


Thanks to FH for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Jadi beberapa hari lalu aku cerita di Instagram story soal aku punya bahan-bahan untuk belajar ielts, gmat, dan sat. Terus aku mau share ke siapa aja yang tertarik, tinggal masukkin email aja. Ternyata responnya lumayan banyak jadi malam itu aku upload bahannya ke Google Drive dan invite semua yang udah masukkin email. Eh taunya banyak yang ngucapin makasih hahaha ga ngira sama sekali tapi ucapan makasih dari mereka yang hampir tiap hari masuk ke inbox emailku lumayan ngebuat aku senyum. Makasih juga ya guys!
-SGL-
 
2. Jadi kemarinan itu gue lagi diuji dengan berbagai cobaan dan sampai di titik dimana kalo kalian mungkin, “Bingung mau buka puasa menu apa ya, nah gue bingung ada yang bisa dimakan apa ga ya.” Terus gue inget ada yang share keajaiban istighfar di CMU bberapa waktu lalu, udah deh, sepanjang hari gue istighfar aja sama shalawat. Alhamdulilah belum ada setengah hari, ada transferan dari someone yang bener-bener ga gue duga sama sekali. Bilangnya buat hadiah lebaran. Speechless dan ngerasa amazing banget pas itu. Bener-bener di titik hampir nyerah dan pasrah tapi beneran tertolong banget rasanya, hiks terharu gue kalo inget momen itu, terima kasih ya Allah..terima kasih juga buat yang udh pernah share ajaibnya istighfar di CMU, cobain deh gaes 🙂
-Rain City-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!