Delegasi India Harus Keluar dari Meeting G7 di London Karena Terpapar Virus Corona

60

Who’s logging in into his Zoom meeting account?

India’s foreign minister, Subrahmanyam Jaishankar.

Who?
Menteri Luar Negerinya India gengs. Jadi kemarin, beliau men-tweet bahwa doi harus keluar dari in-person meeting G-7 di London, karena ada kemungkinan dia terpapar virus corona.

Whaaaat?
Iya, jadi dalam keterangannya itu, Mr. Jaishankar bilang bahwa dia jadi harus isolasi mandiri setelah ada rombongannya yang ternyata positif corona. Jadi ketika pemimpin G7 lainnya udah bisa in-person meeting, Mr Jaishankar masih harus, “Bagi link Zoom-nya dong…”

Question. What is G7?
Oh iya. Jadi G7 (Group of Seven) ini adalah organisasi internasional yang terdiri dari tujuh negara dengan ekonomi termaju di dunia. Adapun anggota G7 adalah Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya (UK), dan Amerika Serikat. Nah, negara-negara G7 ini biasanya ngumpul setiap tahun untuk sharing ideas dan mencari solusi dari krisis ekonomi global. Adapun di tahun ini, mereka ngumpul di Lancaster House di London, Inggris per Selasa kemarin. FYI, ini adalah pertemuan face-to-face mereka pertama kali dalam dua tahun terakhir karena pandemi.

Terus, kok ada India? 
Karena India diundang untuk dateng gengs. Selain India, Korea Selatan, Australia, dan Afrika Selatan juga diundang untuk hadir pada pertemuan hari kedua (Rabu). Nah, meski udah melakukan isoman, namun Pak Menlu sempet juga nih, menggelar pertemuan sama pejabat negara lain kayak termasuk British Home Secretary, Priti Patel dan US Secretary of State, Antony Blinken.
 
Wah, terus gimana? 
Jubir Pemerintah AS, Ned Price mengatakan bahwa delegasi dari AS so far aman sih. Secara pertemuannya juga sangat ketat dalam memberlakukan protokol kesehatan kayak pake masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan.
 
Jadi meetingnya teteup face to face?
Tetep gengs. Kebijakan ini juga dibela oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang bilang bahwa, in his words: “I think it’s very important to try to continue as much business as you can as a government.” Selain itu, Johnson juga bilang bahwa doi nanti mau nge-Zoom aja sama Mr. Jaishankar.
 
I see, anything else? 
FYI, rapat hari kedua dari pertemuan G-7 membahas tentang upaya-upaya untuk mendukung adanya open societies (masyarakat terbuka), serta berbagai upaya agar vaksin corona bisa tersedia di seluruh dunia. Terus a little update ni guys, kondisi covid di India juga lagi parah banget, di mana ada 382.315 kasus baru dan 3.780 kematian dalam waktu 24 jam.