Corona Updates 31 Mei 2021

65

Now, let’s start with… Covid-19 updates.

Yep. it’s still here, and we’ll start from…
 
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.809.926 kasus, 50.262 meninggal (2,8% dari terkonfirmasi), dan 1.659.974 (91,7% dari terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (428.269 kasus), Jawa Barat (311.994 kasus), Jawa Tengah (198.198 kasus), Jawa Timur (154.315 kasus), dan Kalimantan Timur (71.370 kasus).
  • Dalam rapat sama DPR RI minggu lalu, Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono bilang bahwa dalam hal penanganan Covid-19, maka ibu kota DKI Jakarta ada di posisi paling rendah, yakni nilai E. Hal ini seiring dengan jumlah kasus yang meningkat, dan kinerja tracing yang nggak begitu bagus. Eiiits, tapi statement ini langsung ditarik lagi guys sama sama Menkes Budi Sadikin dan bilang bahwa justru DKI Jakarta punya nilai testing yang tinggi. Selain itu, Pak BGS juga minta maaf atas statement sebelumnya.
  • Menanggapi rapor E dari Kemenkes, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Jumat lalu bilang bahwa angka penularan Covid-19 maupun keterisian rumah sakit di DKI Jakarta lagi mengalami penurunan. Beliau bilang bahwa ibu kota serius banget dalam berupaya menanggulangi Covid-19, dan buktinya juga, Jakarta udah lama ga masuk zona merah.
  • Minggu lalu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat supaya berhati-hati terhadap kemungkinan vaksinasi ilegal. Pak Wiku bilang, warga harus lebih waspada pas mau menerima vaksin, dan turut mencermati sertifikat yang didapat pas udah selesai vaksinasi, apakah udah sesuai dengan yang diterbitkan pemerintah, apa belom.
  • Tadi malem, politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI Fadli Zon mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Dalam akun Twitternya, Bang Fadli bilang bahwa: “Di hari-hari menjelang 50 tahun, akhirnya saya terpapar Covid-19. Maret lalu sudah 2 kali vaksin, dan tes titer antibodi 250 (cukup baik). Covid-19 ini nyata ada.”

  • Weekend kemarin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bilang bahwa udah terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa daerah di Jateng. Adapun daerah tersebut adalah Kudus, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Banyumas, Cilacap, Klaten dan Jepara. Karenanya, Mas Ganjar kemudian udah neleponin para kepala daerahnya supaya terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di sana.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 169.953.037 kasus dan 3.533.629 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.251.944 kasus), India (27.894.800 kasus), Brazil (16.471.600 kasus), Perancis (5.719.877 kasus), dan Turki (5.178.648 kasus).

  • Over the weekend kemarin, warga di Brasil menggelar protes besar-besaran untuk mengkritisi pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro yang dinilai ngegampangin munculnya pandemi Covid-19. Para pemrotes mendesak supaya penegak hukum melakukan  investigasi terhadap kebijakan Bolsonaro di awal-awal pandemi yang meremehkan Covid-19, mendorong penggunaan obat yang belum terbukti, sampe menyudutkan pemerintah lokal yang memberlakukan pembatasan sosial. Alhasil, saat ini Brasil jadi salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbesar di Amerika Selatan, dengan lebih dari 450ribu orang meninggal.

  • Mulai 1 Juni besok, Malaysia bakal memberlakukan lockdown nasional demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Kebijakan ini baru aja diumumin sama Perdana Menteri Muhyiddin Yassin minggu lalu yang menyebut bahwa lockdown-nya bakal berlangsung sejak 1 sampe 14 Juni mendatang. Dengan kebijakan ini, maka hanya essential services yang bole beroperasi. FYI guys, kebijakan ini diambil setelah jumlah penambahan kasus di Malaysia mencapai rekor tertinggi harian selama empat hari berturut-turut, dan diyakini hal ini disebabkan oleh kumpul-kumpul lebaran.

  • Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi Covid-19 di Eropa pasca vaksin, Presiden Perancis Emmanuel Macron baru aja menyampaikan bahwa negaranya bakal membantu pengadaan vaksin di Afrika. Macron bilang, Prancis bakal mendonasikan lebih dari 30 juta vaksin ke Afrika lewat skema COVAX global vaccine initiative yang digawangi PBB.

  • Weekend kemarin, Duchess of Cambridge aka Kate Middleton baru aja menerima suntikan dosis vaksin covid-19 pertamanya. Di akun Instagramnya, Kate update lagi di-vaksin dengan caption: “I am hugely grateful to everyone who is playing a part in the rollout – thank you for everything you are doing.”

  • Berita bagus neh buat kamu yang udah dapet vaksin Sinovac, hasil uji coba independen yang dilakukan WHO menemukan bahwa emang Sinovac ini efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19. Meski begitu, para peneliti masih belum mendapatkan data yang cukup apakah vaksin ini aman untuk ibu hamil dan individu dengan penyakit bawaan.

  • Kondisi politik yang masih panas karena kudeta di Myanmar ternyata bikin sistem kesehatan di sana ikut ambruk. Pasca terjadinya kudeta, program penanggulangan Covid-19 di Myanmar terhenti. Terus, rumah sakit banyak yang nggak bisa beroperasi karena gaada tenaga kesehatan, gaada ambulans, gaada oksigen, hingga gaada obat-obatan. Akhirnya, kebanyakan pasien covid-19 di Myanmar hanya mendapatkan parasetamol dan disemangatin aja 🙁